Optimalkan Keamanan Transaksi Digital Selama Bulan Ramadan dengan Kemudahan ala Bank DBS Indonesia!

Jakarta, 3 April 2024 – Menyongsong akhir bulan Ramadan dan masuknya Tunjangan Hari Raya (THR), seringkali kita mulai merencanakan penggunaan dana tersebut untuk berbagai kebutuhan menyambut hari raya, seperti pakaian baru, hampers, tiket transportasi mudik, dan rekreasi.

Perkembangan teknologi dan kehadiran perbankan digital serta fintech telah membuka peluang baru dalam berbelanja kebutuhan Ramadan. Sejalan dengan prediksi World Bank yang mencatat bahwa penduduk Indonesia diperkirakan akan menghabiskan USD70 miliar (sekitar Rp1.104,25 triliun) pada bulan Ramadan tahun ini. Dukungan dari berbagai promo dan diskon menarik pada Hari Belanja Online Nasional atau harbolnas yang jatuh pada tanggal kembar 4.4 juga menjadi pendorong tambahan untuk berbelanja.

Meski transaksi digital semakin mudah, penting bagi kita untuk tetap memperbarui pengetahuan tentang cara bertransaksi secara aman. Untuk itu, berikut beberapa tips untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi bulan Ramadan dan momentum Lebaran:

Baca juga  Menkominfo Apresiasi Kontribusi Startup Digital Lokal

1. **Periksa dan Lindungi Akun Digital:** Sebelum mentransfer THR kepada keluarga, pastikan untuk memeriksa dan melindungi akun perbankan serta dompet digital secara rutin. Aktifkan pemberitahuan transaksi dan gunakan kata sandi yang kuat serta two factor authentication (2FA) untuk perlindungan tambahan.

2. **Hindari Menggunakan Wi-Fi Publik:** Saat membeli tiket mudik, hindari menggunakan koneksi Wi-Fi publik karena rentan terhadap serangan hacker. Lebih baik gunakan kuota selular pribadi atau aktifkan Virtual Private Network (VPN) saat menggunakan Wi-Fi publik untuk meningkatkan keamanan.

3. **Berhati-hati saat Membayar Zakat atau Berdonasi:** Pastikan menggunakan platform tepercaya saat membayar zakat atau berdonasi. Perhatikan QRIS palsu dan hindari memberikan informasi pribadi yang sensitif kepada pihak yang tidak terpercaya.

Baca juga  Kemenpora Harap Pengurus Dansa Indonesia Aktif Ajak Masyarakat Gemar Berolahraga

4. **Waspada terhadap Social Engineering:** Waspadai modus penipuan seperti social engineering yang memanfaatkan manipulasi manusia untuk mendapatkan informasi pribadi. Pastikan untuk selalu memverifikasi keaslian promo atau penawaran yang diterima.

5. **Manfaatkan Contactless Transaction:** Saat bertransaksi, pastikan untuk menggunakan fitur contactless transaction untuk mengurangi risiko penipuan. Selalu gunakan two factor authentication (2FA) dan batasi penggunaan Wi-Fi publik untuk keamanan tambahan.

Direktur Teknologi & Operasional PT Bank DBS Indonesia, Sujatno Polina, menekankan pentingnya memperbarui keamanan dompet digital di masa Ramadan untuk memastikan segala bentuk transaksi berjalan dengan aman. Nasabah dapat menghubungi Bank DBS Indonesia Customer Centre jika menemui hal mencurigakan atau dihubungi oleh pihak yang tidak dikenal yang mengaku mewakili Bank DBS Indonesia.

Baca juga  Semakin Seru Abadikan Momen Istimewamu Bersama Canon EOS M200

Dengan memahami langkah-langkah tersebut, kita dapat lebih siap dan waspada menghadapi ancaman cybercrime di era digital. Selamat menyambut hari raya Idul Fitri, dan selalu lindungi data pribadi kita dengan baik!

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri