Zoom Luncurkan Kemampuan Agentic AI untuk Zoom AI Companion

  • Kemampuan ‘agen’ pada Zoom AI Companion tersedia di seluruh platform Zoom. Kemampuan ini menggunakan logika dan informasi yang tersedia untuk mengambil tindakan dan mengatur pelaksanaan tugas, melakukan percakapan mandiri, membuat agen untuk tujuan khusus, dan sebagainya. 
  • Zoom mengumumkan lebih dari 45 inovasi baru untuk membantu pengguna menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan mempererat relasi dengan sesama, seperti pembaruan AI pada Zoom Meetings, Zoom Phone, Zoom Team Chat, Zoom Docs, dan Zoom Contact Center.
  • Zoom meluncurkan beberapa inovasi baru untuk meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan (Customer Experience – CX), seperti penyempurnaan pada fitur chat dan peluncuran fitur suara untuk Zoom Virtual Agent, kemampuan AI intent routing, dan Advanced Quality Management.  

Jakarta, 18 Maret 2025 — Hari ini, Zoom Communications, Inc. (NASDAQ: ZM) meluncurkan kemampuan agentic pada platformnya, sebuah pengembangan baru yang memungkinkan AI Companion bertindak sebagai “agen” untuk fitur-fitur seperti  Zoom Meetings, Zoom Team Chat, Zoom Docs, Zoom Phone, Zoom Whiteboard, Zoom Contact Center, dan produk lain yang dirancang khusus untuk pelanggan bisnis. 

Pengembangan teknologi kecerdasan buatan (AI) selama ini banyak bergantung pada Large Language Models (LLMs) yang memiliki kemampuan luar biasa dalam menjawab “prompt” pengguna yang kemudian menghasilkan berbagai respon. Namun, Zoom menempuh jalur pengembangan AI “agentic” berbasis Small Language Models (SLM) dalam fitur AI Companion mereka. SLM mengandalkan data pelatihan dan parameter yang lebih terfokus, sehingga memiliki kemampuan yang sama dengan LLMs, tetapi lebih ringan dan efisien. Dengan kemampuan “agentic AI”, Zoom AI Companion kini dapat bertindak sebagai agen, yang tidak hanya sekedar menjadi asisten pintar, tetapi menjadi perpanjangan tangan dalam menjalankan berbagai tugas dalam sebuah platform.

Read More

“AI Companion berevolusi dari sebuah asisten menjadi agen, sebuah terobosan besar tentang bagaimana AI dapat meningkatkan produktivitas dan kolaborasi di lingkungan kerja,” kata Chief Product Officer Zoom, Smita Hashim. “Kami terus memberikan nilai tambah bagi para pelanggan lewat kehadiran agen AI dan kemampuan ‘agentic’ yang dapat menyelesaikan masalah mereka, membantu mereka terhubung, berkolaborasi, serta hal lainnya hanya dalam platform Zoom yang dipercaya dan dicintai pengguna kami,” katanya.

Chief Information Officer Saint Leo University, Steven Carrol, mengatakan pihaknya telah menggunakan Zoom AI Companion sejak awal diluncurkan, sekaligus menjadi saksi bagaimana teknologi ini mampu mengubah kegiatan akademik dan administratif di kampusnya. “Teknologi ini tidak hanya memberikan efisiensi, tetapi juga memungkinkan para staf kami menghemat waktu dari tugas-tugas manual. Mereka jadi memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan kolaborasi yang bermakna, serta lebih fokus pada tugas utama kami, yaitu mendukung pembelajaran para mahasiswa,” tutupnya.

Zoom Workplace for Education Teaching

Agen Berbasis AI pada Zoom AI Companion 

Zoom mengembangkan fitur AI Companion di seluruh platformnya dengan menghadirkan kemampuan AI agentic, yaitu sebagai agen, dan beragam model AI untuk memberikan hasil kerja yang berkualitas tinggi, membantu pengguna meningkatkan produktivitas, dan mempererat relasi pengguna.

  • AI Companion membantu pengguna menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan mewakili pengguna untuk melaksanakan tindakan tertentu, serta mengatur beberapa tindakan sekaligus. Asisten AI ini dibekali dengan pengetahuan untuk memilih kemampuan dan agen AI mana yang cocok untuk setiap tindakan. Menggunakan logika dan daya ingat, AI Companion mampu mengambil keputusan, memecahkan masalah yang rumit, sembari terus belajar, serta mengatur dan menyelesaikan berbagai tindakan.
  • Kemampuan agentic baru ini juga mencakup pengaturan agenda, sehingga AI Companion bisa membantu menjadwalkan rapat dan menemukan waktu yang cocok untuk semua anggota tim, menghasilkan klip dengan cepat, membantu proses pembuatan dokumen, dan lainnya. 
  • AI Companion juga dapat berperan sebagai agen dengan kemampuan khusus, sesuai dengan kebutuhan Zoom Business Services – produk-produk Zoom yang dirancang untuk kebutuhan bisnis tertentu. Sebagai contoh:
  • Untuk menyediakan layanan mandiri (self service) bagi pelanggan, Zoom Virtual Agent akan memberikan percakapan yang penuh empati dan sesuai konteks untuk menyelesaikan permasalahan pelanggan, menggunakan logika dan daya ingatnya.
  • Pengguna bisa menciptakan dan menggunakan agen virtual sesuai kebutuhan menggunakan AI Studio (fitur ini akan tersedia dalam versi beta di musim semi 2025)
  • Dalam beberapa bulan ke depan, pengguna Zoom Revenue Accelerator akan dapat memanfaatkan agen AI Companion dengan kemampuan yang disesuaikan untuk membantu penjualan dan meningkatkan pendapatan. Agen AI ini akan mampu menganalisis informasi secara otomatis, serta menjangkau dan memprospek calon pelanggan dengan lebih personal.
  • Dengan platform terbuka Zoom, para pengguna akan bisa berinteraksi dengan agen berbasis AI dari pihak ketiga, seperti ServiceNow AI Agents. Pengguna juga dapat membuat agen dengan keahlian tertentu (custom agents), seperti agen untuk menyederhanakan proses RFP (Request For Proposal) pada tim penjualan, atau proses meminta bantuan tim IT dan HRD. AI Companion akan mengetahui kapan harus bekerja sama dengan agen pihak ketiga dan custom agents tersebut untuk mengambil tindakan dan menyelesaikan tugas.

Fitur tambahan Custom AI Companion tersebut akan memudahkan perusahaan untuk memodifikasi asisten AI Companion sesuai kebutuhan dengan menggunakan AI Studio.

  • Perusahaan bisa membuat format rapat dan kamus berisi kosakata yang sesuai dengan industri mereka; memadukan informasi dari sumber data perusahaan (termasuk informasi dari aplikasi pihak ketiga yang terintegrasi dengan Zoom); serta menggunakan AI Studio untuk menambah pemahaman dan kemampuan AI Companion dalam menyelesaikan berbagai tugas.
  • Pengguna bisa menggunakan pelatih digital pribadi berbasis AI (personal AI coach) dan format ringkasan rapat sesuai dengan industri atau situasi tertentu, seperti rapat tatap muka, interaksi dengan pelanggan, atau sesi brainstorming
  • Pengguna juga akan bisa mengakses Custom Avatars pada Zoom Clips. Dengan menggunakan avatar yang dihasilkan oleh AI, pengguna bisa mengurangi pengambilan gambar berulang. Avatar dapat disesuaikan dengan skrip yang dibuat oleh pengguna. Custom Avatar akan tersedia sebagai fitur tambahan dalam Custom AI Companion dan dapat dibeli secara terpisah.
  • Fitur tambahan Custom AI Companion akan tersedia di bulan April 2025 seharga USD 12 per bulan untuk satu akun (sementara fitur pelatih pribadi berbasis AI akan tersedia di bulan Juni 2025).

Sebagai hasil dari pendekatan terpadu (federated approach) Zoom terhadap AI, fitur Custom AI Companion akan menggabungkan Small Language Models (SLM) dengan LLM pihak ketiga untuk menghadirkan kinerja terbaik dan hemat biaya bagi perusahaan masa kini. SLM Zoom yang baru dilatih menggunakan data dari beragam bahasa, dioptimalkan untuk mengerjakan tugas-tugas yang rumit, dan disiapkan untuk memfasilitasi kolaborasi beberapa agen sekaligus.

Tuntaskan berbagai hal dengan AI Companion

AI Companion Live Notes and Meeting Agendas

Dengan kemampuan agentic ini, AI Companion dapat membantu menyelesaikan lebih banyak pekerjaan, mengidentifikasi dan menjalankan tugas, mengatur jadwal rapat, dan lain-lain. Kemampuan agentic pada AI Companion ini tersedia di seluruh platform untuk mengurangi pengguna melakukan tugas-tugas manual, sehingga mereka bisa fokus pada tugas yang lebih penting.

  • Zoom Tasks, yang dilengkapi dengan AI Companion, akan membantu pengguna menampilkan, menyelesaikan, dan mengatur tugas-tugas mereka di seluruh Zoom Workplace. Zoom Tasks akan otomatis mendeteksi setiap tugas yang ada dalam hasil ringkasan rapat, obrolan, dan email, serta menjadwalkan rapat dan membuat dokumen berdasarkan hasil diskusi rapat. Zoom Tasks akan muncul pada tab baru di Zoom Workplace dan dapat disematkan ke dalam Zoom Doc untuk membuat tempat penyimpanan, sehingga pengguna bisa memantau tugas pribadi, tim, dan proyek dengan lebih mudahi. Zoom Tasks akan hadir di akhir bulan Maret.  
  • Agenda rapat yang dilengkapi AI Companion akan membantu pengguna tetap terorganisir dengan menyajikan informasi menggunakan format rapat yang ada atau pun agenda terbaru. Host dapat memasang timer untuk tiap topik pembahasan, agar rapat berjalan tepat waktu. Host juga bisa menerima notulensi dari AI selama rapat berlangsung. Setelah rapat, host dapat membagikan rangkuman dan daftar tugas kepada tim dengan mudah. Fitur ini akan tersedia pada bulan Mei.
  • Live notes untuk Zoom Meetings dan Zoom Phone dapat memberikan ringkasan secara real-time selama rapat atau panggilan berlangsung. Hal ini memudahkan pengguna untuk mengikuti jalannya percakapan dan diskusi, fokus pada materi rapat, dan memantau informasi terkini secara langsung. Fitur ini akan tersedia pada bulan Mei.
  • AI Companion pada Zoom Phone kini dapat membuat ringkasan pesan suara (voicemail) dan tersedia untuk panggilan telepon Zoom Phone dalam Microsoft Teams. AI Companion juga dapat mengidentifikasi tugas berdasarkan pesan suara tersebut. 
  • Dilengkapi dengan AI Companion, fitur perekam suara baru pada aplikasi mobile Zoom Workplace akan memudahkan pengguna untuk fokus berkomunikasi tanpa sibuk mencatat. Fitur ini dapat mencatat, meringkas, dan mengidentifikasi tugas, serta membuat rekaman suara berkualitas tinggi untuk percakapan tatap muka. Fitur ini akan tersedia pada akhir Maret.
  • AI Companion untuk Workspace Reservation akan menampilkan jadwal rekan kerja yang berada di kantor, merekomendasikan jadwal kehadiran di kantor untuk pengguna berdasarkan jadwal rekan kerja lainnya, dan membantu reservasi meja atau ruang kerja (Zoom Room). Fitur ini akan tersedia di bulan Mei.

AI Companion bantu pengguna bekerja dengan optimal dan mencapai hasil terbaik

Dengan bantuan penulisan dari AI Companion, Zoom Docs membantu pekerja menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan lebih efisien, serta memperoleh informasi (baik secara internal maupun eksternal) untuk meningkatkan produktivitas dan menyederhanakan proses kerja.

  • Kemampuan AI Companion pada Zoom Docs akan dilengkapi dengan referensi dan kueri (queries) yang lebih canggih untuk membantu pengguna menghasilkan dokumen berkualitas dengan menyusun kerangka tulisan sesuai konteks, serta mengumpulkan informasi internal maupun eksternal ke dalam dokumen. Pembaruan ini akan hadir pada bulan Juni.  
  • Pengguna bisa meminta AI Companion untuk mengubah format ringkasan rapat ke dalam bentuk tabel, serta memberi label atau mengkategorikan informasi agar lebih mudah dipahami. Pembaruan ini akan hadir di bulan Juli.

Zoom juga mengumumkan kehadiran Zoom Drive, pusat penyimpanan untuk dokumen kerja seperti Zoom Docs, yang memudahkan pengguna untuk menemukan dan mengakses dokumen dari seluruh Zoom Workplace. Zoom Drive akan hadir pada bulan Mei. 

Zoom AI Companion akan tetap tersedia tanpa biaya tambahan bagi akun Zoom yang telah berlangganan. Namun, beberapa fitur khusus AI Companion, custom agents, dan integrasi dengan agen pihak ketiga mungkin akan dikenakan biaya tambahan atau memiliki harga terpisah. 

Kunjungi ruang berita Zoom untuk informasi lebih lanjut tentang pendekatan Zoom dalam mengembangkan Agentic AI dan pembaruan Zoom Workplace. 

Bangun relasi kerja yang lebih erat dengan Zoom Business Services

Rangkaian Zoom Business Services untuk bidang pemasaran, customer care, dan penjualan sudah dilengkapi dengan solusi berbasis AI yang terintegrasi ke dalam Zoom Workplace. Zoom Business Services dirancang untuk membantu pekerja yang berinteraksi langsung dengan pelanggan agar dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan kualitas pengalaman pelanggan. 

Pengalaman Pelanggan di Zoom

Zoom menghadirkan kemampuan agentic AI ke dalam Zoom Contact Center dengan agen berbasis AI yang disesuaikan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, mendukung tim customer service, dan meningkatkan kualitas interaksi mandiri dengan pelanggan sembari mempertahankan elemen manusia ke dalam percakapan.

  • Teknologi AI generatif yang dilengkapi dengan kemampuan agentic AI akan menghadirkan evolusi layanan self-service di masa mendatang. Zoom Virtual Agent akan tersedia dalam lebih banyak bahasa, dapat menangani pertanyaan yang lebih rumit, dan mewakili pelanggan dalam mengerjakan sejumlah tindakan. Zoom Virtual Agent akan tersedia pada channel suara dan chat menghadirkan kelancara layanan yang selalu tersedia. Fitur ini akan tersedia dalam versi beta untuk pelanggan yang memenuhi syarat pada musim semi tahun ini.
  • AI-intent routing akan mengarahkan pelanggan pada agen yang paling tepat berdasarkan identifikasi kebutuhan pelanggan secara real-time. Kemampuan ini akan hadir pada akhir Maret
  • Dengan Advanced Quality Management, tim layanan pelanggan akan dapat mengakses Auto Quality Management untuk melakukan penilaian otomatis secara menyeluruh terhadap interaksi pelanggan menggunakan AI, dan Ask Quality Management bagi para supervisor yang ingin meminta transkrip percakapan stafnya dengan pelanggan melalui tampilan chat. Advanced Quality Management akan hadir pada bulan Mei. 

Kunjungi ruang berita Zoom untuk informasi lebih lengkap tentang Zoom Business Services, termasuk berita tentang Zoom Revenue Accelerator dan Zoom Events.

Zoom hadirkan solusi berkualitas yang cocok untuk kebutuhan tiap industri

  • Zoom Workplace for Frontline merupakan solusi mobile berbasis AI Companion yang dirancang untuk kebutuhan spesifik, yakni sebagai perangkat kerja bagi para pekerja frontline untuk saling berkomunikasi dengan efektif saat sedang bertugas. Produk ini akan hadir pada bulan April.
  • Zoom Workplace for Clinicians dirancang untuk menyederhanakan proses kerja di bidang kesehatan. Para dokter, perawat, dan tenaga kesehatan lain dapat menghemat waktu yang biasanya dihabiskan untuk melakukan pekerjaan administratif, sehingga mereka bisa menggunakan waktunya untuk merawat dan berkomunikasi dengan pasien. Zoom Workplace for Clinicians dapat otomatis menampilkan catatan kesehatan berdasarkan interaksi di dalam kantor maupun konsultasi virtual melalui Zoom, sehingga dokter bisa lebih fokus dalam perawatan pasien. Produk ini akan hadir pada bulan Maret.
  • Zoom Workplace for Education dapat meringkas sesi kelas dan menyertakan materi pendukung menggunakan AI Companion. Hasil ringkasan ini dapat digunakan oleh para guru atau dosen untuk memberikan tugas, serta dapat digunakan oleh para pelajar sebagai bahan belajar. Para pelajar juga bisa dapat menambahkan komentar, reaksi, dan highlights pada catatan kelas mereka menggunakan fitur live notes, sehingga mereka bisa lebih fokus menyimak kelas. Produk akan hadir di bulan Mei. 
  • Program sertifikasi perangkat keras dari Zoom tengah mengembangkan beragam solusi untuk mendukung berbagai industri di awal bulan April:
    • Untuk bidang edukasi, Zoom akan menghadirkan fitur select document cameras ke dalam sertifikasi perangkat kerasnya. Fitur ini dapat mengidentifikasi dokumen atau obyek dalam tabel, serta membagikannya dalam rapat atau kelas virtual di Zoom.
    • Untuk bidang kesehatan, Zoom akan melengkapi sertifikasi untuk kemampuan penggunaan kamera dalam kamar pasien, sehingga memudahkan pemantauan pasien dari jarak jauh.

Beberapa produk dan fitur mungkin belum hadir di semua negara maupun industri.

Related posts

Leave a Reply