Festival Budaya Sa-Ijaan “Magic from the Sea”: Keajaiban di Tengah Laut

Sob, pernahkah kamu menyaksikan air laut yang asin diubah menjadi air tawar hanya dengan menancapkan tongkat? 🤩

Keajaiban ini hanya dapat kamu saksikan di Festival Budaya Sa-Ijaan “Magic from the Sea”! Festival ini memperkenalkan semangat Saijaan, yang berarti seiya sekata atau sejalan setujuan, dengan cara yang khas dari masyarakat Kotabaru.

Di festival ini, kamu akan menyaksikan keahlian Sang Sandro, Kepala Suku Adat, dalam menancapkan tongkat (Ancak) pada upacara khas Suku Bajau, yaitu Selamatan Leut! Upacara ini merupakan bagian dari tradisi yang dipercaya dapat mengubah air laut asin menjadi air tawar. Keajaiban yang memukau, bukan?

  • Yuk, simak kegiatan lengkapnya agar semakin ingin datang, Sob:
    Upacara Selamatan Leut “Magic from the Sea”: Menyaksikan upacara ini akan memberikanmu pengalaman spiritual yang mendalam dan memperlihatkan bagaimana keajaiban alam dapat terjadi di hadapan mata kita.
  • Tradisi Titi Tali: Rasakan keindahan tarian dan gerakan yang indah dari tradisi Titi Tali, yang menggambarkan keselarasan dan kekompakan masyarakat Kotabaru.
  • Parade Kapal Nelayan Bajau Hias: Lihatlah kapal-kapal nelayan Bajau yang indah dan dihiasi dengan ornamen khas mereka, menampilkan keahlian dan keindahan budaya mereka.
  • Penampilan Musik Tradisi Alahai: Dengarkan musik-musik tradisional Alahai yang mengalun indah, membawa kita pada perjalanan budaya yang mendalam.
  • Pameran UMKM: Jelajahi dan dukung produk-produk unggulan UMKM lokal Kotabaru, yang menampilkan kerajinan tangan, kuliner, dan barang-barang khas daerah.
  • Dan masih banyak lagi!
Baca juga  Bekraf dan BNI Syariah Luncurkan Deureuham 2019

Tunggu, ada kejutan menarik lainnya! Akan ada flashmob Bagedak Baimbai Tarian Japin Anak Delapan Khas Kotabaru yang akan dilakukan oleh 1000 penari, lho, Sob!

Catatlah lokasi dan tanggalnya:
🗓 1 – 6 Juni 2023
📍 Taman Siring Laut, Kalimantan Selatan

Ayo, segera siapkan barang-barangmu dan berliburlah ke Kabupaten Kotabaru! Kapan lagi kita bisa berlibur sambil menyaksikan keajaiban dan ikut mendorong pertumbuhan ekonomi lokal! ✨