Menko Darmin: Kualitas Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Baik

21
Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam kualitas baik. Hal ini ditandai dengan tingkat kemiskinan dan pengangguran menurun, stabilitas harga terjadi dan distribusi pendapatan yang kian membaik.
Menurut Darmin, kondisi perekonomian saat ini tidak lepas dari kerja keras pemerintah yang mencoba keluar dari siklus perlambatan ekonomi global. Untungnya bagi Indonesia, pada 2016 lalu berhasil membalikkan arah perekonomian untuk tumbuh lebih tinggi
“Kita (pemerintah) mencoba keluar dari perlambatan yang terjadi beberapa tahun terakhir. Baru 2016, kita mulai membalikkan arahnya dan terus berlanjut di tahun 2017,” ujarnya saat memberikan sambutan pada acara Indonesia Most Admired CEO, Jumat (8/12), di Balai Kartini.
Seiring dengan membaiknya perekonomian global, Darmin meyakini tingkat pertumbuhan ekonomi nasional akan menembus angka 5,4 persen. Terlebih pemerintah memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,1 persen hingga akhir tahun 2017.
“Di APBN, pemerintah mematok 5,4 persen. Saya percaya bisa sedikit di atas itu karena masih cukup reasonable (masuk akal),” pungkasya.