Pertolongan Pertama Pada Luka Ala Keluarga Hansaplast

83

Hi Moms. Tahukah kamu bahwa Sabtu, 12 September 2020 yang lalu diperingati sebagai Hari Pertolongan Pertama Sedunia? World First Aid Day ini diperingati setiap hari Sabtu kedua di bulan September dengan tujuan mengkampanyekan pentingnya persiapan dan implementasi Pertolongan Pertama untuk mengurangi risiko cedera karena kecelakaan. Sangat penting bagi moms dan keluarga untuk selalu siaga terhadap berbagai hal yang mungkin saja terjadi di luar rencana kita.

 

Selama di rumah, terdapat berbagai kegiatan di mana kita perlu mempersiapkan diri. Misalnya saja dalam kegiatan sederhana seperti memasak. Memasak itu bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan menenangkan bagi yang hobby masak tentunya. Sebelum memasak, kita perlu menyiapkan semua bahan dan peralatan terlebih dahulu. Nah, untuk kegiatan kantor juga, selama work from home ini, tentunya banyak video call dengan rekan kerja, klien atau pun teman-teman. Penting untuk mempersiapkan diri agar terlihat rapi dan siap, dan tentunya memastikan koneksi internet lancar. Anak-anak dari pagi hari sudah dipersiapkan untuk mengikuti jadwal pelajaran sekolah yang diadakan secara daring. Bagi para orang tua, biasanya juga sudah mempersiapkan kegiatan seru seperti permainan atau pun kegiatan DIY (Do It Yourself) bagi anak-anak di rumah untuk memastikan si kecil tetap semangat dan kreatif selama masa karantina ini.

Apakah pernah terbayang oleh para moms jika di rumah juga kita perlu mempersiapkan diri untuk segala jenis luka dan kecelakaan kecil yang mungkin saja terjadi? Misalnya saja, luka tergores pisau saat mengiris bawang; luka bakar ringan saat tersentuh kuali yang panas; luka di lutut karena si kecil terjatuh saat main kejar-kejaran dengan si kakak; luka di jari ayah yang terkena cakaran kucing, dan berbagai macam kecelakaan-kecelakaan kecil lainnya.

 

Saat terjadinya luka-luka ringan tersebut, apa langkah pertama yang moms lakukan? Membersihkan luka, tentunya. Dengan apa luka tersebut dibersihkan? Dan setelah dibersihkan, kemudian apa yang perlu dilakukan? Dan apakah moms sudah siap sedia semua perlengkapan Pertolongan Pertama di rumah?

Luka dapat terjadi kapan saja dan di mana saja, bahkan di rumah sekali pun. Data menunjukkan bahwa 36% luka terjadi di rumah, bahkan data ini sudah ada sebelum masa karantina di mana kita dianjurkan untuk tetap di rumah. Sudah beberapa bulan terakhir kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan mengingat betapa luka bisa saja terjadi di rumah, yuk kita persiapkan diri.

Pertama-tama, pastikan moms sudah punya kotak Pertolongan Pertama (First Aid Kit) di rumah. Kemudian, simpan kotak Pertolongan Pertama di tempat yang mudah dijangkau agar bisa segera digunakan saat terjadi luka. Lalu, periksa Kotak Pertolongan Pertama di rumah apakah sudah lengkap isinya.

 

Menurut ALODOKTER, kotak Pertolongan Pertama adalah sarana yang harus disediakan di tiap rumah. Sesuai namanya, tujuan dari pengadaan kotak Pertolongan Pertama adalah sebagai langkah antisipasi dini untuk menangani cedera atau luka. Cedera atau luka bisa terjadi secara tiba-tiba dan penanganannya pun harus cepat untuk mencegah komplikasi lebih lanjut. Itulah mengapa kotak Pertolongan Pertama sangat diperlukan. Letakkan kotak obat-obatan ini di tempat yang mudah digapai oleh orang dewasa, namun jauh dari jangkauan anak-anak. Pastikan pula kotak Pertolongan Pertama terkunci dengan aman dan berada di tempat yang sejuk dan kering.

“Luka dapat terjadi kepada siapa saja dan kita tidak akan tahu kapan. Bahkan di rumah pun kita masih bisa tetap terluka. Untuk bisa merawat luka, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memiliki kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, kita juga harus mengerti cara untuk merawat luka dengan tepat. Luka sekecil apa pun tidak boleh dianggap remeh dan harus dirawat dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi. Masih banyak orang yang belum memahami pentingnya kotak Pertolongan Pertama dan cara merawat luka yang tepat. Dengan memiliki pengetahuan tentang cara merawat luka yang tepat dan dengan memiliki perlengkapan Pertolongan Pertama yang memadai, tentu diharapkan penanganan luka yang baik dan tepat bisa dilakukan sedini mungkin,” ujar dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician.

Mungkin selama ini para moms tidak terlalu memperhatikan isi dari Kotak Pertolongan Pertama dan baru ingat saat luka sudah terjadi, dan si kecil menangis menahan sakit. Coba periksa kembali, ganti perlengkapan yang sudah lama atau kadaluarsa, dan jika ada perlengkapan yang kurang, sebaiknya para moms secepatnya melengkapinya. Ingat, sedia payung sebelum hujan, sedia kotak pertolongan pertama sebelum luka.

 

Berikut beberapa usulan isi Kotak Perlindungan Pertama yang sebaiknya selalu siap sedia di rumah atau saat bepergian keluar rumah:

  1. Masker
  2. Pembersih tangan (hand sanitizer)
  3. Sarung tangan latex (sekali pakai)
  4. Gunting
  5. Pinset
  6. Termometer
  7. Obat tetes mata
  8. Obat batuk
  9. Obat-obatan lainnya seperti untuk sakit kepala atau pun flu
  10. Hansaplast Spray Antiseptik
  11. Plester Hansaplast
  12. Salep Luka Hansaplast
  13. Kasa steril Hansaplast

Rangkaian perawatan luka yang tepat dari Hansaplast bisa membantu merawat luka #GakPakePerih. Saat terjadinya luka, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Bersihkan luka #GakPakePerih menggunakan Hansaplast Spray Antiseptik yang mengandung PHMB (Polyhexamethylene Biguanide), cairan antiseptik yang tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menyebabkan rasa perih.
  • Lindungi luka dari kotoran dan bakteri dengan Plester Hansplast
  • Saat luka sudah mulai mengering, bantu sembuhkan luka lebih cepat dan cegah bekas luka dengan Salep Luka Hansaplast.

Merawat luka dengan produk perawatan luka dari Hansaplast dapat menyembuhkan luka 2x lebih cepat dibanding luka yang tidak dirawat dengan tepat.

 

“Akhir-akhir ini, suamiku sangat aktif bersepeda dan beberapa kali dia itu terluka karena jatuh dari sepeda. Bagi aku, sangat penting untuk merawat luka agar tidak terjadi infeksi dan atau pun menjadi semakin parah. Dulu itu, aku ingat kalau membersihkan luka itu pasti perih, dan aku takut setiap kali luka akan dibersihkan. Sekarang, dengan adanya rangkaian produk dari Hansaplast, membersihkan luka jadi #GakPakePerih karena Hansaplast Spray Antiseptik yang mengandung PHMB. Plester Hansaplast juga banyak yang menampilkan karakter-karakter yang disukai Arrasya. Nanti kalau Arrasya sudah lebih besar dan aktif bergerak, pasti aku gunakan rangkaian produk Hansaplast untuk merawat lukanya. Dengan rangkaian produk Hansaplast, merawat luka menjadi one less worry untuk aku,” ujar Tasya Kamila, mom influencer, ibu dari Arrasya (1 tahun).

Selain memastikan isi Kotak Perlindungan Pertama lengkap, hal-hal berikut juga perlu para moms perhatikan saat terjadinya luka:

  • Tetap tenang dalam melakukan pertolongan pertama pada diri sendiri dan orang lain.
  • Jelaskan apa yang moms lakukan pada orang yang teluka, bahwa mungkin menyakitkan tapi mereka akan segera merasa lebih baik.
  • Hubungi medis jika dirasa perlu, seperti:
  • jika luka dalam dan menyebabkan banyak pendarahan
  • jika luka menunjukkan tanda infeksi seperti nanah dan bengkak
  • jika ada benda asing yang tertanam dalam kasus gigitan hewan atau manusia atau kontak dengan darah hewan
  • jika luka berada di area wajah

 

Selain luka-luka kecil, mungkin saja kita juga mengalami luka yang lebih besar yang memerlukan bantuan tim medis untuk membantu menyembuhkannya.  Nah, luka lebih besar berarti memerlukan perlindungan dengan plaster yang berukuran lebih besar juga. Dalam waktu dekat ini, ahli Pertolongan Pertama, Hansaplast akan meluncurkan rangkaian produk terbaru yang dikhususkan untuk luka-luka lebih besar tersebut. Ikuti terus informasi dan undangan dari Hansaplast.

“Kita tidak bisa mencegah terjadinya luka, namun kita dapat selalu siaga dengan memastikan adanya kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, jangan lupakan cara merawat luka yang benar agar luka cepat sembuh dan tidak terinfeksi,” ujar Sekretaris Jenderal Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said.

 

Moms, kita tidak bisa mencegah terjadinya luka, namun kita dapat selalu siaga dengan memastikan adanya kotak Pertolongan Pertama dengan isi yang memadai di rumah. Selain itu, jangan lupakan seputar cara perawatan luka yang tepat agar luka bisa cepat sembuh dan tidak terinfeksi.

Semoga tip ini bermanfaat bagi moms sekalian.

BNI Syariah, UKDW Yogyakarta, Lion Air, Hansaplast, AMD, Kemenkes RI, Aston Priority Simatupang Hotel, Kemenpora RI, Kementrian PUPR RI, Kemendikbud RI, Inspirational Video, Motivational Video