72% Orang Indonesia Mengandalkan Layanan Pesan Antar Online Sebagai Pilihan Utama Selama Perayaan Lebaran

Tanggal 6 Februari 2024, GrabAds, platform periklanan dari Grab, merilis laporan terbaru mengenai pola belanja konsumen Indonesia selama Ramadan. Dalam laporan tersebut, 84% responden berencana untuk meningkatkan pengeluaran mereka, terutama untuk kebutuhan makanan, fashion, dan kesehatan.

Laporan Lebaran dari Grab memberikan wawasan mendalam mengenai rencana belanja konsumen Indonesia selama bulan Ramadan. Menurut Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia & OVO, momentum ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk menjangkau audiens secara online. Dengan merancang kampanye strategis di awal Ramadan, bisnis dapat berinteraksi secara menarik dan personal dengan konsumen, membangun hubungan baik dengan pelanggan lama dan baru.

Temuan utama dalam laporan mencakup:

Baca juga  Blibli Pecahkan Rekor MURI dalam Festival Kuliner #PejuangLokal

1. Manfaatkan Peningkatan Aktivitas Digital: 84% masyarakat Indonesia berencana untuk meningkatkan aktivitas digital selama Ramadan, dengan 72% berencana menggunakan layanan pesan-antar makanan dan transaksi pembayaran Grab. Strategi omnichannel menjadi kunci, dengan 61% responden menyukai kombinasi belanja online dan offline.

2. Penawaran Sajian Makanan untuk Acara Keluarga: 82% responden berencana untuk berbuka puasa bersama keluarga, menciptakan peluang bagi pemilik usaha untuk menyediakan menu porsi keluarga dan opsi tambahan seperti minuman dan makanan penutup. Terdapat juga peningkatan 19% dalam pengiriman parsel menjelang Lebaran.

3. Maksimalkan Penggunaan Pesan-Antar Transportasi Online: 79% pengguna Grab, termasuk yang memiliki kendaraan, lebih memilih layanan Grab selama momen spesial, dengan lonjakan jumlah penumpang mingguan sebesar 19% dibandingkan sebelum Ramadan. Pemasangan iklan di dalam atau “membungkus” mobil dapat menjadi strategi efektif untuk menarik perhatian pengguna lebih awal.

Baca juga  Telkomsel Dan Zenius Umumkan Pemenang Kompetisi Ilmupedia Berani Jawab Season 2

GrabAds memberdayakan brand, pemasar, dan pelaku usaha melalui ekosistem superapp Grab. Brand dapat menjalankan promosi dengan dampak besar melalui layanan iklan yang dapat dikelola mandiri. Grab melihat peluang besar selama Ramadan dan telah mengoptimalkan layanan GrabFood dan GrabMart untuk memenuhi beragam kebutuhan pengguna selama bulan suci ini. Melalui informasi dalam laporan ini, Grab berkomitmen membantu mitra usaha, terutama UMKM, merencanakan promosi Ramadan secara efektif, guna meningkatkan penjualan dan membangun citra brand yang positif bagi konsumen.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri