Huawei Menggelar Acara “CXO Cloud-Camp” Pertama untuk Menerangi Masa Depan Digital Indonesia

Launching of CXO Engine program (PRNewsfoto/Huawei Cloud Indonesia)

“[BALI, Indonesia, August 31, 2023] – Huawei Cloud Indonesia menyelenggarakan acara inovasi bersama CTO perdananya, ‘CXO-Camp’, di Bali, Indonesia. Bertemakan ‘Together for Digital Evolution’, acara ini dihadiri oleh para CTO dan eksekutif puncak dari perusahaan-perusahaan global dan nasional, termasuk Deloitte Consulting, eclicktech, RCTI+, Astra Digital Arta, dan BNC.

Para peserta berbagi perspektif tentang inovasi dan praktik transformasi digital, yang mencakup berbagai tren digitalisasi, aplikasi teknologi canggih, dan peluang bisnis yang didorong oleh kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sekaligus menjabarkan langkah-langkah baru menuju pengembangan sektor digital di Indonesia.

Mendorong Inovasi, Teknologi Mutakhir, dan Membentuk Masa Depan Ekonomi Digital

Indonesia, dengan jumlah penduduk yang besar dan kekayaan budaya, menyadari bahwa digitalisasi merupakan pendorong penting bagi pembangunan ekonomi dan sosial. Belakangan ini, pemerintah Indonesia telah memprioritaskan digitalisasi dan mempercepat transformasi digital melalui peningkatan kolaborasi lintas daerah. Pemerintah juga telah memperkuat infrastruktur informasi dan mendorong adopsi teknologi digital secara luas.

H.E.Djauhari Oratmangun, Ambassador of the Republic of Indonesia to the People’s Republic of China and Mongolia

Duta Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok dan Mongolia, YM. Djauhari Oratmangun, menekankan pentingnya digitalisasi untuk pertumbuhan di masa depan. Djauhari menyoroti potensi ganda dari teknologi digital di berbagai sektor, menguraikan tantangan dan peluang teknologi digital, dan menggarisbawahi bahwa transformasi digital merupakan proses panjang yang membutuhkan upaya kolektif dan inovasi agar efektif.

Budi Prawara, Chairman of Research Organization for Electronics and Informatics, BRIN

Membahas peran inovasi sebagai katalisator penting bagi pertumbuhan ekonomi digital, Budi Prawara, Kepala Pusat Penelitian Elektronika dan Informatika, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mempresentasikan empat komponen penting dalam digitalisasi. Faktor-faktor ini termasuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia digital, menciptakan lingkungan operasional yang kondusif (termasuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kerangka kerja peraturan dan AI), mempromosikan inovasi digital dalam penelitian, pengembangan, dan strategi investasi yang didukung oleh pemerintah, serta berfokus pada penyempurnaan kemampuan bisnis yang berpusat pada kewirausahaan, kegiatan investasi, dan pemberdayaan AI.

Huawei Cloud berkomitmen untuk menyediakan layanan komputasi awan yang handal, efisien, dan aman bagi klien korporat dan individu di Indonesia. Oleh karena itu, CEO Huawei Cloud Indonesia, James Zhang, memperkenalkan rencana ‘CXO ENGINE’ dan mendiskusikan tantangan-tantangan baru dalam transformasi digital yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan berbasis internet dan konvensional. Dengan memaparkan berbagai peluang yang muncul dari transformasi digital, James menekankan bahwa kesuksesan di sektor digital hanya dapat dicapai ketika para pemimpin industri berkolaborasi, berbagi ide, menyusun strategi, belajar dari satu sama lain, dan berevolusi.

Transisi global sedang berlangsung. Direktur Deloitte Consulting, Asia Tenggara, Yun-Han Lee, menjelaskan tentang transisi global yang mengarah ke dunia tanpa batas. Transisi ini menghadirkan banyak peluang bagi mereka yang cukup gesit untuk memanfaatkannya. Beliau mendorong semua pihak untuk secara proaktif merangkul perubahan, mengeksplorasi peluang baru, dan menciptakan nilai tambah baru.

Praktik Digital dan Aplikasi Industri Mempercepat Transformasi di Berbagai Sektor

Kemajuan teknologi digital yang pesat mendorong transformasi di berbagai industri. Di Indonesia, transisi ini didukung oleh upaya kolaboratif Huawei Cloud dan para mitranya, yang memanfaatkan kekuatan komputasi awan, big data, AI, dan teknologi baru lainnya untuk mendorong digitalisasi industri.

Di ‘CXO-Camp’, Rio Anugrah, CTO dari RCTI+, berbagi pengalaman RCTI+ dalam bertransisi ke arah streaming. Ia menjelaskan bahwa konten video berdurasi pendek sesuai dengan tren konsumsi konten saat ini. Konten video berdurasi pendek tetap relevan bagi pemirsa karena menawarkan keaslian, kreativitas, dan kecepatan.

Di sisi lain, Arthur Purnama, CTO Astra Digital Arta (AstraPay), membahas peran krusial ‘bisnis digital’ bagi AstraPay, serta pentingnya interaksi pengguna dalam perluasan pasar. Menurut Arthur, interaksi pengguna yang didukung dengan upaya membangun hubungan dengan pelanggan, memperkuat loyalitas dan kepercayaan terhadap merek, serta mengumpulkan umpan balik dari pelanggan, dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan nilai tambah yang nyata bagi teknologi digital.

Roger Lu, General Manager eclicktech, menyatakan bahwa teknologi AI siap membawa terobosan dalam strategi pemasaran global di era komputasi. Di tengah ketidakpastian yang disebabkan oleh perlambatan ekonomi global, perusahaan harus mengambil langkah strategis untuk mengatasi ketidakpastian tersebut. Strategi pemasaran yang menguntungkan perlu dikembangkan, yang membutuhkan investasi dan optimalisasi iklan berdasarkan pertumbuhan pengguna yang komprehensif dan analisis perilaku konsumen. Selain itu, perusahaan harus menggunakan pendekatan kreatif untuk meningkatkan laba atas investasi (ROI), menjangkau pengguna baru melalui saluran yang beragam (UA), dan memasarkan kembali secara efektif kepada pengguna yang sudah ada (RT).

Membahas tentang persinggungan teknologi dan bisnis, Justin Dodson, CTO Bank Neo Commerce, menekankan pentingnya memperluas kerja sama di berbagai bidang di tengah pembangunan berkelanjutan yang sedang berlangsung di sektor keuangan di Indonesia.

“Transformasi digital dapat memperkuat peran perbankan digital dalam perekonomian nasional dan meningkatkan kapabilitas digital sektor perbankan di berbagai bidang, seperti kepatuhan terhadap peraturan dan pengawasan perizinan,” lanjut Dodson.

Huawei Cloud juga telah meluncurkan berbagai solusi transformasi digital yang membantu memodernisasi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Menurut Global CPO Huawei Cloud, Fang Guowei, Huawei Cloud membekali klien di Indonesia dengan kemampuan yang komprehensif. Hal ini memungkinkan klien di Indonesia untuk mempercepat transformasi digital dan menawarkan Infrastructure-as-a-Service, Technology-as-a-Service, dan Experience-as-a-Service. Platform Huawei Cloud tetap berkomitmen untuk memajukan upaya penelitian dan pengembangan, yang bertujuan untuk menghadirkan platform dan layanan cloud yang mutakhir sambil memandu klien dalam mengadopsi, menggunakan, dan mengelola sumber daya cloud.

Sebagai penyedia layanan cloud, Huawei Cloud mengembangkan produk dengan mengedepankan inovasi full-stack dalam infrastruktur cloud, membuat terobosan dalam teknologi cloud-native. Huawei Cloud membantu lembaga pemerintah dan bisnis dalam mencapai integrasi cloud dan terus berinovasi di sektor-sektor baru seperti data, media, dan AI. Visi ini sejalan dengan misi Huawei untuk menciptakan komputasi awan yang tersedia di mana-mana, memastikan kehadiran teknologi cerdas di berbagai titik, dan secara kolaboratif membangun fondasi untuk dunia yang lebih cerdas.

Indonesia selalu menjadi pasar strategis bagi Huawei Cloud di kawasan Asia Pasifik. Pada tahun 2022, Huawei Cloud meluncurkan wilayah cloud lokal di pasar Indonesia, memberikan layanan yang lebih baik dan lebih aman kepada klien lokal dan berkontribusi pada Visi Indonesia 2045 dengan secara aktif mendukung transformasi digital perusahaan lokal.

“CXO-Camp” juga menampilkan diskusi panel dengan tema ‘Menavigasi Gelombang AI yang Sedang Berkembang: Dari Evolusi Bisnis hingga Tren Teknologi dan Masa Depan Umat Manusia’, presentasi ‘CXO-Engine Award’, dan berbagai kegiatan lainnya. Acara-acara ini semakin memperkuat kapabilitas teknologi digital Huawei Cloud dan mendorong pertumbuhan ekosistemnya di Indonesia.

Kesuksesan Huawei Cloud Indonesia CTO Camp yang pertama ini tidak hanya menyediakan platform bagi para CTO dari berbagai industri untuk saling belajar, berbagi ide, dan berkolaborasi, namun juga mengukuhkan kehadiran Huawei Cloud di pasar Indonesia. Ke depannya, Huawei Cloud tetap berkomitmen pada inovasi teknologi, aplikasi industri, pengembangan sumber daya manusia, dan membangun ekosistem yang kolaboratif. Tujuan utamanya adalah membentuk lanskap digital Indonesia bersama dengan para pionir industri lainnya.”

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri