Produsen global produk kesehatan dan kebersihan konsumen manfaatkan layanan GrabAds untuk tingkatkan brand awareness dan penjualan di kategori Kesehatan, Kebersihan, dan Nutrisi lewat strategi marketing dan promosi digital
Jakarta, 11 Desember 2024 – Reckitt, produsen global produk kesehatan, kebersihan, dan nutrisi konsumen menggandeng GrabAds, solusi periklanan dari Grab, untuk tingkatkan brand awareness dan penjualan di kawasan Asia Tenggara. Sejumlah brand Reckitt di kategori Kesehatan, Kebersihan, dan Nutrisi seperti Dettol, Enfagrow, Strepsils, serta Gaviscon, bekerja sama dengan GrabAds untuk mengembangkan kampanye iklan di Singapura, Malaysia, Indonesia, Thailand, Vietnam dan Filipina. Dengan memanfaatkan keunggulan retail media network (RMN) GrabAds, kemitraan ini akan membantu brand milik Reckitt membidik konsumen yang potensial sehingga lebih tepat sasaran, serta memanfaatkan ekosistem online-to-offline (O2O) Grab seperti GrabMart dan jaringan Mitra Pengirimannya untuk mengirimkan berbagai produk Reckitt ke konsumen secara cepat.
Kampanye ini akan menggunakan strategi full-funnel dari ekosistem GrabAds sehingga visibilitas brand lebih optimal dalam mendorong penjualan di berbagai tahap perjalanan konsumen, mulai dari pencarian, pembelian hingga pengiriman produk. Strategi ini juga mencakup penggunaan informasi terkait preferensi konsumen yang relevan dan iklan yang ditempatkan di platform Grab seperti native ads dan search ads. Sebagai bagian dari proyek uji coba, sejumlah brand milik Reckitt dapat mengakses hasil iklan kampanye secara real-time guna mengoptimalkan kata kunci pencarian dan kinerja kampanye secara keseluruhan.
“Kemitraan strategis ini selaras dengan prioritas utama kami yang berfokus pada konsumen. Produk-produk Reckitt dari Dettol, Enfagrow, Strepsils, dan Gaviscon kini akan semakin mudah dijangkau lewat aplikasi Grab. Untuk menangkap peluang pertumbuhan baru, kami yakin solusi dari GrabAds dapat membantu kami membidik konsumen agar lebih tepat sasaran dan memperluas jangkauan brand. Kami antusias untuk meraih kesuksesan dan menjalankan inisiatif lainnya bersama dengan Grab di masa depan,” ujar Ashleen Ngion, Regional eCommerce Director (ASEAN, Jepang, dan Korea), Reckitt.
Kini, semakin banyak brand kategori fast-moving consumer goods (FMCG) seperti Reckitt yang beralih ke retail media network (RMN) untuk mengembangkan bisnis mereka berkat beragam keunggulan yang ditawarkan seperti informasi yang mendalam tentang preferensi konsumen, hingga kemampuan untuk menampilkan iklan yang relevan dan menerapkan strategi kampanye omnichannel di waktu yang tepat. Hal ini didukung data dari studi terbaru GrabAds bersama Kantar dimana pengeluaran iklan RMN di Asia Tenggara diproyeksikan mencapai US$4,7 miliar pada 2030. Dengan mengintegrasikan RMN ke dalam strategi medianya maka brand dapat berinteraksi lebih efektif dan efisien dengan konsumen mereka, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan bisnis. Studi Kantar yang sama juga menunjukkan 61% konsumen di Asia Tenggara lebih memilih produk dan layanan yang bisa memahami kebutuhan mereka dan 2 dari 3 konsumen menganggap kemudahan akses terhadap produk yang dibutuhkan memainkan peranan penting dalam tahap keputusan pembelian.
“Kemitraan dengan Reckitt menandakan babak baru bagi GrabAds sebagai kolaborasi perdana dengan brand FMCG di luar kategori makanan. Kerja sama ini ditujukan untuk membantu Reckitt mengoptimalkan strategi marketing digital dan mendorong pertumbuhan di kawasan Asia Tenggara dengan kampanye yang inovatif dan kreatif. Di tengah ketatnya persaingan industri FMCG, pemilik brand dapat memenangkan pasar jika mampu beradaptasi dengan perilaku dan preferensi konsumen yang dinamis, antara lain dengan menyediakan produk yang tengah dibutuhkan dan meningkatkan pengalaman pengantaran hingga sampai ke tangan konsumen,” ungkap Ken Mandel, Regional Managing Director and Head of GrabAds and Enterprise Grab.