Leadership Program untuk Wujudkan Smart ASN

23

JAKARTA – Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur merupakan kunci utama dalam penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik. Karena itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB)  menggenjot pengelolaan SDM yang merupakan program prioritas reformasi birokrasi.  .

Untuk mendukung hal tersebut, Kementerian PANRB mengadakan Leadership dan People Management Program. Pelatihan ini ditujukan untuk pejabat eselon III di lingkungan Kementerian PANRB dan pejabat eselon II di lingkungan Kementerian PANRB, BPKP, BKN, LAN, ANRI, dan Bappenas.

Kepala Biro Manajemen Kinerja, Organisasi dan Kerjasama Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Kamaruddin yang membuka pelatihan batch III mengatakan organisasi tidak bisa dilepaskan dari SDM. Untuk itu, perlu strategi mengelola SDM sehingga menjadi tim yang berkinerja tinggi.  “Ini sejalan dengan visi Kemenetrian PANRB yakni Smart ASN, yakni ingin mewujudkan ASN yang kompeten, profesional, berintegritas dan berkinerja tinggi,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Senin (27/11).

Kamaruddin yang telah menjalani pelatihan pada minggu lalu mengatakan bahwa dengan mengikuti pelatihan ini bisa tahu apa yang menjadi kelebihan diri sendiri. Di sisi lain, juga mengerti apa yang harus diperbaiki. “Saya berharap pada kesempatan ini, bisa mendapat hal yang lebih bagus karena waktunya lebih lama,” ujarnya.

Sebelumnya, pelatihan yang ditujukan untuk pejabat pimpinan tinggi pratama (eselon II) ini berlangsung selama dua hari. Sedangkan untuk pejabat eselon III (pejabat administarsi) memakan waktu 4 hari.

Pada kesempatan yang sama, First Assistant Commissioner Australian Public Service Commission (APSC) Kerryn Vine-Camp mengatakan bahwa perbaikan SDM ini untuk meningkatkan pelayanan pulik. Walaupun kondisi di Indonesia dan Australia bereda, ia berharap dapat berbagi pengalaman untuk kebaikan bersama.

Pada kesempatan terpisah, Asdep Asesmen dan Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan Kelembagaan dan Tata Laksana Politik, Hukum, dan Keamanan dan Pemerintah Daerah Kementerian PANRB Nanik Murwanti mengatakan bahwa dengan adanya Leadership dan People Management Program ini menjadi memahami bagaimana membangun tim yang efektif. Hal ini dikupas mulai dari menngenal karakter diri sendiri dan bawahan, cara berkomunikasi dengan tim, sampai pada membangun tim yang berkinerja tinggi.