Jangan Kasih Kendor Berbuat Baik Untuk Orang Lain

Kapan terakhir kali kamu melakukan perbuatan baik tanpa alasan tertentu? Terkadang, terutama di masa sekarang di mana kita semua disibukkan dengan berbagai kegiatan kantor dan pribadi di rumah, kita cenderung memikirkan diri sendiri.

Waktu luang kita pergunakan sebaik mungkin untuk beristirahat dan memanjakan diri sendiri. Ini tidak salah, karena kita semua perlu waktu untuk “switch off” dan berfokus pada kebaikan diri sendiri.

 

Tidak terasa masa #DiRumahAja sudah berlangsung 9 bulan dan kita sepertinya sudah mulai terbiasa dengan ritme bekerja di rumah, melakukan pekerjaan kantor, mengurus keperluan anak termasuk virtual schooling, mengatur menu hidangan sehari-hari, dan banyak lagi kegiatan yang kita lakukan di rumah. Jika di awal terjadinya kondisi bekerja di rumah (WFH) ini banyak terdengar cerita mengenai perbuatan baik dan berbagi kebaikan, maka semakin ke sini sepertinya cerita seperti itu sudah tidak terlalu banyak diperbincangkan.

 

Jangan kasih kendor berbuat baik untuk orang-orang di sekitar kita. Mungkin kita sudah mulai terbiasa dengan keadaan WFH ini, namun terkadang ada masanya di mana kita merasa jenuh dan bosan. Kapan terakhir kamu bertanya “Apa kabar?” kepada tetangga, teman kantor atau pun pasangan kamu, dan benar-benar ingin mengetahui keadaannya – secara fisik dan perasaan, bukan sekadar sapaan saat berjumpa?

 

Random Acts of Kindness Friday

Jumat, tanggal 27 November diperingati sebagai Random Act of Kindness Friday di Amerika Serikat, yang diperingati setiap hari Jumat terakhir di bulan November. Tidak ada salahnya kita ikut melakukan kebaikan tanpa alasan tertentu selain ingin menyenangkan hati orang lain. Terkadang, perbuatan kebaikan yang kecil bisa menjadi sangat berarti untuk orang lain. Selain itu, berbuat baik kepada orang lain juga akan berdampak positif bagi diri kita. Bersikap baik akan melepaskan hormone oxycontin yang membantu menurunkan tekanan darah, yang akan bermanfaat bagi jantung dan sistem kekebalan Anda. (https://gsodentist.com/benefits-of-being-kind/).

 

Yuk, berbuat baik

Yuk, kita giatkan melakukan perbuatan baik! Berikut beberapa ide dari Greenfields yang bisa jadi inspirasi buat kamu melakukan “random acts of kindness”.

  1. Menghargai.

Berikan penghargaan kepada orang lain melalui ucapan terima kasih atau pujian, atau bahkan sebuah senyuman. Sapa bapak satpam di kompleks rumah atau gedung kantor dengan senyuman dan ucapan terima kasih, dan lihat betapa ia akan tersenyum karena diperhatikan dan pekerjaannya dihargai.  Puji pekerjaan anak buah atau rekan kerja untuk membuatnya lebih bersemangat menjalani hari-hari WFH. Peluk anak tanpa alasan tertentu selain karena kamu begitu mengasihinya. Ajak pasanganmu menikmati segelas susu segar dan ajak istirahat sebentar di sela-sela kesibukan pekerjaan kantornya untuk menunjukkan bahwa kamu juga mengerti keadaannya dan menghargai kerja kerasnya.

 

       2. Beramal.

Anda dapat menyumbangkan uang, buku dan pakaian. Banyak badan amal yang bisa dicari secara daring dan memberikan informasi lengkap mengenai cara pemberian sumbangan di masa sekarang.

 

       3. Penganan.

Di sela-sela kesibukanmu, coba memasak atau membuat kue untuk temanmu di akhir pekan ini. Tidak perlu hidangan yang rumit, sesuatu yang simpel cukup untuk membuat teman kamu senang menerimanya. Berikut adalah beberapa ide resep dari Greenfields menggunakan Greenfields Fresh Jersey Milk dan keju Greenfields yang tidak memerlukan waktu lama namun bisa membuat teman kamu senang akan perhatian yang kamu berikan.

 

A. Caramelized Onion, Mustard and Cheese Toast by Chef Devina Hermawan

      Bahan-bahan: 

  1. Roti tawar/sourdough, potong

      Caramelized onion:

  1. 4 Bawang bombay, iris
  2. 2 bawang putih

      Pelengkap lainnya:

  1. Mustard
  2. Greenfields Mozarella Cheese, parut
  3. Keju red cheddar
  4. Butter

     Cara membuat:

  • Untuk caramelized onion, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga kecoklatan dengan api sedang-kecil sambil sesekali diaduk-aduk, sisihkan
  • Iris roti/ sourdough, olesi dengan butter kemudian taruh caramelized onion di atasnya lalu beri mustard dan taburi keju mozarella dan letakkan keju red cheddar di atasnya
  • Panggang dengan suhu 200°C selama 10 menit atau hingga keju meleleh
  • Caramelized onion mustard and grilled cheese toast siap disajikan

 

B. Avocado Cream Mousse

  1. 3 buah alpukat ukuran sedang
  2. 250 ml Greenfields Whipping Cream
  3. 100 ml Greenfields Fresh Milk
  4. 4 sdm gula pasir

      Cara membuat:

  • Blender sampai halus: alpukat, gula pasir, dan Greenfields Fresh Milk
  • Siapkan wadah. Tuang Greenfields Whipping Cream dalam kondisi dingin ke dalamnya. Kocok dengan mixer sampai kaku. Sisihkan sedikit untuk topping.
  • Campurkan Greenfields Whipping Cream dengan alpukat yang sudah dihaluskan ke dalam wadah. Aduk hingga merata sampai menjadi mousse.
  • Tuang mousse yang sudah tercampur secara merata ke dalam gelas saji. Lalu, masukkan de dalam kulkas.
  • Setelah dingin, keluarkan dari kulkas dan tambahkan Greenfields Whipping Cream yang sudah disisihkan sebagai topping.

NIU-Sepeda Motor Listrik, StickEarn-Digitron, BNI Syariah, Greenfields, Inspirational Video, Motivational Video