Terbukti, Survei Gaming HP Menunjukkan Orang Indonesia Bermain Game untuk Mengurangi Stres

OMEN 16 - Mica Silver - 2
OMEN 16 – Mica Silver – 2

Seremonia.id – HP Indonesia merilis hasil survei gaming global HP. Survei yang dirancang untuk memahami pengaruh pandemi terhadap kebiasaan dan persepsi terhadap gaming ini menunjukkan bahwa orang-orang di seluruh dunia kini bermain game untuk menjaga kesehatan mental, berinteraksi dengan orang lain, dan meningkatkan kemampuan diri. Terlebih, sebanyak 95% gamer Indonesia mengaku, mereka menghabiskan lebih banyak waktu bermain game selama pandemi, jauh lebih tinggi dari data global yang hanya sebesar 69%.

Seiring dengan meningkatnya waktu bermain game, survei tersebut juga menunjukkan 4 dari 5 orang di Indonesia memiliki persepsi yang lebih positif terhadap gaming. Responden mengungkapkan bahwa bermain game telah membantu mereka untuk mengurangi stres, membuat mood atau suasana hati lebih baik, dan melupakan kekhawatiran mereka.

Gaming juga memungkinkan para gamer untuk berinteraksi dan menjalin hubungan dengan teman, keluarga, bahkan orang-orang lainnya walau terpisah secara fisik selama pandemi. Selain itu, responden Indonesia juga menyukai interaksi dan kedekatan yang terbangun dari bermain game main game sebagai dua aktivitas teratas vana mereka lakukan bersama keluarga. Komunitas gaming global secara umum telah menjadi lebih inklusif, dengan 84% setuju bahwa gaming adalah aktivitas yang terbuka untuk segala usia dan 77% untuk semua gender.

Gamer selalu mencari cara yang lebih baik untuk berkompetisi dengan gamer lain di seluruh dunia dan terhubung dengan komunitasnya. Sebanyak 42% gamer Indonesia mengatakan mereka ingin menjadi bagian dari komunitas gaming dan 54% mencari cara yang lebih mudah untuk berinteraksi dengan sesama gamer. Ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata global, di mana hanya 24% yang mencari cara untuk menjadi bagian dari komunitas gaming dan 27% mencari cara untuk berinteraksi lebih mudah dengan gamer lain.

Baca juga  Kementerian PUPR Tawarkan Teknologi RISHA ke Pengembang Perumahan

“HP percaya bahwa ‘progress’ atau perubahan dan pertumbuhan yang konstan adalah budaya gaming yang sesungguhnya. Kami melihat peluang untuk meningkatkan pengalaman bermain game dengan menggandeng komunitas dan melalui insight yang kami dapat dari hasil survei. Hal ini semakin mendorong kami untuk lebih memberdayakan para gamer agar lebih inklusif, tetapi terhubung satu sama lain, dan berkembang bersama dengan ekosistem gaming dan aktivitas lokal kami yang kuat,” kata Edo Jonathan Chandra, Market Development Manager. HP Indonesia.

HP berkolaborasi dengan pro-players, game caster, dan content creators seperti Kevin ‘XCcurate’ Susanto, Donna Visca, Dyland Pros, Benny Moza, Nabbsky, serta EVOS Funi untuk mengajak semua gamer berbagi dan menghargai pengalaman kekalahan mereka bermain game sebagai bagian dari perjalanan mereka untuk berkembang.

Bertemakan ‘Thank Your Losses’, para influencer berbagi pengalaman mereka sendiri yang mendorong mereka untuk belajar dan menjadi lebih baik dalam bidang masing-masing. HP bertujuan untuk memberdayakan para gamer melalui teknologi yang powerful, inspirasi dari sesama gamer, dan berbagai kesempatan untuk meningkatkan skill selagi mereka bersiap untuk melakukan comeback dari kekalahan.

Baca juga  Perkenalkan! Produk Berlisensi Honeywell Resmi Tiba di Indonesia oleh Secure Connection

“Saya melihat kekalahan sebagai kesempatan untuk berkembang. Dengan menganalisis setiap kekalahan, saya belajar untuk lebih agile dan dapat bermain lebih baik lagi. Selain itu, menang atau comeback setelah sebelumnya kalah itu rasanya puas banget,” ujar Kevin ‘XCcurate’ Susanto.

Hampir 50% gamer Indonesia menginginkan akses yang lebih mudah ke sumber daya untuk meningkatkan gameplay mereka. HP berinovasi untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang unik dan terus berkembang melalui ekosistem hardware, peripheral, display, software, dan layanan gaming yang kuat. Portofolio gaming terbaru HP mencakup:

OMEN 16 - Mica Silver
OMEN 16 – Mica Silver
  • OMEN by HP 16 Laptop – Dirancang dengan fitur tercanggih untuk para gamer masa kini untuk memungkinkan pengalaman gaming pada pengaturan maksimal. OMEN dilengkapi dengan komponen dan fitur paling canggih yang memungkinkan pengalaman gaming luar biasa untuk mendukung gamer meningkatkan skill dan mendobrak batasan.
OMEN 45L
OMEN 45L
  • The OMEN by HP 45L Gaming Desktop – Dibuat untuk menghadirkan pengalaman bermain game paling nyaman dengan sistem pendingin yang sudah dipatenkan. OMEN by HP 45L Gaming Desktop sangat cocok untuk hardcore gamer yang menginginkan performa tinggi dan keleluasan upgrade sesuai dengan kebutuhan gaming mereka.
Victus 16 - Ceramic White
Victus 16 – Ceramic White
  • Victus by HP 16 Laptop – Laptop ini dibangun dengan DNA OMEN untuk memperkenalkan pengalaman gaming yang terjangkau namun tetap luar biasa. Victus by HP dirancang untuk merek yang baru mulai bermain game atau gamer kasual, sambil tetap memberikan performa memuaskan.
Baca juga  Andalin Berkolaborasi Dengan Investree Guna Tawarkan Invoice Financing untuk Klien
Victus 16 - Ceramic White
Victus 16 – Ceramic White
  • Semua portofolio gaming HP sudah dilengkapi dengan OMEN Gaming Hub, dashboard gaming kelas atas dengan fitur-fitur yang akan membantu para gamer meningkatkan gameplay mereka. Gamer dapat memprioritaskan bandwidth jaringan, menyesuaikan pengaturan kinerja, dan opsi pencahayaan sesuai preferensi untuk memungkinkan pengalaman bermain game yang lebih baik dan dipersonalisasi.

Semua inovasi game HP tersedia di HP Store. Kunjungi Instagram HP Indonesia untuk mengikuti cerita “Thank Your Losses” para influencer dan aktivitas lainnya.

Tentang Survei Gaming Global HP

Survei Global Gaming HP dilakukan di 13 negara dengan 1,000+ responden di setiap negara pada Oktober 2021. Negara-negara Asia Pasifik meliputi Indonesia, Australia, Jepang, Korea Selatan, Selandia Baru, dan Singapura Survei ini dirancang untuk memahami dampak COVID-19 pada kebiasaan bermain game serta memahami persepsi dan stigma seputar gaming pada gamerdan non-gamer. Beberapa area yang diobservasi secara khusus dalam survei ini termasuk waktu yang dihabiskan untuk bermain game selama pandemi, motivasi utama untuk bermain game, kebutuhan gamer saat ini, dan persepsi tentang game.