DARE FH UPH Unggul Dalam Kompetisi Debat Hukum Nasional PLC 2019

87

Komunitas debat Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan, DARE (Debate and Research Community), membuktikan kepiawaiannya dalam ajang debat nasional tingkat universitas PLC (Parahyangan Legal Competition), pada  26-28 April 2019 di Universitas Khatolik Parahyangan, Bandung.

Kompetisi berskala nasional dengan tema “Pancasila sebagai Norma Kritik terhadap Pengembanan Hukum Indonesia” ini diikuti 15 universitas di Indonesia diantaranya Universitas Pelita Harapan, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponogero, Universitas Andalas, Universitas Padjajaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Airlangga, Universitas Tujuh Belas Agustus, dan lima universitas lainnya.

 

Setelah melewati babak penyisihan tim DARE FH UPH bersama tim FH UNDIP maju ke babak final. Mosi yang diangkat dalam sesi final ‘mosi penghapusan pph final bagi pengusaha UMKM’, dengan ketentuan tim DARE UPH sebagai pihak yang pro sementara UNDIP pihak kontra. Hasil kompetisi ini berhasil dimenangkan tim DARE FH UPH.

Tim DARE FH UPH diwakili anggota baru dari angkatan  2018, yang terdiri dari Fenyo Ezra Tania, Hannie Almira Erany, dan Terra Aura. Dibawah pengarahan mahasiswa senior dan dosen pembimbing, tim ini melakukan persiapan selama satu bulan ditengah minggu tenang sebelum Ujian Akhir Semester (UAS).

Ridwan Khoerudin, FH 2016 Ketua Komunitas DARE UPH yang juga mendampingi tim menyatakan bahwa melalui kompetisi ini ia bersama tim yang melaju ingin menjadi motivasi bagi mahasiswa FH UPH lainnya.

 

Bagi Fenyo, Hannie, dan Terra, kemenangan ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga memberikan banyak manfaat, diantaranya menambah pengetahuan, membangun relasi dengan senior, mendapatkan networking dengan kampus-kampus lain,  dan meningkatkan soft skills seperti kerja sama, public speaking, dan berpikir logis. Tidak hanya itu ketiganya juga bersyukur berada di DARE FH UPH yang memiliki dosen-dosen yang mau berbagi dan memberi bimbingan dengan sangat baik.

DARE FH UPH sendiri sudah berdiri sejak tahun 2013 telah mengikuti kurang lebih 32 kompetisi di tingkat nasional. Sederetan prestasi telah diraih DARE FH UPH seperti,  juara I pada kompetisi Karya Tulis Ilmiah tingkat nasional UIN Law Fair 2017, juara III pada kompetisi Piala Hafni Sjahruddin 8th Business Law Competition Universitas Indonesia 2017, juara lomba Constitutional Drafting Padjajaran Law Fair 2016, dan juara I lomba debat nasional pada kompetisi Diponegoro Law Fair 2015. Pencapaian ini membuktikan proses regenerasi berjalan baik dalam komunitas DARE FH UPH dan efektifitas komunitas sebagai media pembelajaran sekaligus pengembangan skill debat anggotanya.

UKDW, Kementerian, Lion Air, UPH, Hotel, CIMB Niaga