Zoom Rilis Fitur AI Companion 3.0, Optimalkan Fungsi Agentic AI pada Platform

  • Zoom memperkenalkan AI Companion 3.0 dengan teknologi agentic AI, menghadirkan fitur-fitur baru yang canggih dan tampilan kerja modern yang dirancang untuk memperbarui cara tim berkomunikasi dan berkolaborasi di platform.
  • Zoom Business Services juga akan menyediakan fitur agentic AI untuk Customer Experience dan Zoom Virtual Agent guna meningkatkan kualitas interaksi antara pelanggan dan agen

Jakarta, 18 September 2025 — Hari ini, Zoom Communications, Inc. (NASDAQ: ZM) memperkenalkan era baru dalam hal produktivitas, kolaborasi cerdas, dan koneksi melalui peluncuran AI Companion 3.0, didukung dengan inovasi agentic AI yang tersedia di seluruh layanan Zoom Workplace dan Zoom Business Services. Ragam inovasi yang diumumkan pada konferensi tahunan terbesar dari Zoom, Zoomtopia 2025, menjadi wujud visi Zoom untuk mengembangkan kemampuan yang mengutamakan agentic AI.

Agentic AI dari Zoom dirancang untuk mentransformasi cara pengguna bekerja, yakni dengan mengubah percakapan menjadi tindakan menggunakan bantuan asisten AI yang sesuai kebutuhan. Pengguna pun dapat bekerja secara optimal setiap hari dalam berbagai kesempatan. 

Read More

“Percakapan paling penting bagi para pelanggan kami berlangsung di platform Zoom, dan kini percakapan tersebut bisa menghadirkan informasi penting yang menggerakkan perkembangan nyata,” kata Pendiri dan CEO Zoom, Eric S. Yuan. “Dengan AI Companion 3.0, agentic AI kami dapat memahami konteks, prioritas, dan tujuan dari masing-masing pengguna, sehingga mampu membantu mereka mengurangi gangguan dan fokus pada pekerjaan yang paling penting guna mencapai kemajuan bisnis yang bermakna.”

AI Companion 3.0: Asisten Cerdas yang Siap Dampingi Anda Bekerja

Visi Zoom untuk masa depan dunia kerja adalah menciptakan platform terpadu dengan AI yang berperan sebagai penghubung cerdas. AI Companion 3.0 dan sejumlah inovasi baru pada layanan Zoom Workplace dan Business menjadi fondasi utama dari visi ini. Lebih dari sekedar asisten cerdas, AI Companion beroperasi di seluruh platform Zoom dan terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga yang kompatibel. Hal ini akan membantu pengguna mengubah percakapan menjadi tindakan, di mana AI Companion dapat memahami konteks percakapan secara mendalam dan menghemat waktu pengguna dengan membantu mereka menangani tugas administratif sembari tetap memberikan hasil kerja yang lebih berkualitas.

Temukan Wawasan Mendalam

AI Companion akan menggunakan agentic AI untuk memperoleh dan memadukan informasi internal perusahaan (seperti informasi yang berasal dari transkrip rapat dan panggilan telepon, riwayat percakapan, dan dokumen yang dibagikan) dengan informasi eksternal (seperti riset pasar dan data industri yang tersedia secara publik) melalui penelusuran terpadu yang disesuaikan dengan konteks kebutuhan pengguna, agar mampu menghadirkan informasi penting pada waktu yang tepat. Kemampuan ini akan membantu pengguna memperoleh informasi yang lebih lengkap dan penting dari berbagai sumber, termasuk percakapan, dokumen, aplikasi pihak ketiga, berbagai platform rapat, pertemuan tatap muka, maupun situs web.

Para pengguna yang memiliki akun Zoom Workplace berbayar juga dapat mengoptimalkan catatan mereka menggunakan kemampuan mencatat dari AI Companion. Fitur ini dapat digunakan pada segala jenis rapat, baik yang berlangsung di ruang Zoom maupun rapat tatap muka dan rapat di luar ruang Zoom, seperti di Microsoft Teams, Google Meet, dan WebEx (segera hadir).

Optimalkan produktivitas kerja Anda

Kemampuan agentic AI yang proaktif dapat membantu menangani pekerjaan yang bersifat administratif, sehingga pengguna bisa lebih fokus pada pekerjaan yang penting. Fitur baru seperti “luangkan waktu”, persiapan rapat, bantuan grup, dan rekomendasi selama rapat berlangsung bisa membantu pengguna tetap terinformasi pada waktu yang tepat, sehingga pekerjaan bisa diselesaikan dengan lebih efisien.

AI Companion, dengan instruksi (prompt) yang kini lebih fokus pada hasil, dapat membantu pengguna mengidentifikasi, memprioritaskan, dan menyelesaikan pekerjaan di seluruh platform Zoom — termasuk rapat, panggilan telepon, percakapan (chat), dan email — sehingga tidak ada tugas yang terlewat.

Hasil kerja lebih berkualitas dalam waktu yang lebih singkat

Pengguna dapat berinteraksi dengan AI Companion layaknya rekan kerja untuk meningkatkan kualitas hasil kerja tanpa perlu memberikan arahan berlebih, sebab asisten AI ini sudah memahami konteks pekerjaan pengguna. AI Companion juga memahami topik percakapan terkini dan yang paling sering dibahas, serta proyek-proyek penting, sehingga asisten AI ini mampu memberikan saran untuk langkah selanjutnya dan memberikan respon yang sesuai untuk kebutuhan pengguna dalam memberikan hasil kerja terbaik.

AI Companion 3.0 memperkenalkan tampilan platform kerja baru pada web browser dan aplikasi desktop Zoom Workplace untuk menghadirkan pengalaman menggunakan AI yang harmonis di mana pun pengguna bekerja. Tampilan kerja ini dapat beradaptasi secara dinamis dan memberikan informasi dari berbagai sumber hingga menjadi informasi terpadu yang bisa ditindaklanjuti.

Dengan fitur baru yang membantu pengguna untuk menulis dan mencari informasi secara mendalam, pengguna dapat menghasilkan dokumen yang rapi dan laporan komprehensif berbasis data, baik dari data internal dan eksternal.

Inovasi canggih untuk platform berbasis AI

Zoom terus mendobrak batas komunikasi dengan menghadirkan fitur-fitur AI terbaru di Zoom Workplace. Inovasi ini mencakup avatar yang membuat rapat terasa lebih realistis, kemampuan menghasilkan klip video dari presentasi, dan dukungan untuk Model Context Protocol (MCP) yang memungkinkan pelanggan dan developer menyesuaikan berbagai perangkat bagi pelanggan dan virtual agent.

Zoom juga menambahkan fitur terjemahan suara real-time di Zoom Meetings, sehingga pengguna bisa lebih mudah berkolaborasi dengan rekan kerja maupun mitra global—tetap dengan kualitas Zoom yang sudah dipercaya oleh banyak perusahaan. Temuan ini diperkuat oleh evaluasi independen yang dilakukan Zoom, di mana fitur real-time translated captions dari Zoom terbukti lebih akurat dibanding kompetitor utamanya berdasarkan standar MetricX: 28% lebih akurat untuk terjemahan Inggris–Prancis dan 14% lebih akurat untuk terjemahan Inggris–Spanyol.

Layanan yang Dapat Disesuaikan Dengan Kebutuhan

Custom AI Companion kini menawarkan kemampuan untuk membuat dan mengerahkan agen AI yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Tersedia sejak hari ini, low-code builder ini memberi keleluasaan bagi para admin untuk merancang dan menjalankan kemampuan AI khusus bagi karyawan mereka, dengan akses ke kumpulan perangkat lunak yang komprehensif, serta sejumlah template siap pakai untuk berbagai alur kerja. Selain itu, admin juga dapat menghubungkan sistem perusahaan dengan agen pihak ketiga yang sudah ada dan menggunakan protokol Agent2Agent (A2A) untuk menyelesaikan pekerjaan lintas aplikasi.

Fitur AI Companion 3.0 diperkirakan akan tersedia untuk publik pada November 2025, tanpa biaya tambahan untuk pengguna akun Zoom Workplace berbayar. Fitur tambahan Custom AI Companion tersedia dengan harga $12 per bulan untuk setiap pengguna. 

Zoom Business Services Tingkatkan Kualitas Pengalaman Pelanggan dan Karyawan

Zoom berkomitmen untuk mendukung bisnis, tak hanya dalam hal kolaborasi, tetapi juga melalui beragam inovasi terbaru pada Customer Experience (CX) dan Zoom Virtual Agent (ZVA)—termasuk fitur-fitur berbasis AI yang membantu meningkatkan kinerja agen, meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan, dan memberi pimpinan wawasan yang bisa langsung ditindaklanjuti.

Beragam inovasi CX yang diumumkan pada acara Zoomtopia mencakup kemampuan untuk mengotomatisasi pekerjaan agen dengan Agentic AI Expert Assist, menggali informasi dari data pelanggan melalui CX Insight, dan memperluas pengawasan terhadap mutu interaksi pelanggan dengan agen virtual. Selain itu, Zoom memperkenalkan fitur “bring your own voice” pada ZVA, sehingga perusahaan dapat menciptakan pengalaman interaksi dengan pelanggan yang lebih konsisten dan sesuai dengan karakter perusahaan.

Zoom juga membawa kekuatan agentic AI ke tahap awal perjalanan pengalaman pelanggan. Melalui Zoom Revenue Accelerator (ZRA), tim sales bisa mengandalkan kemampuan AI untuk menangani pekerjaan berat seperti mencari calon pelanggan (prospecting), menghubungi calon pelanggan (follow-up), dan menjadwalkan pertemuan dengan calon pelanggan. Fitur agentic prospecting baru di ZRA dapat memindai daftar acara atau sumber leads lainnya, mengidentifikasi calon pelanggan dengan cerdas, lalu memulai komunikasi personal dengan calon pelanggan lewat email, SMS, serta membantu menjadwalkan pertemuan pertama.

Kunjungi ruang berita Zoom untuk informasi lebih lanjut tentang inovasi terbaru dari Zoom Business Services.

Related posts

Leave a Reply