B’GEN – Botanical Collagen Drink, Bikin Hidup Sehat Lebih Praktis dan Menyenangkan

694

Sudah sejak lama saya berusaha untuk hidup lebih sehat dengan cara teratur berolahraga dan mengonsumsi makanan yang lebih alami. Hal ini juga saya tularkan pada keluarga saya terutama anak-anak sehingga mereka pun mulai ikut bergaya hidup sehat.

Bicara soal gaya hidup sehat, selain teratur berolahraga dan memilih makanan yang lebih sehat, sudah dua minggu terakhir ini saya rajin mengonsumsi  B’GEN, Botanical Collagen Drink produksi PT Anugrah Agrotekindo yang merupakan anak perusahaan PT Gracia Pharmindo, Bandung.

Sebelum saya mereview produk yang baru saja jadi favorit saya ini, saya ingin bercerita sedikit ya soal PT Gracia Pharmindo ini. Kenapa? Karena saya pribadi, sih, selalu ingin tahu siapa yang memproduksi makanan atau minuman yang saya konsumsi sehari-hari, apalagi PT Gracia Pharmindo ini adalah perusahaan Farmasi dalam Negeri yang sudah berskala Nasional.

Jadi, PT Gracia Pharmindo adalah sebuah perusahaan farmasi yang didirikan pada tahun 2003 oleh bapak Djoni Tanu. Selain memproduksi produk-produk kesehatan berkualitas tinggi, kini PT Gracia Pharmindo juga mulai memproduksi produk kategori Functional Food berupa minuman bernutrisi, seperti B’GEN ini.

Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi produk ini secara teratur, saya menyempatkan bertemu dan berbincang-bincang panjang dengan mba Fety dan pak David dari PT Gracia Pharmindo. Yes, saya selalu berusaha menggali kelebihan dan manfaat produk yang saya pakai serinci mungkin agar tidak hanya saya saja yang tahu dan merasakan manfaatnya, tapi saya juga bisa berbagi inspirasi dan informasi yang benar buat pembaca blog dan media sosial saya.

Okay, lanjut ke B’GEN. Apa, sih, minuman B’GEN ini dan kenapa saya suka dan terus mengonsumsinya?. Jadi B’GEN adalah minuman collagen dari bahan-bahan alami yang punya banyak manfaat bagi tubuh secara menyeluruh, tidak hanya bagi kulit seperti yang dipercayai sebagian orang.

 

MANFAAT COLLAGEN BAGI TUBUH KITA

Collagen merupakan penyusun 30% protein tubuh yang tersebar di berbagai organ. Collagen terbanyak tersebar pada kulit yaitu sekitar 75% pembentukan kulit adalah collagen, dimana pada usia 25 tahun, tubuh mulai mengalami penurunan collagen sebanyak 1.5% setiap tahun, akibatnya collagen yang rusak tadi tidak mampu memberi dukungan yang baik untuk lapisan kulit teratas, saat itulah kulit menjadi keriput.

Kandungan 17 asam amino dan HA dalam B’GEN bermanfaat membantu meremajakan dan mencegah penuaan kulit, karena asam amino pada tubuh akan membentuk suatu rangkaian yang dikenal dengan serat collagen.

B’GEN Variant GREEN TEA LATTE kaya akan kandungan polifenol yang merupakan sumber antioksidan. Green tea polyphenol (GTPP) berperan dalam proses diferensiasi, proliferasi dan perkembangan sel pada kulit serta dapat menurunkan jumlah radikal bebas dalam tubuh sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

 

Ternyata collagen bukan hanya berguna untuk kulit saja. Protein ini juga bermanfaat bagi kesehatan, kekuatan, serta kefleksibelan tulang.  Collagen juga membantu otot-otot tubuh kita untuk memiliki kekuatan dalam bergerak dan melakukan kegiatan sehari-hari.

Tak hanya itu, pembuluh darah kita juga sangat memerlukan collagen. Lapisan collagen melindungi pembuluh darah  menjadikannya lebih kuat dan fleksibel sehingga mampu membawa darah ke seluruh bagian tubuh dengan efektif.

Konsumsi collagen ternyata juga memberikan manfaat penting bagi pertumbuhan rambut kita, lho.  Collagen membantu memperkuat rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut sehingga baik sekali bagi kita yang mengalami masalah rambut rontok.

B’Gen Choco Latte favorit sekeluarga

 

KANDUNGAN ALAMI B’GEN

B’GEN mengandung tiga bahan utama yaitu Colocasia Esculenta (Satoimo). Satoimo sangat kaya akan asam amino (17 asam amino, L-aspartic Acid, L-Serine, L-Glutamic Acid, Glyserine, L-Histidine HCI, L-Valine, L-Arginine HCI, L-Threonine, L-Alanine, LProline, L-Cystine, L-Tyrosine, L-Methionine, L-Lysine HCL, L-Isoleucine, L-Leucine, L-Phenylalanine, HA (Hyaluronic acid) MCT) dan hyaluronic acid (HA), substansi yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita yang jumlahnya berlimpah ketika kita masih muda. Namun sayang sekali produksinya berkurang seiring dengan bertambahnya usia, sehingga kulit menjadi keriput, bergaris, kusam, dan kering.

Nah, ini dia salah satu alasan saya merasa perlu mengonsumsi B’GEN. Usia saya yang sudah tidak muda lagi memerlukan asam-asam amino ini. Dari konsumsi secara teratur selama hampir dua minggu ini saya merasakan perubahan yang cukup signifikan, nih. Sabar, yah, nanti saya ceritakan di akhir artikel J

 

Kandungan lainnya adalah MCT. MCT atau medium chain trigliserida mempunyai sifat – sifat istimewa yang dapat memberi banyak manfaat bagi manusia. Bahkan telah banyak ahli dan peneliti memanfaatkan MCT untuk keperluan nutrisional, terapi kesehatan dan teknologi pangan seperti pada slimming formula dan functional food.

MCT juga berfungsi untuk mengontrol berat badan, karena dapat mendorong pembakaran lemak – lemak tubuh dengan cara meningkatkan angka metabolic dan termologis tubuh.

Khusus untuk Varian B’GEN Plus ada tambahan kandungan Haver dalam minuman ini. Haver/Oat mengandung efek yang sangat baik pada saluran pencernaan. Oat/Haver dapat memberikan efek kesehatan yang potensial mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi resiko obesitas dan penyakit kronis.

 

Konsumsi rutin Oat/Haver dapat berkolerasi dengan penurunan indeks massa tubuh (IMT) dan membantu mengurangi rasa lapar dan meningkatkan perasaan kenyang.

Oat/Haver ini juga sangat bermanfaat bagi pasien diabetes mellitus, hipertensi dan penyakit kardiovaskular lainnya, karena beta glucan pada oat dapat menurunkan kadar kolesterol total dan LDL darah.

Beta Glucan dapat juga membantu memperlambat penyerapan gula dari makanan, sehingga membantu mengontrol gula darah.

Karena kandungan-kandungan di atas lah maka saya memasukan B’Gen sebagai salah satu produk andalan selama program menurunkan berat badan yang sedang saya jalankan awal tahun ini.

9 varian B’gen + satu varian baru (belum ada dalam foto)

10 VARIAN B’GEN

Menariknya lagi, B’Gen punya banyak sekali varian yang membuat kita bisa berganti-ganti mengonsumsinya hingga tidak bosan.

Saat ini ada 10 varian B’GEN, yaitu B’gen Choco Latte, B’gen Coffee Latte, B’gen Green Tea Latte, B’gen Ginger Latte, B’gen Choco Latte Plus, B’gen Coffee Latte Plus, B’gen Green Tea Latte Plus, B’gen Ginger Latte Plus, B’gen Pro Ginger Latte, dan varian yang paling baru adalah Choco Latte dengan MCT Oil Powder + Colocasia Esculenta yang menggunakan pemanis alami Stevia.

Dari semua varian, hampir semuanya saya suka, namun yang jadi favorit saya nggak jauh-jauh dari rasa kopi, yaitu Coffee Latte. Kemudian rasa Green Tea dan Ginger Latte.

Di pagi hari saya mengonsumsi Coffee Latte Plus. Kenapa yang plus? Karena pagi-pagi saya wajib ngopi, di satu sisi saya juga butuh sarapan, apalagi kalau akan mengajar yoga dan kelas lainnya di pagi hari, saya menghindari sarapan yang berat-berat. Nah, di Coffee Latte Plus ini sudah ada kandungan oat/havernya yang bikin saya kenyang tapi tetap bisa berolahraga.

Ginger Latte juga favorit banget. Jujur saja, baru kali ini saya menemukan minuman jahe yang benar-benar pas. Karena sering punya masalah perut, apalagi saat menstruasi, sejak remaja saya dibiasakan oleh mama untuk minum minuman jahe. Dulu-dulu, sih, saya bikin sendiri, karena beberapa kali beli rasanya aneh, terlalu manis lah, terlalu pedas, lah, dst. Ternyata, saat nyobain Ginger Latte B’gen ini saya merasa manisnya pas dan rasanya jauh lebih enak dari yang lain. Ya sudah, lebih praktis pakai ini kan dibanding bikin sendiri, apalagi saat sedang sibuk …

Produk B’Gen ini juga aman dikonsumsi oleh segala usia, dari mulai anak-anak sampai orang lanjut usia, bahkan termasuk ibu hamil dan menyusui. B’gen khusus membuatkan varian untuk para ibu hamil yaitu B’gen Pro.

Menurut data yang ada, angka kesakitan ibu hamil dan angka kematian bayi hingga kini masih cukup tinggi di Indonesia, di mana sebagian besar kematian neonatal disebabkan persalinan prematur.

Sebanyak 40% kelahiran prematur berkaitan dengan insiden ketuban pecah dini (KPD) yang dapat menimbulkan komplikasi baik pada ibu maupun bayi sehingga diperlukan tindakan preventif agar dapat meningkat derajat kesehatan ibu dan anak.

Ketuban pecah dini (KPD) adalah pecahnya ketuban sebelum waktu persalinan yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya terbukti berdasarkan penelitian dapat disebabkan oleh rendahnya kadar collagen pada amnion di ketuban/ECM (Extra Cellular Matrix).

Collagen sendiri merupakan suatu rangkaian dari berbagai jenis asam amino. B’gen terbukti mengandung 17 asam amino & Hyaluronic Acid (HA) yang dapat mensupport pembentukan serat collagen dalam tubuh.

B’GEN Pro Ginger Latte diformulasikan less sugar dan tanpa menggunakan pemanis buatan sehingga aman dikonsumsi  jangka panjang oleh wanita hamil dan menyusui. B’Gen varian jahe ini dapat membantu mengurangi rasa mual yang biasa terjadi pada pasien yang sedang hamil. Meski tidak sedang hamil, saya juga minum varian ini, lho.

Asupan B’GEN PLUS dapat dilanjutkan setelah melahirkan untuk membantu mencapai berat badan kembali normal dengan mengikuti anjuran konsumsi B’GEN untuk diet.

Oh ya, biar nggak bosen, kadang saya memvariasikan minuman kolagen ini dan ternyata nggak saya aja yang doyan, anak-anak pun suka dan sering minta dibuatkan juga. Berikut ini salah satu resep variasi B’gen yang saya buat buat camilan saat nonton bersama keluarga di rumah (daripada ngemil gorengan atau makanan nggak sehat lainnya, kannnn…)

RESEP GREEN TEA SMOOTHIES

BAHAN :

1 bungkus B’Gen plus green tea latte

1 buah pisang ukuran sedang

5 kotak es batu

2 sdt madu jika suka

½ gelas susu cair non fat (atau ganti air putih jika tak ingin pakai susu)

3 sdm buah potong (pisang, buah naga)

½ sdt Chia seeds

CARA MEMBUAT:

Campur B’Gen Green Tea Latte atau Green Tea Latte Plus air panas seperempat gelas

Masukan green tea latte ke dalam blender, tambahkan air dingin/susu non fat setengah gelas

Masukan pisang, blender sebentar, masukan es batu, blend hingga halus

Tambahkan madu jika suka

Tuang smoothies ke mangkuk atau gelas, tambahkan toping buah-buahan dan chia seeds di atasnya

Green Tea Smoothies

KESIMPULAN

Trusss.., pada penasaran dong apa pendapat saya soal produk B’gen ini setelah nyobain cukup lama dan teratur?

Lalu apa manfaat yang saya rasakan setelah rutin mengonsumsi B’gen ini?. Ada beberapa hal yang saya rasakan sendiri, ada juga yang notice malah orang lain. Di bawah ini beberapa hal yang saya rasakan …

KULIT LEBIH KENYAL DAN GLOWING

Beneran, loh, ini yang ngeh malah adek saya, Lani Ligouw. Saat saya main ke rumah mama tanpa make up sama sekali, Lani bertanya, apakah saya habis perawatan di klinik kecantikan? (maklum, sering terima endorse-an dari beauty clinics, hihihi). Saya bilang ngga dan saya cerita ke dia kalau saya lagi rutin minum B’gen, Botanical Collagen Nutrition dan dia menyimpulkan bahwa kulit saya terlihat lebih glowing karena minuman ini.

Oh ya, saya juga memperhatikan bahwa kerut di dahi saya juga berkurang sekali. Biasanya kalau pakai make up, saya memperbanyak foundation di bagian ini, tapi akhir-akhir ini kok rasanya saya sampai lupa untuk melakukannya, ternyata karena memang kerut yang biasanya ada tiga baris tipis hanya terlihat dua saja itu pun menipis.

RAMBUT RONTOK JAUH BERKURANG

Untuk hasil yang ini jujur saja saya amaze banget,  lho! Jadi, sudah beberapa bulan terakhir ini rambut saya rontok parah, bahkan alopecia areata kembali muncul di kepala saya, yaitu kerontokan dan kebotakan berpola bulat yang dulu pernah saya alami juga. Dulu, usai kelahiran anak bungsu saya, saya mengalami alopecia areata yaitu timbulnya botak-botak kecil bulat di beberapa bagian di kepala.

Untuk mengatasi alopecia areata saat itu, saya melakukan perawatan khusus di dokter kulit. Bentuk perawatannya adalah obat yang diminum, serum khusus rambut, serta SUNTIK di kulit kepala tempat adanya alopecia areata tersebut.

Perawatan yang ketiga tersebut bikin saya trauma, yaiyalahhh, disuntik di kulit kepala gitu loh, kebayangkan rasanya kayak gimana. Makanya saat hal itu terjadi lagi, saya enggan sekali pergi ke dokter. Saya melakukan perawatan sendiri dengan memakai bermacam tonik khusus kulit kepala. Ada, sih, hasilnya tapi belum signifikan.

Nah, saat saya mulai minum B’gen dengan teratur sekitar dua minggu lalu, saya nggak kebayang bahwa salah satu manfaatnya adalah mengurangi kerontokan rambut saya. Saat saya menyadari satu botak kecil saya mulai ditumbuhi rambut serta banyak anak-anak rambut baru mulai tumbuh di dahi saya, saya pun kembali menggali manfaat collagen yang ternyata salah satunya adalah untuk kesehatan rambut.

BERAT BADAN STABIL

Akhir-akhir ini saya sedang agak loss dengan makanan. Maklum musim hujan, jadi saat suami ngajak makan mie ayam, hayukkk.. saat teman ngajak nongkrong sambil ngopi dan makan pisang bakar, hayukkk.. Hihihi, gitu deh, cita-cita kurus tapi hobi makan. Eh, tapi tanpa saya duga, berat badan saya ternyata stabil bahkan cenderung turun meski baru beberapa ons. Semangat !

LEBIH FIT DAN MOOD LEBIH BAIK

Menjelang menstruasi biasanya mood saya akan hancur-hancuran banget, ya cranky, mudah kesal dengan ini itu, ternyata saat mens kemarin saya merasa jauh lebih asik, mood tidak sejelek biasanya.

So, secara overall saya sangat merekomendasikan B’gen Botanical Collagen Drink ini. Secara rasa, untuk ukuran minuman kesehatan, B’gen tergolong enak, menurut saya. Secara harga juga sangat terjangkau mengingat khasiatnya yang langsung terasa dari konsumsi teratur selama dua minggu terakhir ini.

B’Gen menemani sore cerah saya 🙂

 

BELI DI MANA?

Produk B’gen saat ini cukup mudah ditemukan dan dipesan. Kamu bisa mengunjungi beberapa e-commerce seperti Shoppe, Bukalapak, dan Tokopedia. https://shopee.co.id/bgenplus.ols

Selain itu, kamu juga bisa cek website-nya di https://b-gen.id/ dan akun instagramnya di @bgenindonesia, ya.

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Lion Air Group, Server Qsan, favehotel Pasar Baru, BNI Syariah, Investree Thailand, Archipelago International, Inspirational Video, Motivational Video, Kemendikbud RI, Kemenpora RI, B’Gen, Minuman Kolagen,