Qualcomm Datacenter Technologies Mengumumkan Pengiriman Komersial Qualcomm Centriq2400

29

San Diego – 8 November 2017 – Pada sebuah konferensi pers yang diadakan hari ini di San Jose, California, Qualcomm Datacenter Technologies, Inc., anak perusahaan Qualcomm Incorporated, secara resmi mengumumkan pengiriman komersial dari seri prosesor server 10 nanometer pertama di dunia: keluarga prosesor Qualcomm Centriq™ 2400. Keluarga prosesor Qualcomm Centriq 2400 adalah seri prosesor berbasis Arm berkinerja tinggi pertama yang dirancang untuk menawarkan kinerja throughput yang luar biasa untuk beban kerja cloud yang berada di pusat data zaman kini. Dibangun untuk cloud, keluarga prosesor server Qualcomm Centriq 2400 memberikan kinerja per watt dan kinerja per dolar yang luar biasa.

“Pengumuman hari ini menandai pencapaian penting dan puncak pencapaian atas usaha yang dilakukan selama lebih dari empat tahun dari segi desain, upaya pengembangan dan pemberdayaan ekosistem yang intens” kata Anand Chandrasekher, Wakil Presiden Senior dan Manajer Umum Qualcomm Datacenter Technologies. “Kami telah merancang prosesor server berbasis Arm yang paling canggih di dunia yang memberikan kinerja tinggi dan ditambah dengan efisiensi energi tertinggi, yang memungkinkan pelanggan kami mewujudkan penghematan biaya yang signifikan.”

Spesifikasi teknis keluarga Prosesor Qualcomm Centriq 2400

Keluarga prosesor Qualcomm Centriq 2400 adalah solusi platform chip tunggal yang dibangun menggunakan proses FinFET 10 nanometer dari Samsung dengan 18 miliar transistor pada ruang hanya sebesar 398mm2 . Komponen tersebut memiliki hingga 48 64-bit single-thread cores dengan performa tinggi yang berkerja pada frekuensi hingga 2,6 GHz. Core tersebut saling terhubung dengan ring bus tersegmentasi dua arah dengan bandwidth agregat 250GBps untuk menghindari kemacetan kinerja pada saat beban penuh. Untuk memaksimalkan kinerja dalam berbagai jenis penggunaan, setiap dua core memiliki 512KB shared L2 cache, dan 60MB cache L3 terpadu yang didistribusikan pada die (lempeng mikroprosesor). Terdapat juga 6 kanal memori DDR4 dan dapat mendukung kapasitas DRAM 768 GB dengan 32 jalur PCIe Gen3 dan 6 PCIe controller. Keluarga prosesor Qualcomm Centriq 2400 juga mendukung lingkungan operasi Arm TrustZone yang aman, dan mendukung hypervisor untuk virtualisasi. Qualcomm Centriq 2400 mampu mencapai performa luar biasa dengan mengkonsumsi daya kurang dari 120 watt.

Dengan daftar harga $1.995, prosesor Qualcomm Centriq 2460 48 core menawarkan kinerja empat kali (4X) lebih baik per dolar dan 45% kinerja per watt yang lebih baik dibandingkan prosesor performa tertinggi Intel Skylake, yaitu Intel Xeon Platinum 81801 .

Sejumlah penyedia layanan cloud dan perusahaan teknologi berpartisipasi dalam acara peluncuran dan mendemonstrasikan aplikasi datacenter berbasis Arm yang beroperasi pada seri Qualcomm Centriq 2400. Ini termasuk Alibaba, LinkedIn, Cloudflare, American Megatrends Inc., Arm, Cadence Design Systems Canonical, Chelsio Communications, Excelero, Hewlett Packard Enterprise, Illumina, MariaDB, Mellanox, Microsoft Azure, MongoDB, Netronome, Packet, Red Hat, ScyllaDB, 6WIND, Samsung, Solarflare, Smartcore, SUSE, Synopsys, Uber, dan Xilinx.

Dioptimalkan untuk beban kerja cloud secara umum, keluarga prosesor Qualcomm Centriq 2400 telah dirancang untuk memberikan kinerja throughput untuk aplikasi native cloud dengan thread yang tinggi yang dikembangkan sebagai layanan mikro dan digunakan untuk skala besar. Beberapa aplikasi utama dan jenis penggunaan yang ditunjukkan hari ini meliputi:

• Web front end dengan HipHop Virtual Machine
• Database NoSQL termasuk MongoDB, Varnish, Scylladb
• Orkestrasi dan otomasi cloud termasuk Kubernetes, Docker, metal-as-a-service
• Analisis data termasuk Apache Spark
• Inferensi pembelajaran yang mendalam
• Virtualisasi fungsi jaringan
• Akselerasi video dan pemrosesan gambar
• Multi-core Electronic Design Automation
• Compute Bioinformatics Dengan Throughput Tinggi
• Jaringan Neural Class
• OpenStack Platform
• Scaleout Server SAN dengan NVMe
• Network Offload berbasis server

Kutipan dari Penyedia Layanan Cloud Terkemuka dan Inovator Teknologi

“Alibaba telah berkolaborasi dengan Qualcomm Datacenter Technologies selama beberapa tahun untuk kebutuhan chip server berkinerja tinggi dan hemat daya untuk solusi cloud kami,” kata Weifeng Zhang, Direktur Senior, Alibaba Infrastructure Services, Alibaba Group. “Kami melihat peluang pertumbuhan yang besar untuk keluarga prosesor Qualcomm Centriq 2400 di ekosistem server berbasis Arm yang berkembang di China. Kami sangat antusias untuk bekerjasama dengan Qualcomm Datacenter Technologies untuk mendorong inovasi datacenter di China. ”

Google sangat antusias melihat Qualcomm Datacenter Technologies meluncurkan prosesor Qualcomm Centriq 2400,” kata Bart Sano, Wakil Presiden Platform, Google. “Kami menyambut baik pilihan di ruang desain prosesor untuk pusat data. Pilihan mengarah pada inovasi yang pada akhirnya menguntungkan pengguna kami. Arsitektur dan ekosistem Armv8-A 64-bit sekarang menjadi alternatif yang tepat untuk merancang pusat data skala besar. ”

“Dengan profil kinerja yang sangat efisien, server berbasis Qualcomm Centriq 2400 milik HPE akan memenuhi dan melampaui kebutuhan pelanggan kami di berbagai beban kerja semua dari front-end web dan data analisis, hingga database NoSQL dan cloud telko,” kata Antonio Neri, Presiden Hewlett Packard Enterprise. “Kami akan menyediakan sistem server baru ini kepada pelanggan utama pada awal 2018.”

“Microsoft dan Qualcomm Datacenter Technologies telah membuat kemajuan yang sangat pesat sejak pengumuman bersama kami di Open Compute Project U.S Summit awal tahun ini,” kata Mike Neil, Corporate Vice President, Azure Infrastructure and Management, Microsoft. “Qualcomm Centriq 2400 secara unik cocok untuk beban kerja yang ditemukan pada cloud berskala sangat besar. Kami percaya bahwa Qualcomm Datacenter Technologies memiliki kemampuan untuk memberikan kinerja per watt yang mengubah industri dan biaya total untuk kepemilikan kerja utama kami. ”

“Samsung dan Qualcomm Datacenter Technologies telah memperluas kolaborasi strategis selama satu dekade untuk memproduksi Qualcomm Centriq 2400, prosesor server pertama di dunia yang dibangun di atas teknologi proses FinFET 10 nanometer pertama di industri,” kata ES Jung, President and General Manager, Foundry Business, Samsung Electronics. “Teknologi proses 10nm milik Samsung dengan optimalisasi khusus untuk performa yang tinggi, dikombinasikan dengan kustom desain SoC Qualcomm Datacenter Technologies, memungkinkan kami menghadirkan prosesor server kelas dunia yang akan memperbaharui pasar datacenter.”

Informasi lebih lanjut tentang keluarga prosesor Qualcomm Centriq 2400 serta materi yang disajikan pada acara peluncuran dapat ditemukan di https://www.qualcomm.com/news/releases/2017/11/08/qualcommdatacenter-technologies-announces-commercial-shipment-qualcomm

Tentang Qualcomm

Teknologi-teknologi Qualcomm menggerakkan revolusi ponsel pintar dan menghubungkan milyaran orang. Kami merupakan pionir dari teknologi 3G dan 4G – dan sekarang kami juga memimpin penemuan 5G dan era perangkat cerdas dan terkoneksi. Produk-produk kami merevolusi industri termasuk otomotif, komputasi, IoT, dan kesehatan, dan pusat data serta memungkinkan jutaan perangkat untuk terkoneksi satu sama lain dengan cara yang tidak pernah dapat dibayangkan sebelumnya. Qualcomm Incorporated mencakup bisnis lisensi kami, QTL, dan sebagian besar portofolio paten kami. Qualcomm Technologies, Inc., anak perusahaan dari Qualcomm Incorporated, beroperasi dengan anak perusahaannya, seluruh teknisi, fungsi riset dan pengembangan, dan seluruh bisnis layanan dan produk, termasuk bisnis semikonduktor, QCT. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web Qualcomm, serta akun OnQ blog, Twitter dan Facebook.

Qualcomm Centriq adalah merek dagang Qualcomm Incorporated.
Qualcomm Centriq adalah produk Qualcomm Datacenter Technologies, Inc.