STOP Percaya Mitos Makanan Beku Ini!

Banyak hal yang orang-orang tidak ketahui atau bahkan diketahui tapi ternyata hanya mitos tentang makanan beku.

Umumnya, masyarakat hanya mengetahui bahwa makanan dibekukan untuk menyimpan makanan untuk digunakan di lain waktu, tapi masih banyak hal menarik yang bisa membuka pikiran terhadap makanan beku. Berikut mitos-mitos tentang makanan beku yang harus ditinggalkan:

 

  1. Makanan yang terlihat segar lebih sehat dari makanan beku
    Para ilmuwan mengatakan, makanan beku mengandung vitamin dan antioksidan yang lebih tinggi dibanding makanan yang terlihat segar. Jika diperhatikan, supermarket memiliki teknik untuk membuat sayuran dan buah yang mereka jual tampak lebih segar, yaitu dengan menyemprotkan kabut halus. Padahal, buah dan sayuran yang mereka jual bisa saja sudah berada dalam jangka waktu yang lama di gudang penyimpanan dan mengalami penurunan nutrisi.
  2. Setelah dibeli, makanan beku harus segera dimasukkan ke dalam freezer
    Plastik pembungkus makanan beku biasanya masih memiliki rongga udara yang dapat mengurangi kualitas makanan di dalamnya. Sebaiknya ganti plastik dengan plastik khusus ataupun vacuum sealer sebelum memasukkan kembali makanan tersebut ke dalam freezer.
  3. Makanan beku bisa kadaluarsa
    Faktanya, selama belum pernah digunakan dan disimpan di dalam freezer, makanan beku masih layak dikonsumsi walaupun masa kadaluarsanya sudah habis. Hal ini karena kandungan bakteri pada makanan tersebut tidak akan meningkat selama penyimpanan di freezer.
  4. Air panas merupakan cara terbaik untuk mencairkan makanan beku
    Merendam makanan beku ke dalam air panas hanya akan membuat makanan mengalami perbedaan suhu, sehingga ada bagian yang masih membeku, dan ada bagian yang menjadi matang lebih cepat. Cara terbaik untuk mencairkan makanan adalah dengan memindahkan makanan tersebut dari freezer ke chiller semalaman.
  5. Membekukan makanan membunuh bakteri
    Selama dibekukan pada suhu -18°C bakteri tidak akan mati namun tidur. Bakteri akan kembali hidup saat makanan berada pada suhu 21°C – 57°C, dan mati pada suhu 100° Untuk itu disarankan untuk segera memasak makanan beku yang sudah dicairkan untuk menghindari food poisoning.

 

Banyak orang beranggapan makanan beku selalu tidak sehat jika dibandingkan makanan segar. Namun kehidupan yang sibuk di zaman sekarang ini mendorong kita untuk menyetok makanan beku untuk alasan kepraktisan. Selalu cek label makanan yang tertera pada plastik pada saat membeli untuk memastikan kandungan yang terdapat di dalamnya baik dan sehat bagi tubuh, serta sesuaikan bahan yang dibekukan dengan lama penyimpanannya.