AMD Lampaui Target Enam Tahun Dalam Peningkatan 25 Kali Lebih Besar Efisiensi Energi Prosesor Mobile

31

Santa Clara, California, AS — 25 Juni, 2020 AMD (NASDAQ: AMD) hari ini mengumumkan telah melampaui target jauh 25×20 Efisiensi Energi dari target yang telah ditetapkan pada 2014 untuk meningkatkan efisiensi energi prosesor mobile 25 kali pada 2020.

Prosesor mobile AMD Ryzen™ 7 4800H yang baru memberikan peningkatkan efisiensi energi pada pengukuran baseline 2014 sebesar 31,7 kali, dan menawarkan performa terdepan  dan efisiensi luar biasa untuk PC laptop. Efisiensi energi yang lebih baik mengarah pada manfaat secara signifikan kepada pengguna termasuk peningkatan daya baterai, performa yang lebih baik, biaya energi yang lebih rendah dan pengurangan dampak lingkungan yang signifikan akibat komputasi.

 

“Kami selalu fokus pada efisiensi energi untuk prosesor kami, tetapi pada 2014 kami memutuskan untuk lebih menekankan pada kemampuan ini,” kata Mark Papermaster, chief technology officer dan executive vice president, Technology and Engineering, AMD. “Tim teknik kami mengumpulkan tantangan dan memetakan alur untuk mencapai target jangka panjang kami dengan efisiensi energi 25 kali lebih baik pada 2020. Kami mampu melampaui tujuan kami, mencapai peningkatan 31,7 kali untuk jajaran laptop gaming dan ultrathin dengan performa yang tak tertandingi, grafis dan daya baterai yang lama. Saya sangat bangga dengan tim teknik dan bisnis kami. ”

Efisiensi energi untuk prosesor ditentukan oleh jumlah dari hasil pekerjaan yang dilakukan per unit energi yang dikonsumsi. Untuk mencapai target 25×20, AMD fokus pada peningkatan pengembangan arsitektur system-on-chip (SoC) yang terintegrasi dan meningkatkan efisien baik peningkatan, fitur pengaturan daya real-time; dan optimalisasi tingkatan daya silikon. AMD mengurangi waktu komputasi rata-rata untuk tugas yang diberikan sebesar 80% dari 2014 hingga 2020, sementara juga mencapai pengurangan 84% penggunaan energi. Itu berarti sebuah perusahaan yang meningkatkan 50.000 laptop AMD dari model 2014 ke model 2020 akan mencapai performa komputasi lima kali lebih banyak dan mengurangi konsumsi energi laptop sebesar 84%, dimana selama masa pemakaian tiga tahun berarti penghematan sekitar 1,4 juta kilowatt jam listrik dan 971.000 kg emisi karbon, setara dengan 16.000 pohon yang ditanam selama 10 tahun.

 

Pencapaian target efisiensi energi 25×20 tidak hanya memberikan pengalaman pengguna yang lebih kuat tetapi juga semakin memperkuat kepemimpinan AMD secara keberlanjutan. AMD adalah perusahaan semikonduktor pertama yang memiliki target perlindungan iklim, termasuk 25×20, disetujui sebagai “target berbasis ilmu” diinisiasi oleh Science Based Targets – dianggap cukup agresif untuk membantu mengurangi dampak komputasi pada perubahan iklim.

“Penataan kembali planet kita dapat berjalan seiring dengan pengembangan teknologi yang bertenaga dan membantu para pelanggan kami dalam mencapai tujuan mereka,” kata Susan Moore, ,Corporate vice president for corporate responsibility and international government affairs, AMD. “Peningkatan efisiensi daya yang kami buat pada prosesor laptop kami membuat sebuah perbedaan di dunia. Laporan terbuka setiap tahun menunjukkan kemajuan dan akhirnya tercapai, dan melampaui, target efisiensi energi 25×20 mencerminkan komitmen AMD terhadap teknologi berkelanjutan. ”

 

Perspektif Industri

Peningkatan performa dan pengurangan konsumsi daya prosesor Ryzen 7 4800H melampaui tren efisiensi historis yang diprediksi oleh Koomey’s Law- analog Moore’s Law yang menggambarkan tren peningkatan efisiensi energi – sebanyak 2x dari 2014 dan 2020.

“Enam tahun lalu, AMD menantang diri untuk meningkatkan efisiensi energi secara nyata pada prosesor mobile,” kata Dr. Jonathan Koomey, seorang pakar industri komputasi hemat energi. “Saya telah meninjau data dan dapat melaporkan bahwa AMD melampaui target 25×20 yang ditetapkan pada 2014 melalui peningkatan desain, optimalisasi keunggulan, dan fokus penuh pada efisiensi energi. Dengan chip 31,7 kali lebih hemat energi dari pendahulunya 2014, AMD telah jauh melampaui peningkatan efisiensi secara nyata akan apa yang diharapkan dari kecepatan Moore’s Law tradisional seperti yang tercantum dalam Koomey’s Law. ”

“AMD mengambil keberanian untuk meningkatkan efisiensi prosesornya sebanyak 25 kali, jauh melebihi rata-rata , dan dengan demikian, mencapai posisi terdepan di industri dalam prosesor mobile,” kata Kevin Krewell, analis TIRIAS Research. “Sasaran 25×20 memerlukan perubahan besar pada arsitektur, desain, dan software, dan tidak hanya mengandalkan kemajuan teknologi dalam proses silikon. Pencapaian dan melampaui tujuan yang menantang ini adalah bukti kerja keras tim AMD pada produk-produknya dan itu mengantarkan AMD ke posisi terdepan dalam prosesor mobile. ”

 

“Sasaran AMD untuk meningkatkan efisiensi daya prosesor laptop-nya sebanyak 25 kali pada tahun ini mungkin terlihat seperti target abstrak dan sewenang-wenang ketika mereka pertama kali mengumumkannya enam tahun lalu,” kata Bob O’Donnell, president TECHnalysis Research. “Namun, ketika mereka melampaui target yang mengesankan, hal tersebut menjadi jauh lebih bermakna. Konsumsi energi yang lebih rendah tidak pernah lebih penting bagi planet ini dan kemampuan perusahaan untuk memenuhi target serta mencapai performa kuat pada prosesor adalah cerminan yang luar biasa akan perusahaan yang berfokus pada teknologi dan memimpin pasar terdepan untuk perkembangan prosesor mobile. ”

TRAS N CO Indonesia, Vivo, Signify, HP, Lion Air Group, AMD, Inspirational Video, Motivational Video