Kompleks Manufaktur VinFast Haiphong: Cetak Biru Masa Depan Mobilitas Listrik di Indonesia

Jakarta, 12 Februari 2024. Di sepanjang pesisir pulau Cat Hai, Hai Phong, Vietnam, VinFast telah berhasil mendirikan pabrik seluas 335 hektar dalam waktu kurang dari satu tahun. Pabrik ini merupakan kompleks manufaktur kendaraan listrik terbesar pertama di Asia Tenggara, mencerminkan tekad Vietnam dalam mengembangkan industri mobil listrik domestik. Namun, kini, VinFast mengarahkan ambisinya melampaui batas negaranya.

VinFast telah merambah bisnisnya ke Amerika Serikat dan Eropa dalam empat tahun terakhir, dengan rencana ekspansi ke 50 pasar lainnya. Baru-baru ini, VinFast berkomitmen untuk menginvestasikan 1.2 miliar dolar AS atau setara dengan Rp18 miliar di Indonesia, termasuk pembangunan pabrik manufaktur baru dengan kapasitas produksi tahunan antara 30.000 hingga 50.000 kendaraan.

Kompleks Haiphong menjadi dasar bagi ekspansi VinFast ke pasar kendaraan listrik Indonesia, menciptakan harapan dan optimisme terhadap masa depan industri otomotif yang lebih ramah lingkungan.

**Cetak Biru Masa Depan Mobilitas Listrik Indonesia**

Pada 13 Januari, Presiden Indonesia Joko Widodo mengunjungi kompleks manufaktur VinFast di Haiphong, menyebut VinFast sebagai perusahaan otomotif berbasis listrik yang berkembang pesat. Dengan menyaksikan proses produksi, Presiden Joko Widodo menunjukkan kepuasan dan ketertarikan terhadap fasilitas serta kualitas dan desain produk VinFast.

Dukungan Presiden Joko Widodo terhadap VinFast sejalan dengan target pemerintah untuk mempercepat industri kendaraan listrik dalam negeri. Ini menambah keyakinan bahwa adopsi fasilitas serupa di Indonesia adalah langkah penting untuk mencapai ambisi kendaraan listrik dalam negeri.

Baca juga  Data Sampel BPJS Kesehatan, Wujud Kemudahan Akses Data bagi Masyarakat sekaligus untuk Mendukung Upaya Penyempurnaan Kebijakan JKN-KIS

Sebagai bukti prestasi global VinFast, kompleks manufaktur Haiphong menawarkan tingkat otomatisasi yang tak tertandingi di Asia Tenggara, mencapai 98%. Komitmen terhadap teknologi mutakhir dan efisiensi operasional membuat kompleks ini menjadi tolok ukur bagi bisnis VinFast.

Kompleks manufaktur Haiphong bukan hanya tempat produksi, melainkan juga mewujudkan visi VinFast sebagai masa depan manufaktur kendaraan listrik. Dengan menerapkan teknologi Industri 4.0, VinFast bermaksud menjadi ekosistem mesin cerdas yang saling terhubung, memberikan hasil analisis manufaktur berbasis data secara real-time.

Produksi sangat terotomatisasi di kompleks Haiphong didukung oleh kolaborasi real-time, penelitian, dan pengembangan teknologi kendaraan listrik. Pendekatan ini menempatkan kompleks ini sebagai batu loncatan bagi kelanjutan ekspansi global dan semangat inovatif perusahaan, membuka babak baru dalam revolusi kendaraan listrik.

**Melihat Lebih Dekat ke Dalam Cetak Biru Haiphong**

Di kompleks manufaktur Haiphong, produksi otomotif untuk semua kendaraan listrik VinFast dimulai di Press Shop. Di sini, gulungan logam dimasukkan ke dalam jalur otomatis, dipotong, dan ditekan menjadi bentuk presisi menggunakan cetakan canggih untuk membentuk kerangka kendaraan VinFast.

Body Shop milik VinFast, dengan luas 100.000 meter persegi, mengoperasikan 1.200 robot ABB untuk memfasilitasi berbagai tugas dalam proses pengangkutan, pengelasan, dan pemantauan secara real-time menggunakan teknologi Industri 4.0. Pabrik ini mampu memproduksi sekitar 38 bodi kendaraan per jam pada kapasitas maksimalnya, menjadikannya pabrik bodi yang paling modern dan terotomatisasi di Asia Tenggara.

Baca juga  Program Kemitraan M Cash Membuka Kesempatan bagi Para Pelaku UMKM Mengembangkan Bisnisnya di Era Ekonomi Digital

Setelah melalui Body Shop, bodi mobil masuk ke Paint Shop dengan kapasitas lebih dari 800 mobil per hari dalam area 25.000 meter persegi. Keberhasilan ini diperoleh melalui penerapan teknologi Industri 4.0 yang memastikan efisiensi dan operasional berkelanjutan.

General Assemble (GA) Shop, dirancang oleh Eisenmann, pemasok terkemuka Jerman, menunjukkan seluruh proses manufaktur otomotif VinFast. Fasilitas seluas 200.000 meter persegi ini menggunakan otomatisasi ekstensif dengan konveyor terhubung dan kendaraan tanpa pengemudi. Bodi mobil melalui jalur konveyor, di mana setiap komponen dilengkapi secara bertahap, mulai dari karpet dan kursi hingga elektronik dan roda. Proses ini mencakup integrasi motor dan paket baterai listrik ke sasis bawah, menjadi langkah penting dalam menghasilkan kendaraan listrik siap pakai.

**Battery Pack Shop**, dengan teknologi mutakhir, menawarkan tingkat otomatisasi hingga 75% untuk efisiensi maksimum. Sistem Eksekusi Manufaktur mengawasi setiap parameter, mulai dari perekatan dan pengencangan komponen hingga pengecekan arus listrik, menjamin presisi dan konsistensi tingkat tinggi. Paket baterai yang dihasilkan menggunakan teknologi lithium-ion canggih, memberdayakan semua kendaraan listrik VinFast untuk mendorong mereka ke masa depan yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga  HUAWEI Mobile Services Luncurkan Sederet Inovasi di MWC 2022

Dengan mematuhi standar internasional yang ketat, VinFast selalu menjamin produksi baterai yang memenuhi persyaratan keselamatan. Sistem kontrol suhu kelas dunia, dikombinasikan dengan protokol kebersihan yang ketat dan pemantauan yang canggih, meningkatkan mutu lingkungan produksi untuk menjamin kualitas baterai yang luar biasa di setiap perjalanan.

Dengan populasi Indonesia yang besar dan minat yang meningkat terhadap transportasi ramah lingkungan, Indonesia menjadi target pasar utama bagi kendaraan listrik. Kesuksesan VinFast di Indonesia bukan hanya dapat mempercepat keinginan Vietnam untuk adopsi kendaraan listrik secara luas, tetapi juga menjadi teladan bagi negara-negara

berkembang lain yang ingin ikut serta dalam revolusi industri kendaraan listrik.

VinFast membawa visi yang kuat dan model manufaktur yang dapat dicontoh langsung bagi Indonesia dengan meluncurkan kompleks manufaktur Haiphong. Kehadiran VinFast di pasar kendaraan listrik Indonesia membuktikan bahwa ketika teknologi canggih seperti robotika dan otomasi dikombinasikan dengan desain inovatif dan fokus pada keberlanjutan, inovasi yang dihasilkan membuka jalan menuju masa depan yang lebih hijau dengan energi bersih.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri