eBay Meluncurkan Program “Global 24/7” Untuk Memberdayakan UKM Indonesia

105

Jakarta, 24 Agustus 2020 – eBay meluncurkan “Global 24/7,” sebuah program akselerator e-Commerce yang didesain khusus untuk membantu UKM memanfaatkan platform eBay untuk melakukan kegiatan ekspor secara global seiring dengan perekonomian yang memasuki fase pemulihan.

Program akselerator e-Commerce ini menyediakan berbagai insentif start-up, program, pelatihan, dan bantuan yang diperlukan oleh para pemilik usaha untuk bergabung dalam marketplace global eBay yang memiliki lebih dari 182 juta pembeli aktif. Program ini diluncurkan untuk pasar di seluruh wilayah Asia Tenggara mencakup Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

 

E-Commerce global mencatatkan pertumbuhan sangat pesat karena adanya pergeseran perilaku konsumen di tengah pandemi Covid-19. Para eksportir UKM Indonesia yang ada di platform kami juga membukukan pertumbuhan seiring tren ini, terutama pada segmen suplemen kesehatan, di mana volume penjualan meningkat lebih dari dua kali lipat dari periode yang sama tahun lalu,” ujar Tam Yong Sheng, Head of Business Development eBay Southeast Asia.

“Hal ini menunjukkan bahwa e-Commerce merupakan pendorong utama pemulihan bagi UKM di tengah penurunan ekonomi. Kami ingin program “Global 24/7” ini memberdayakan para UKM agar mereka dapat berpindah ke daring secara lebih cepat dan memberikan kesempatan untuk bergabung kedalam marketplace internasional yang memiliki 1,5 miliar listing aktif  dengan jangkauan luas mencakup 190 negara di dunia.”

 

Program “Global 24/7” di eBay

Program akan berlangsung mulai 1 Juli hingga 31 Desember 2020, dan menawarkan beragam benefit bagi para penjual baru, sebagai berikut:

  • New Business Seller Incentive: eBay akan membebaskan 100% biaya eBay Store untuk level Basic dan 50% biaya promosi produk melalui fitur Promoted Listings. Total insentif untuk setiap penjual mencapai US$1.000 (Rp 14,631,000). Seluruh benefit ini akan mengurangi biaya secara signifikan agar UKM dapat menumbuhkan usaha mereka secara daring.
  • Webinar edukatif: eBay akan mengadakan webinar dwimingguan ditujukan bagi para pemilik usaha agar mereka mendapatkan wawasan mengenai kesempatan berjualan lintas batas atau cross market selling, cara terbaik untuk mengoptimalkan peringkat listing dan visibilitas, serta tips untuk mengembangkan rencana meningkatkan traffic menuju toko virtual di eBay.

 

  • Akses Gratis ke Perangkat Product Listing senilai US$700 (Rp 10,241,700): Penjual akan mendapatkan akses penuh ke Viewider, yang memudahkan migrasi produk dari kanal penjualan daring mereka saat ini. Para penjual di kategori Otomotif akan mendapatkan bantuan listing tambahan untuk memetakan barang-barang mereka di eBay Master Vehicle List yang berguna untuk meningkatkan visibilitas melalui eBay fitment finder. Program ini akan mengurangi jumlah pekerjaan manual dan mempercepat perjalanan global para UKM dan pelaku bisnis.
  • Tarif Pengiriman yang Diutamakan dan Subsidi Biaya Penyimpanan AS: Bekerja sama dengan DHL Express, program ini menawarkan potongan harga tarif pengiriman dari Asia Tenggara, dan manajer akun khusus untuk mempercepat proses pembukaan akun. Bagi para pelaku bisnis yang ingin menyimpan produknya di Amerika Serikat, eBay akan menyediakan subsidi senilai US$1.200 (Rp 17,557,200) dari biaya penyimpanan di gudang-gudang partner kami.

 

  • Manajer Akun Khusus: Setiap pemilik usaha yang memiliki lebih dari 100 produk di eBay akan mendapatkan manajer akun khusus untuk melakukan bimbingan dan konsultasi khusus sesuai kebutuhan, agar para penjual dapat memaksimalkan fungsi toko daring mereka di eBay.
  • Market intelligence: Untuk membantu pemilik bisnis membuat keputusan dan strategi yang lebih tepat, eBay akan membuat laporan intelijen pasar lokal yang disesuaikan dengan kategori produk dan spesifik industri.

Selain itu, webinar yang telah direkam dan self-help tutorial akan tersedia di situs eBay e-Commerce Accelerator. Pada intinya, semua keuntungan yang dihadirkan dalam inisiatif “Global 24/7” telah disesuaikan untuk meningkatkan kemampuan para pelaku bisnis dalam men-digitalisasi dan melebarkan usaha mereka secara global dan berkelanjutan, serta mengurangi biaya bagi para pelaku UKM untuk memulai toko daring mereka di eBay.

 

Siapa yang berhak mengikuti program ini?

UKM dan para pelaku bisnis yang belum memiliki toko eBay berhak mendaftarkan diri untuk mengikuti program ini. Terbuka bagi semua skala bisnis baik itu produsen, dealer, hingga retailer.

Untuk mendaftarkan diri, pemilik UKM dapat mengakses eBaySEAforbusiness.com dan mengikuti petunjuk yang terdapat di e-mail. Periode pendaftaran program berlangsung   dari 1 Juli hingga 30 September 2020.

 

UKM Indonesia di eBay

Amerika Serikat, Australia, dan Kanada adalah tiga negara tujuan ekspor teratas bagi UKM Indonesia yang ada di eBay. Penjualan tertinggi secara global berasal dari kategori otomotif dan suku cadang, diikuti oleh pakaian dan aksesoris, kesehatan dan kecantikan, serta perhiasan, batu mulia, dan jam tangan.

Di saat bersamaan, ekspor ritel oleh penjual Indonesia di eBay terus bertumbuh pesat di beragam kategori produk. Hal ini menunjukkan bahwa ada banyak kesempatan bagi UKM dan para pelaku usaha untuk melakukan ekspansi bisnis ke marketplace  global. Di kuarter pertama 2020, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, kategori-kategori ini memiliki pertumbuhan penjualan barang yang pesat:

  • Bagi pasar Amerika Serikat, kategori fesyen dan suplemen kesehatan merupakan kategori yang paling populer, dengan pertumbuhan hampir 102%. Kategori paling populer kedua adalah peralatan rumah dan alat berkebun dengan pertumbuhan sebesar 86%. Kategori terpopuler ketiga adalah otomotif dan suku cadang dengan pertumbuhan sebesar 78%.
  • Di Inggris, perdagangan lintas negara dari Indonesia dalam kategori fesyen dan aksesoris menunjukkan kenaikan lebih dari 158%. Sementara itu, suplemen kesehatan tumbuh sekitar 63%.
  • Penjualan produk gaya hidup dan olahraga telah mengalami pertumbuhan 250% di Prancis, Italia, dan Spanyol.

BNI Syariah, Lion Air Group, Kemenkes RI, eBay, ASTON Priority Simatupang Hotel, Inspirational Video, Motivational Video