Pendaftaran Pelatihan BPSDM PUPR Kini Dilakukan Secara Online

34

Bandung (27/08) – Dalam rangka meningkatkan mutu pengelolaan penyelenggaraan pelatihan melalui aplikasi e-pelatihan (pelatihan berbasis online) Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) melalui bagian data dan informasi, telah mengembangkan satu fitur terbaru, yakni pendaftaran pelatihan secara online melalui website BPSDM pada menu Kalender Pelatihan (bpsdm.pu.go.id/diklat).

 

Sekretaris BPSDM, K.M. Arsyad, dalam arahannya di Pusdiklat Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

Bandung, Selasa (27/8) berharap fitur tersebut dapat menjadi salah satu sistem untuk menjaring calon peserta pelatihan oleh pusat pendidikan dan pelatihan BPSDM PUPR.

Dalam kaitan itu, untuk memberikan pelayanan yang prima di sektor publikasi, BPSDM meminta seluruh balai dan pusdiklat mengevaluasi secara berkala terkait pemutakhiran data dan sosialisasi fitur baru di aplikasi e-pelatihan atau pelatihan secara online.

 

Kepala Sub Bagian Pengembangan Sistem, Sekretariat BPSDM PUPR, Satya Raharja, mengatakan penerapan e-pelatihan akan mempermudah calon peserta pelatihan untuk melakukan pendaftaran dan memperoleh informasi mengenai pelatihan secara online, sehingga akan lebih efisien dari segi waktu. Untuk itu, sosialisasi terhadap sistem baru tersebut penting dilakukan, karena masih banyak (khususnya ASN PUPR) yang belum paham mengenai hal tersebut.

“Sistem ini mulai diberlakukan di akhir bulan Juli 2019 lalu, tapi masih banyak yang belum paham. Harus sosialisasi dulu,” ujar Satya, seraya berharap ada sinergi dan satu suara antara Pusdiklat dengan Balai. Sosialisasi mengenai penggunaan e-pelatihan juga harus masif, termasuk tentang informasi terkait Pejabat Pengelola Informasi Publk (PPID). Selain itu, terlebih dengan semakin dekatnya pelaksanaan Kompetisi Pemeringkatan PPID, maka BPSDM PUPR harus kompak dalam mengelola dan memberikan informasi.

 

Di samping itu, lanjut Satya, dengan adanya pemuktahiran data bisa mendapatkan data yang valid, sehingga program penyelenggaraan pelatihan bisa tepat sasaran.

Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan ini media informasi, baik website BPSDM PUPR maupun aplikasi yang tengah dikembangkan, dapat menjadi sarana utama bagi khalayak ramai untuk mendapatkan data dan informasi yang dibutuhkan.

BPSDM PUPR, UPH, Lenovo, Vivo, Kominfo RI, Kemendagri RI, Kemendikbud RI, Kemenpora RI, Inspirational Video, Motivational Video