Lion Air Penerbangan JT-630: Pengalihan Pendaratan dari Jakarta ke Bengkulu ke Palembang Demi Keselamatan Penerbangan, Karena Kondisi Cuaca Kurang Baik di Bengkulu – Penjelasan Lengkap

B E N G K U L U – 08 Mei 2023. Lion Air JT-630, member of Lion Air Group yang mengutamakan keselamatan penerbangan dan kenyamanan penumpang melakukan pengalihan pendaratan (divert) ke Palembang (PLM) pada Senin (08/05) dengan rute Jakarta (CGK) menuju Bengkulu (BKS). Keputusan tersebut diambil oleh pilot berdasarkan kondisi cuaca yang tidak memungkinkan karena jarak pandang yang tidak memungkinkan untuk melakukan pendaratan di Bandar Udara Fatmawati Bengkulu.

Lion Air memberikan informasi secara jelas dan detail kepada seluruh penumpang. Pemberitahuan diberikan dengan menjelaskan alasan pengalihan pendaratan sebagai langkah terbaik untuk mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang.

Lion Air Penerbangan JT-630 dioperasikan menggunakan pesawat Boeing 737-900ER dengan nomor registrasi PK-LHU dan mengangkut 188 penumpang serta 7 (tujuh) kru pesawat. Pesawat mendarat secara normal di Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada pukul 18.44 WIB (GMT+07).

Baca juga  Terus Tingkatkan Performa Jaringan XL Axiata Tegaskan Komitmen Bantu Pemulihan Sulawesi Tengah

Setelah menerima informasi bahwa Bandar Udara Fatmawati Bengkulu sudah dinyatakan aman untuk operasional penerbangan, berdasarkan pemberitahuan dan konfirmasi resmi dari otoritas terkait bahwa kondisi cuaca di Bengkulu sudah membaik dan aman untuk melakukan pendaratan, Lion Air kembali melanjutkan penerbangan dari Palembang ke Bengkulu.

Lion Air JT-630 lepas landas dari Bandar Udara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang pada 19.59 WIB dan sudah mendarat di Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu pada 21.00 WIB.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri