FTI UKDW Yogyakarta Adakan Pelatihan Penggunaan Android bagi Masyarakat Penyandang Disabilitas

8

Pusat Pemberdayaan Disabilitas Mitra Sejahtera (PPDMS) adalah salah satu lembaga sosial pusat pemberdayaan penyandang cacat yang berlokasi di Nglipar, Gunungkidul.

Organisasi ini memiliki visi untuk mampu memberdayakan anggotanya untuk dapat menjadi lebih mandiri dan memiliki daya saing. PPDMS memiliki 29 anggota anggota yang tersebar di beberapa daerah di Gunungkidul, khususnya kecamatan Nglipar.

Jumlah ini mungkin akan bertambah menjadi sekitar 600 orang, dimana belum semua penyandang disabilitas terdaftar di PPDMS. Anggota PPDMS juga memiliki kegiatan bisnis dan menghasilkan beberapa produk. Salah satunya adalah telur asin dan keset jahit. Hasil dari produk olahan ini dipasarkan di beberapa daerah di Gunungkidul. PPDMS memiliki keinginan untuk meningkatkan hasil penjualannya melalui pemanfaatan teknologi infomasi untuk berjualan secara daring.

 

Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Duta Wacana (FTI UKDW) Yogyakarta sebagai mitra bagi PPDMS bekerja sama untuk mengadakan pelatihan. Pelatihan ini mengangkat tema “Optimalisasi Penggunaan Smartphone Android”. Pelatihan ini juga memiliki visi untuk mendorong terciptanya pemanfaatan teknologi dalam pemasaran produk yang dihasilkan oleh PPD Mitra Sejahtera. FTI UKDW mengadakan pelatihan penggunaan android pada hari Sabtu, 20 Juli 2019 dan Rabu, 7 Agustus 2019 di Gunungkidul. Dalam pelatihan ini hadir 16 orang peserta yang berasal dari beberapa kecamatan di Gunungkidul, seperti Nglipar, Playen, Mengger, Ngaliyan, Nglorog, dan Semanu.

FTI UKDW diwakili tiga orang dosen dari Program Studi (Prodi) Sistem Informasi yakni Halim Budi Santoso, S.Kom., MT., MBA, Argo Wibowo, ST., MT., dan Drs. Jong Jek Siang, M.Sc. serta dua orang dosen dari Prodi Informatika yakni Antonius Rachmat C., S.Kom., M.Cs., Rosa Delima, S.Kom., M.Kom. Hadir juga dalam kegiatan ini 2 rekan mahasiswa yang mendampingi sebagai asisten.

 

Pelatihan ini disambut dengan antusias oleh para peserta. Pada kesempatan ini, tim dosen dari FTI UKDW memaparkan terkait penggunaan aplikasi jual beli online dan pemanfaatan media sosial, seperti facebook dan instagram untuk membantu berjualan secara online. Selain itu, materi lain yang disampaikan adalah pemanfaatan google maps. Dengan adanya pelatihan ini diharapakan dapat membantu dalam pemasaran produk yang dihasilkan oleh masyarakat di PPD Mitra Sejahtera, sehingga produk yang dihasilkan dapat dipasarkan secara luas dan menjangkau masyakarat di tingkat nasional.

Investree, BPSDM PUPR RI, UKDW Yogyakarta, Aston Priority Simatupang Hotel, AMD, Lenovo, Vivo, Best Western Papilio Hotel Surabaya, Wings Air, Lion Air Group, Kalbe Nutritional, Inspirational Video, Motivational Video