Menpora: Pelatihan Wasit Juri Pondasi Besar bagi Masa Depan Olahraga Indonesia

39
Ternate: Penataran dan Pelatihan Wasit Juri cabang olahraga pencak silat, atletik dan sepakbola Kota Ternate secara resmi dibuka oleh Menpora Imam Nahrawi bersama Walikota Ternate sekaligus Ketua KONI Ternate Burhan Abdurahman di Ballroom Kie Raha, Hotel Muara, Ternate, Maluku Utara, Minggu (9/9) siang.
Menurut Menpora, kegiatan ini merupakan bagian dari program unggulan Kemenpora yakni pelatihan 100 ribu pelatih, wasit dan juri dalam rangka menaikkan level lisensinya. Kegiatan ini istimewa karena masih dalam semangat Asian Games 2018, Haornas dan Asian Para Games 2018.
“Semangat Haornas di Ternate ini, semangat api obor Asian Para Games mempunyai makna jika ada problematika dan gesekan di masyarakat maka selesainya pasti di olahraga,” ucap menteri yang gemar bermain bulutangkis dan headis ini.
“Di tangan bapak ibu sekalianlah akan lahir pondasi besar bagi masa depan olahraga Indonesia, terima kasih semua bagi para atlet yang hadir terus bermimpi setinggi langit meski jatuh akan bertemu dengan bintang-bintang,” tambahnya didampingi Staf Khusus Olahraga Tommy Kurniawan.
Menpora berharap pelatihan ini dapat diserab dengan baik karena obsesi kita bukan hanya di Asian Games atau Asian Para Games tapi Indonesia ingin berbicara banyak di level olimpiade maka basik ini harus benar-benar diikuti dengan maksimal agar melahirkan atlet-atlet elite masa depan. “Acara ini strategis karena pemerintah pusat menunggu hasil pembinaan dan pemasalan atlet menuju level elite nasional,” ujarnya.
Ia berharap rencana Kota Ternate menjadi kota atlet harus segera dimulai dengan penerapan sport science dengan baik sehingga tidak ada rekrutmen atlet berdasarkan like dan dislike tetapi berdasarkan potensi dan kemampuan ilmu atlet itu sendiri.
Walikota Ternate Burhan Abdurahman menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Menpora karena beberapa kegiatan luar biasa di Ternate.  “Saya harap peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius dalam rangka peningkatan lisensi wasit juri termasuk praktek dilapanganya juga harus diikuti dengan serius karena ini kegiatan langka dan jarang terjadi terlebih dibuka oleh Pak Menpora,” tuturnya.
“Akhir dari pelatihan ini manfaatnya akan dipraktekkan di lapangan maka ikuti pelatihan dengan serius maka akan lahir atlet yang berprestasi mengangkat nama kota Ternate dan mengharumkan nama bangsa karena pelatih dan juri yang memiliki wawasan yang baik akan mengangkat prestasi di daerah,” harapnya.
Sebelumnya, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk peningkatan lisensi wasit juri Kelas C ke Kelas B dari kabupaten/kota ke provinsi dan lanjut ke lisensi nasional di Kelas A. Kegiatan ini juga sebagai upaya mewujudkan Ternate menjadi kota atlet.
“Kegiatan ini akan memberikan pengalaman dan pengetahuan teman teman wasit yang awalnya di kelas C ke B dan  ke A perbedaan ini berdasarkan knowledge yang akan didapatkan masing-masing kegiatan ini juga menghadirkan narasumber dari PB PASI, PB IPSI dan PSSI,” kata Mulyana.