DBS Treasures: Memenuhi Kebutuhan Nasabah Prioritas dengan Solusi Keuangan Terpersonalisasi

Jakarta, 4 September 2023 – Jumlah nasabah segmen prioritas di Indonesia terus mengalami peningkatan yang signifikan. Data yang dirilis oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada bulan Juni 2023 menunjukkan bahwa dalam tiga tahun terakhir, terjadi pertumbuhan yang konsisten dalam jumlah tabungan nasabah dengan saldo berkisar antara Rp500 juta hingga Rp5 miliar, dengan tingkat kenaikan mencapai 7,33-9,32 persen.

Selain itu, hasil dari Financial Wellness Survey 2022 yang dilakukan oleh DBS Treasures juga mengungkapkan bahwa lebih dari setengah dari nasabah (61 persen) memilih untuk berkonsultasi dengan profesional keuangan dalam upaya mengelola kekayaan mereka. DBS Treasures, sebagai salah satu pemimpin dalam layanan perbankan prioritas, telah merespons potensi ini dengan serangkaian upaya, termasuk analisis mendalam terhadap kebutuhan dan aspirasi nasabah, serta penyediaan solusi keuangan yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi, khususnya untuk nasabah baru di segmen prioritas.

Rudy Tandjung, Direktur Consumer Banking PT Bank DBS Indonesia, menyatakan bahwa segmen perbankan prioritas memiliki kebutuhan yang unik. “Menurut hasil studi YouGov Syndicated Study, dalam dunia keuangan yang terus berubah dengan cepat dan informasi yang semakin kompleks, sebanyak 83 persen nasabah menginginkan aplikasi yang mudah digunakan untuk pembelian produk keuangan, yang memungkinkan mereka merespons peluang kapan saja dan di mana saja. Bahkan, sebanyak 56 persen nasabah telah beralih ke transaksi pembelian produk keuangan secara online. Namun, mereka juga membutuhkan mitra yang dapat memberikan analisis dan wawasan yang mendalam, sehingga mereka dapat mengambil keputusan finansial yang lebih meyakinkan.”

DBS Treasures telah terus bertransformasi untuk memenuhi komitmen mereka dalam menyediakan solusi manajemen kekayaan yang unggul. Salah satu langkah penting adalah kemampuan mereka dalam menganalisis data secara mendalam, yang memungkinkan mereka untuk merancang solusi yang benar-benar unik bagi setiap nasabah. Keberhasilan konsisten selama dua tahun terakhir ini tercermin dalam hasil DBS Annual Brand Health Monitoring Survey 2022, yang menunjukkan bahwa DBS Treasures dikenal sebagai bank yang selalu aktif berkomunikasi dan efisien dalam mengelola portofolio nasabah, faktor ini menjadi alasan utama nasabah dalam memilih DBS Treasures sebagai mitra perbankan prioritas.

Rudy Tandjung menambahkan, “Dalam pandangan nasabah, mereka didukung oleh kemampuan digital kami yang dapat diakses 24/7. Kami menyediakan beragam analisis wawasan yang disesuaikan dengan preferensi mereka melalui media digital, sehingga mereka dapat melakukan investasi dan transaksi finansial secara mandiri melalui aplikasi digibank by DBS. Kami juga telah memperkenalkan inovasi baru melalui fitur LiveBetter, yang memungkinkan nasabah mendapatkan saran terkait gaya hidup berkelanjutan dan investasi dalam produk yang berbasis Environment, Social, and Governance (ESG). Melalui LiveBetter, nasabah dapat memenuhi kebutuhan transaksi finansial sambil memberikan dampak positif pada lingkungan. Selain itu, kami juga menyediakan fleksibilitas dalam investasi melalui produk obligasi dan reksa dana dengan berbagai tingkat risiko, sektor industri, pasar lokal, dan global, serta produk asuransi untuk melindungi nasabah. Kami baru-baru ini juga meluncurkan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada aplikasi digibank by DBS untuk pembayaran praktis dalam transaksi sehari-hari.”

Natalina Syabana, Kepala Segmentation and Liabilities PT Bank DBS Indonesia, menambahkan, “DBS Treasures juga memberikan layanan konsultasi berkala kepada setiap nasabah melalui email yang dipersonalisasi berdasarkan analisis profil risiko, preferensi produk, perilaku bertransaksi, demografi, dan kebutuhan individu. Para ahli DBS Treasures aktif berkomunikasi secara langsung dengan nasabah melalui sistem online, yang membantu kami memahami kebutuhan masing-masing nasabah secara lebih baik dan memastikan diskusi berjalan sesuai kebutuhan. Kami juga menyediakan dashboard online real-time yang membantu para ahli kami menganalisis portofolio nasabah secara cepat dan memberikan saran yang unik untuk menjaga keseimbangan dan memperkuat portofolio mereka.”

Mengenai masa depan, DBS Treasures berkomitmen untuk terus berupaya memahami nasabah dan melaksanakan inovasi-inovasi baru untuk menyediakan rangkaian layanan yang relevan. “Kami melakukan ini untuk mendukung nasabah dalam hidup lebih banyak dan berurusan lebih sedikit dengan bank, sesuai dengan semangat yang dimiliki oleh Bank DBS Indonesia,” kata Rudy Tandjung saat mengakhiri pernyataannya.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri