Akses JKN-KIS Semakin Mudah dengan Mobile JKN

69

Prabumulih, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus berupaya memberikan kemudahan kepada peserta JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN, yang memuat layanan konsultasi dokter, cek ketersediaan kapasitas tempat tidur di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), antrean elektronik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), hingga fitur Skrining Mandiri Covid-19.

“Kalau sudah menjadi peserta JKN-KIS, kita merdeka dari biaya pelayanan kesehatan karena semuanya sudah ditanggung oleh Program JKN-KIS. Kita hanya perlu membayar iuran secara rutin dan jika sewaktu-waktu kita butuh pelayanan kesehatan, ikuti alur pelayanannya sesuai dengan prosedur yang berlaku,” kata Niver (36) kepada tim Jamkesnews, Kamis (24/09).

 

Peserta JKN-KIS ini juga mengatakan bahwa dirinya senang karena masyarakat Indonesia semakin diberikan kemudahan dalam mengakses informasi Program JKN-KIS, salah satunya dengan adanya aplikasi Mobile JKN.

“Sudah ada antrean online, dengan adanya ini kita tidak perlu repot-repot antre di fasilitas kesehatan. Kita bisa melihat sudah sampai mana antrean di fasilitas kesehatan tersebut. Kalau sudah dekat dengan antrean kita, barulah kita ke fasilitas kesehatannya. Jadi kita tidak perlu menunggu lama di fasilitas kesehatan. Apalagi sedang pandemi seperti ini, aplikasi ini sangat berguna sekali,” jelas Niver.

Selain itu, Niver melanjutkan, pola hidup sehat perlu diterapkan. Menurutnya, pandemi Covid-19 membawa berbagai perubahan dalam hidup manusia. Sekarang, dengan diterapkannya new normal, masyarakat bisa kembali beraktivitas termasuk bekerja seperti sedia kala namun harus tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

“Perlu juga kita menerapkan pola hidup yang sehat, misalnya perbanyak asupan makanan yang bergizi, cukupi kebutuhan air putih, olahraga rutin, istirahat cukup, bantu dengan multivitamin, selalu menggunakan masker ketika kita bepergian keluar rumah  lalu juga harus ingat untuk selalu jaga jarak, physical distancing, mencuci tangan, serta rutin pula kita membersihkan barang-barang kita dengan disinfektan,” kata Niver.

BNI Syariah, grandkemang Jakarta, UKDW Yogyakarta, Kementrian PUPR RI, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Inspirational Video, Motivational Video