Logitech Pionir dalam Ekspansi Portofolio Produk Kolaborasi Video Berkelanjutan

JAKARTA, 1 Februari 2024 – Logitech (SIX: LOGN) (NASDAQ: LOGI) hari ini mengumumkan langkah besar dalam mendukung keberlanjutan dengan menghadirkan plastik daur ulang (next-life plastics) pada seluruh perangkat kolaborasi video yang menggunakan sistem operasi CollabOS. Produk-produk seperti Rally Bar, Rally Bar Mini, Tap IP, Tap Scheduler, dan Scribe akan mengalami pembaruan material dengan tujuan mengurangi jejak karbon setiap produknya. Inisiatif ini dirancang untuk membantu perusahaan yang membutuhkan mitra dalam manajemen jejak karbon untuk mencapai tujuan keberlanjutan mereka.

Michael Long, Southeast Asia 2 B2B Lead Logitech, menyatakan, “Dengan mengubah portofolio perangkat ruang konferensi Logitech menjadi produk yang lebih ramah lingkungan, kami ikut membantu perusahaan-perusahaan mengatasi tantangan keberlanjutan. Kami tidak hanya merancang produk baru dengan bahan daur ulang dan material rendah karbon, tetapi juga memperbarui produk yang telah ada, memberikan pemimpin TI cara baru untuk menilai investasi teknologi mereka dengan fokus pada keberlanjutan, tanpa meningkatkan harga atau mengorbankan kualitas yang diharapkan dari Logitech.”

Baca juga  Semangat Merah Putih di Hotel Santika Premiere Bintaro

Menurut survei terbaru oleh Frost & Sullivan, 65% profesional TI menganggap kepemimpinan dalam praktik lingkungan dan keberlanjutan sebagai tujuan bisnis yang sangat penting. Logitech berkomitmen pada prinsip-prinsip Design for Sustainability (DfS) dalam portofolio kolaborasi video mereka, memastikan pelanggan dapat melengkapi ruang konferensi dengan teknologi yang mempertimbangkan keberlanjutan.

Prinsip DfS mencakup penggunaan material sirkular yang dapat diperbaiki, didaur ulang, atau dimanfaatkan kembali dari aliran limbah, termasuk plastik daur ulang pasca-konsumen (PCR) yang disebut “next-life plastics.” Produk terbaru seperti Logitech Sight menggunakan setidaknya 50% plastik daur ulang bersertifikat, dengan pengurangan jejak karbon sebesar 21%, menghindari emisi karbon hingga 1.400tCO2ei per 100.000 unit produk.

Baca juga  Kunjungi Pondok Pesantren di Lamongan, Mendikbud Titipkan Rumus 5C untuk Para Santri

Selain plastik daur ulang, produk konferensi video Logitech juga menggunakan aluminium rendah karbon, kemasan bersertifikasi FSC® dan sumber terkontrol, serta opsi untuk mengumpulkan dan mendaur ulang peralatan konferensi video lama melalui Logitech Select. Mode hemat daya pada Rally Bar dan Rally Bar Mini juga berpotensi mengurangi dampak karbon sebesar 1,65 ton karbon dioksida per unit.

Logitech, yang berhasil menurunkan emisi Lingkup 3 sebesar 21% pada tahun 2022, berkomitmen untuk membagikan prinsip-prinsip DfS secara terbuka, termasuk alat bantu dan informasi mengenai cara memadukan bahan berkelanjutan dalam proses manufaktur. Hal ini bertujuan untuk merangsang inovasi dan kemajuan dalam keberlanjutan di seluruh industri. Logitech telah melaporkan kemajuannya setiap tahun pada Laporan Dampak, menjelaskan pencapaian target-target keberlanjutan mereka. Produk bisnis Logitech yang menggunakan “Next Life Plastic” dapat ditemukan di sini, dan informasi lebih lanjut tentang program kumpulkan-dan-daur ulang Logitech Select dapat ditemukan melalui [email protected].

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri