BPSDM PUPR – UNSYIAH Sepakat Kerjasama Dirikan Politeknik PU Di Aceh

Senin (23/9) –  Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) Lolly Martina Martief menyepakati didirikannya Politeknik Pekerjaan Umum di Banda Aceh, sebagai bentuk kerjasama Kementerian PUPR dengan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil demi menunjang pembangunan di Sumatera. Kesepakatan tersebut dikemukakan Lolly saat mengadakan kunjungan kerja ke universitas tersebut, Senin (23/9).

 

Dalam paparannya, Lolly menjelaskan mengenai rencana dan pencapaian pendidikan Kementerian PUPR, termasuk grand design pendidikan vokasi Kementerian PUPR dalam 10 tahun ke depan (2018-2028) yang mencakup pendirian lembaga pendidikan di bawah Kementerian PUPR, pengembangan program studi dan jenjang pendidikan vokasi (Magister Terapan), pengembangan lembaga pendidikan di beberapa wilayah di Indonesia, dan kerjasama dengan industri konstruksi internasional.

Salah satu lembaga pendidikan yang baru saja diwujudkan, adalah Politeknik Pekerjaan Umum (PPU) Semarang yang didirikan pada Desember 2018 silam. Lembaga pendidikan serupa direncanakan untuk didirikan di wilayah Sumatera (Aceh/Medan), wilayah Kalimantan (Balikpapan/Banjarmasin), dan wilayah Indonesia bagian Timur (Makassar).

 

Program studi yang telah dijalankan di PPU Semarang, antara lain Teknologi Konstruksi Bangunan Air, Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, serta Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan.

Dengan Unsyiah sendiri Kementerian PUPR sudah mengadakan kerjasama di bidang pendidikan kedinasan, dimana jumlah karyasiswa PUPR yang sudah lulus dari universitas tersebut mencapai 169 orang.

Sekarang ini pemerintah telah mengubah kebijakan pendidikan ke arah pengembangan vokasi dari jenjang DIII sampai Magister melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Karena itu Lolly berharap dengan direncanakannya pendirian Politeknik PU di Aceh merupakan bentuk kerjasama Kementerian PUPR di bidang pendidikan dengan Unsyiah.

 

Rencana pendirian Politeknik PU di Aceh tersebut disambut baik oleh Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Samsul Rizal, M.Eng, yang siap memberikan dukungan penuh dengan menyediakan lahan untuk pembangunannya.

Turut serta dalam rombongan Kepala BPSDM, adalah Kepala Pusdiklat Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (JP3IW), Thomas Setiabudi Aden, Kepala Balai Diklat Wilayah I Medan, R. Belanto Hadiwido, dan perwakilan dari Pejabat Pengawas BPSDM.

Aston Priority Simatupang Hotel, Huawei, BPSDM PUPR, UIN SUKA, AMD, Lion Air, Indocomtech, Menko Polhukam RI, Kemenkeu RI, Inspirational Video, Motivational Video