Professional Products Division L’oréal Indonesia dan PPPPTK Bisnis Pariwisata Mantapkan Kerjasama Pelatihan Tata Rambut untuk Tingkatkan Kompetensi Pengajar Kecantikan Rambut SMK di Seluruh Indonesia

42

Jakarta, 27 Oktober 2017 – Professional Products Divison (PPD) PT. L’Oréal Indonesia melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Bisnis dan Pariwisata, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, sebagai bentuk komitmen dukungan PPD terhadap program revitalisasi SMK melalui penyediaan program pelatihan dan workshop dalam bidang tata rambut bagi pelatih dan pengajar SMK di Indonesia. Penandatanganan surat kerjasama ini dilakukan oleh Dra. Hj. Djuariati Azhari, M.Pd selaku Kepala PPPPTK Bisnis Pariwisata dan Michael Justisoesetya selaku General Manager Professional Products Division PT. L’Oréal Indonesia, bertempat di kantor pusat pelatihan PPPPTK Bisnis Pariwisata Depok.

“Sebagai divisi yang selalu mengedepankan inovasi, edukasi dan inspirasi, kerjasama yang kami jalin dengan PPPPTK merupakan sebuah realisasi dari program kami yang bertajuk Hairducation. Program ini memiliki dua tujuan, yaitu untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kompetensi pengajar dan siswa SMK dalam bidang tata rambut agar dapat memenuhi kebutuhan industry. Selain itu, kami juga ingin membantu supply tenaga kerja berkualitas bagi salon-salon partner kami di seluruh Indonesia. Dengan peningkatan kompetensi pengajar maka kualifikasi siswa didik dan lulusan SMK akan semakin baik ,sehingga pada akhirnya bisa memenuhi kebutuhan industri”, tutur Michael Justisoesetya, General Manager PPD L’Oréal Indonesia.

Kerjasama PPD L’Oréal Indonesia dan PPPPTK Bisnis Pariwisata mengusung dua pilar kegiatan yaitu penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan industri serta dukungan pelatihan tata rambut bagi pelatih pengajar SMK yaitu Widya Iswara dan pengajar-pengajar SMK yang mengikuti program pelatihan kecantikan rambut di PPPPTK. Dalam menjalankan program Hairducation bersama PPPPTK Bisnis dan Pariwisata, PPD L’Oréal Indonesia menggandeng salah satu lini kecantikan rambut profesional-nya yaitu, L’Oréal Professionnel yang telah menjadi partner terbaik hairdresser-hairdresser papan atas Indonesia. Pelatihan akan dilakukan oleh tim edukasi dan business development L’Oréal Professionnel yang mencakup modul teknik tata rambut, tren gaya rambut dan manajemen salon termasuk digital marketing, soft skills seperti client communication dan pelatihan membuat portofolio. Tidak hanya dalam bentuk teori, namun pelatihan akan lebih menitik beratkan pada aktivitas hands on atau praktek.

“Tahun ini kami akan memfokuskan pelatihan pada teknik tata rambut untuk dua kategori yaitu perawatan rambut dan pewarnaan rambut. Dua servis ini merupakan servis unggulan yang saat ini sangat berkembang dan diminati oleh masyarakat khususnya konsumen salon. Baru setelahnya kami lanjutkan dengan materi teknik lainnya, termasuk manajemen salon. Pelatihan ini akan memberikan wawasan kepada para pelatih dan pengajar di PPPPTK Bisnis Pariwisata akan standar servis dari kami yang saat ini telah menjadi standar servis di salon-salon di seluruh Indonesia”, jelas Satria Bakti, Business Development General Manager PPD L’Oréal Indonesia.

Kerjasama dengan PPPPTK Bisnis Pariwisata merupakan langkah awal bagi PPD L’Oréal Indonesia untuk mendukung kesuksesan program revitalisasi SMK di Indonesia. Ke depannya, PPD akan terus berkomitmen untuk memberikan pelatihan demi mewujudkan lulusan SMK yang memiliki daya saing khususnya di kancah industri tata rambut Indonesia.

“Kami berharap bahwa kami bisa membantu memajukan industri tata rambut Indonesia sekaligus membantu menginspirasi masyarakat akan profesi menjadi penata rambut. Dengan pelatihan yang kami berikan, para pengajar kecantikan rambut di SMK dapat mengembangkan kompetensi mereka sehigga mampu menciptakan hairdresser dan pengusaha salon yang sukses di masa datang”, tutup Michael Justisoesetya.

Tentang Professional Products Division

Professional Products Divison (PPD), divisi khusus L’Oréal Group yang memfokuskan diri pada produk-produk khusus rambut untuk digunakan oleh hairdresser profesional menjadi servis dalam salon yang berkualitas tinggi, telah menghimpun berbagai teknologi dari serapan ilmu pengetahuan sehingga tercipta keindahan yang di dukung teknologi sempurna. Teknologi ini kemudian dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan spesifik servis dalam salon, mulai dari pewarnaan, pelurusan, pengeritingan, hingga penataan dan perawatan khusus. PPD memiliki tiga lini kecantikan rambut profesional yaitu L’Oréal Professionnel, Kérastase Paris dan Matrix Indonesia. Ketiga lini tersebut dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan serta profil penata rambut dan salon yang bervariasi di Indonesia.

Tentang L’Oréal Group

L’Oréal sebagai perusahaan kecantikan terkemuka di dunia, telah mengabdikan dirinya untuk pengembangan segala bentuk kecantikan di dunia selama lebih dari 100 tahun melalui portfolio unik yang terdiri dari 34 brand internasional yang berbeda dan saling melengkapi. Dengan penjualan sebesar 25,84 milyar Euro di tahun 2016, L’Oréal mempekerjakan 89.300 karyawan di seluruh dunia.

Di Indonesia, L’Oréal hadir sejak tahun 1979 dan dikelola melalui dua entitas hukum yaitu: PT L’Oréal Indonesia, yang menangani aktivitas pemasaran dan distribusi, serta PT Yasulor Indonesia, yang berkonsentrasi di bidang manufaktur. Merek-merek Grup L’Oréal yang hadir di Indonesia termasuk L’Oréal Professionnel; Kerastase Paris; Matrix; L’Oréal Paris; Maybelline New York; Garnier; NYX, Lancôme; Shu Uemura; Yves Saint Laurent; Kiehl’s; Urban Decay; parfum-parfum Giorgio Armani, Ralph Lauren dan Viktor & Rolf; dan The Body Shop yang didistribusikan melalui pihak ketiga.

*Catatan: L’Oréal berasal dari kata l’or atau ‘emas’ dalam bahasa Perancis dan dapat ditulis sebagai berikut: L’ORÉAL atau L’Oréal (dengan huruf O besar).