Lion Air Group dan Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) Beri RT-PCR Voucher Rp 475.000 Dalam Rangka Pemulihan Perekonomian

J A K A R T A – 27 Juli 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW), Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group bersama PT Daya Dinamika Sarana Medika (DDSM) menyampaikan keterangan terkini terkait penyediaan fasilitas untuk uji kesehatan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)) yaitu Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), prosedur pemeriksaan diawali pengambilan bahan pemeriksaan (sampel) dahak, lendir atau cairan dari nasofaring (bagian antara hidung dan tenggorokan), orofaring (bagian antara mulut dan tenggorokan).

Pengembangan kerjasama ditingkatkan, dengan penambahan lokasi strategis untuk pengambilan sampel RT-PCR terbaru. Layanan terbaru efektif Rabu (28/ 07).

Kota Jakarta

  1. Kantor Pusat Lion Air Tower

Jalan Gajah Mada No.7, Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat 10130

Waktu pelayanan:

  • Senin – Sabtu pukul 08.30 – 16.00 WIB
  • Minggu dan libur nasional – buka (tetap melayani) pukul 08.30 – 12.00 WIB

Kota Medan

  1. Rumah Sakit Umum Siti Hajar

Jalan Jamin Ginting No.2, Merdeka, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara 20222

                Waktu pelayanan:

  • Setiap hari selama 24 jam
  • Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam)

Kabupaten Pamatang Siantar

  1. Rumah Sakit Rasyida Siantar

Jalan Seram No.5B, Bantan, Kecamatan Siantar Baru, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21111

Waktu pelayanan:

  • Setiap hari – 24 jam
  • Libur nasional – buka (tetap melayani 24 jam)

Dengan demikian, ketiga lokasi pengambilan sampel tersebut  menjadikan Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan kerjasama menyediakan 13 jaringan area Jakarta – Bogor – Depok – Tangerang – Bekasi (JABODETABEK) dan di Sumatera Utara (lihat pada daftar  lampiran).

Lion Air Group sedang mempersiapkan pengembangan layanan RT-PCR di Makassar, Sulawesi Selatan; Semarang, Jawa Tengah; Surabaya, Jawa Timur, Batam, Kepulauan Riau;  serta Padang, Sumatera Barat.

Layanan dimaksud diharapkan dapat membantu dan menawarkan kemudahan kepada setiap calon penumpang Lion Air Group dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen sebagai syarat perjalanan udara melalui keberangkatan dari bandar udara terdekat:

Penyelenggaraan RT-PCR tetap berjalan sebagaimana pedoman protokol kesehatan, sesuai apa yang telah dijalankan oleh Lion Air Group dan DDSM, terjangkau: voucher Rp 475.000 Jabodetabek untuk satu kali RT-PCR, masa berlaku menurut ketentuan yang telah diterbitkan dan diberlakukan saat ini. Hasil uji setelah pengambilan sampel RT-PCR akan keluar (selesai) rata-rata 12-24 jam.

Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan (faskes) berupaya mengakomodir kebutuhan calon penumpang dengan tingkat kecepatan penanganan uji kesehatan, akurat, praktis, mudah, hemat waktu dan efektif.

Persyaratan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut:

  1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air),

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara dapat diperoleh melalui: Kantor Pusat dan Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia; www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177-8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA).

  1. Voucher RT-PCR dapat diperoleh secara langsung pada saat melakukan pembelian tiket (issued ticket),
  2. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan RT-PCR, maka dapat membeli voucher RT-PCR dengan menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor penjualan Lion Air Group,  www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel) dan lainnya.
  3. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan 1×24 jam sebelum keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku.

Hasil tes RT-PCR menggunakan metode thermal cycler (teknik amplifikasi DNA) dan TCM (tes cepat molekuler), pelaksanaan pemeriksaan (pengujian) terpusat di:

  1. C.229 Laboratorium Rumah Sakit Kartika Pulomas, DKI Jakarta
  2. C.779 Laboratorium RSU Siti Hajar Kota Medan

Laboratorium dan faskes ini merupakan laboratorium yang terafiliasi Kementerian Kesehatan. (Daftar laboratorium tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/4642/2021 tentang Penyelenggaraan Laboratorium Pemeriksaan COVID-19).

Hal ini dilakukan guna mendukung program pemerintah untuk memastikan keamanan dan sebagai syarat penerbangan setiap calon penumpang dalam bepergian menggunakan pesawat udara sejalan menekan laju penyebaran virus korona (Covid-19).

Harapan terbesar kegiatan dimaksud akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui transportasi udara, mendorong tren permintaan penerbangan sejalan dengan kesungguhan Lion Air Group dalam mengoperasikan layanan yang tetap mengutamakan dan memenuhi unsur-unsur keselamatan, keamanan penerbangan dan dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Digitalisasi:

Proses Penerbangan akan Semakin Mudah, Sehat dan Aman

Data hasil RT-PCR di Laboratorium Rumah Sakit Kartika Pulomas dan Laboratorium RSU Siti Hajar Kota Medan disimpan dalam big data Kementerian Kesehatan yaitu New All Record (NAR). NAR akan terkoneksi aplikasi PeduliLindungi.

Hasil uji hasil RT-PCR secara elektronik (digital), memiliki kode batang (barcode) berisi data valid serta terintegrasi PeduliLindungi.

Aplikasi PeduliLindungi akan menyimpan (terintegrasi) data dari setiap calon penumpang berupa:

  1. Hasil tes pemeriksaan RT-PCR Covid-19
  2. Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional.

Tujuan digitalisasi dapat memberi rasa nyaman dan aman kepada setiap penumpang, karena:

  1. Berfungsi guna pemeriksaan kelengkapan dokumen perjalanan, sehingga calon penumpang lebih praktis dan mudah, cukup dilakukan melalui aplikasi PeduliLindungi,
  2. Mempercepat waktu proses verifikasi,