‘Abhimantrana, Upacara Adat Keraton Yogyakarta’: Sebuah Pameran Pelestarian Budaya

Infografis: Instagram @kratonjogja.event

Yogyakarta – Dalam rangka memperingati Mangayubagya Tingalan Jumenengan Dalem (Peringatan Kenaikan Takhta) Sri Sultan Hamengku Bawono X, Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat dengan bangga menyelenggarakan pameran awal tahun yang bertajuk ‘Abhimantrana, Upacara Adat Keraton Yogyakarta’. Pameran ini menjadi ajang khusus yang menampilkan kekayaan upacara adat yang diadakan oleh Keraton Yogyakarta, khususnya yang berkaitan dengan fase daur hidup manusia Jawa, mulai dari kelahiran hingga kematian.

Informasi Umum Pameran

  • Tanggal: 09 Maret 2024 – 25 Agustus 2024
  • Waktu: 08.30 – 14.30 WIB
  • Lokasi: Gd. Sarangbaya, Komplek Kedhaton Kagungan Dalem Museum Keraton Yogyakarta
  • Harga Tiket Masuk (HTM):
    • Wisatawan Domestik: Rp. 15.000,-
    • Wisatawan Mancanegara: Rp. 25.000,-
Baca juga  Ini dia Jazz Gunung Bromo 2023! Meriahkan Event Musik Jazz Etnik di Ketinggian Gunung!

Tentang Pameran

Pameran ‘Abhimantrana’ tidak hanya menampilkan upacara adat sebagai bagian dari tradisi, tetapi juga sebagai sarana pelestarian budaya yang penting. Melalui pameran ini, pengunjung akan diberikan kesempatan untuk membaca dan menafsirkan bagaimana pelestarian budaya dapat dikontekstualisasikan dengan kondisi zaman sekarang, menjadikannya relevan dan bermakna.

Pameran ini dirancang untuk mengedukasi dan memperkaya pengetahuan masyarakat mengenai tradisi dan budaya Jawa, sekaligus memperkuat nilai-nilai kearifan lokal dalam konteks global. Dengan menghadirkan berbagai artefak dan dokumentasi upacara adat, pameran ini menjadi jendela bagi pengunjung untuk melihat lebih dekat kekayaan budaya Keraton Yogyakarta.

Mengikuti Informasi Pameran

Untuk informasi lebih lanjut mengenai agenda pendukung dan kegiatan terkait lainnya, pengunjung diundang untuk mengikuti akun Instagram resmi @kratonjogja dan @kratonjogja.event. Melalui platform media sosial ini, pengunjung dapat terus mendapatkan pembaruan terkini tentang pameran dan kegiatan keraton lainnya.

Baca juga  KIM FESTIVAL: Meriahkan Sorotan Budaya dan Komunitas

Kesimpulan

‘Abhimantrana, Upacara Adat Keraton Yogyakarta’ merupakan kesempatan emas untuk menyelami dunia adat dan tradisi Jawa yang kaya dan penuh makna. Pameran ini menawarkan wawasan mendalam tentang upaya pelestarian budaya dalam menghadapi tantangan zaman. Dengan mengunjungi pameran ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan, tetapi juga menjadi bagian dari upaya pelestarian budaya yang berharga.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi pameran ini dan menjadi saksi hidup dari kekayaan budaya Keraton Yogyakarta.