Kisah Sukses Digital Marketing Dealer Mobil

54

Kami dari Komunika Media Internasional ingin bercerita tentang kisah sukses dealer mobil bekas yang mulai memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan usahanya.

Kita sebut dealer mobil ini Jaya ( bukan nama sebenarnya). Dealer mobil jaya ini tadinya hanya mempunyai satu lokasi di bekasi. Mereka seperti dealer mobil yang lain memanfaatkan pemasaran digital melalui website yang ada untuk supermarket mobil seperti mobil123, carmudi, olx dan lain sebagainya. Kemudian usahanyapun mulai berkembang.

Setelah jalan beberapa waktu dengan cara pemasaran digital yang lama, ada satu hal yang menjadi kendala, dealer mobil jaya tidak bisa memetakan pelanggannya, seperti dari mana asal pelanggannya, usia pelanggan yang sering beli mobil, model apa yang paling dicari. Data yang mereka dapat selama ini, dikumpulkan dari pembeli yang datang ke showroom, dirasa masih kurang banyak untuk memberikan hasil yang lebih akurat. Mulailah dealer mobil jaya membuat website, agar data pengunjung bisa kelihatan. Tadinya dealer jaya ragu untuk membuat website, toh mereka sudah bisa berjualan melalui website supermarket mobil yang sudah ada, mengapa harus bikin website sendiri, kan hanya akan buang-buang uang.

Tapi karena data itu penting, dan bisnis memang harus berubah mengikuti tren perkembangan teknologi, mulailah dealer mobil jaya membikin website, memasang google analytic untuk membaca data traffic yang masuk ke website-nya, membikin social media seperti fanpage di facebook dan instagram. Kenapa social media juga dibikin, karena mereka menyadari social media itu penting sebagai salah satu channel penjualan, lalu langkah selanjutnya mengoptimalkan seo on page. Setelah semua dilakukan, dalam beberapa bulan data yang diharapkan akhirnya muncul, seperti contoh gambar dibawah ini :

Website dealer mobil jaya untuk bulan maret kemarin mempunyai traffic sebanyak 6.606 sessions. Dari total traffic tersebut, sebanyak 3% melakukan pembelian dengan melihat website terlebih dahulu, baru kemudian datang ke showroom untuk melakukan down payment (dp) atau pembelian secara cash. Menurut Andre (bukan nama sebenarnya) pemilik dealer mobil jaya, dalam sebulan penjualan mobil di dealer jaya terjual sebanyak 3% dari total traffic session website-nya, sekitar 198 unit. Bila 1 unit mobil terjual memberikan keuntungan sekitar 3 juta rupiah (dan tentunya lebih) maka dealer jaya dalam sebulan mendapatkan keuntungan sebesar 594 juta rupiah. 

Dari traffic website dealer jaya, 2.634 langsung mengetahui website-nya, ini mungkin diperoleh karena pelanggan setia, kemudian dari hasil pencarian lewat google terdapat 1.925 sessions, dari instagram sebanyak 857 sessions. Kekuatan website menghasilkan penjualan yang cukup bagus untuk dealer jaya, meskipun tingkat conversion rate dari traffic per session website yang melakukan pembelian hanya sebesar 3 %.

Lalu bagaimana dealer jaya bisa mengetahui tren mobil mana yang disukai customer ? data ini bisa dilihat lewat google analytics dibawah ini.

Lewat google analytics jumlah pengunjung yang melihat postingan mobil  bisa didetailkan,  postingan mobil mana yang mendapat banyak pengunjung, dari situ dealer jaya mencari stok mobil bekas yang sesuai diinginkan pelanggan. Jadi tidak banyak mobil yang slow moving kata Andre. “kita selalu menyediakan mobil apa yang sedang diinginkan oleh pelanggan, semua didapat dari data google analytics,” ujar Andre.

Cerita diatas merupakan efektivitas digital marketing bila dikerjakan dengan benar, dari mendatangkan traffic membaca data dari google analytics, memaksimalkan social media, dan mengerjakan dengan benar seo on page. Meskipun nama dealer dan pemiliknya fiktif, tapi data bersumber dari cerita nyata klien yang di handle oleh komunika media internasional. Sekarang dealer jaya sudah mempunyai 4 cabang, dan semakin mengoptimalkan penjualannya secara online.

https://komunikamedia.co.id/

jasa search engine optimization, digital agency indonesia, social media marketing indonesia, pengertian seo, tren pemasaran saat ini, metode pemasaran, bagaimana cara kerja pemasaran online, digital marketing agency di jakarta, podcast indonesia, jasa adword, biaya iklan di youtube, jasa seo terbaik di jakarta, google map bisnis, google bisnisku, jasa iklan google, jasa iklan adwords, strategi komunikasi pemasaran, cara menambahkan lokasi di google map, cara membuat artikel, apa itu seo, apa itu google adwords, apa itu hosting, jasa pembuatan web jakarta, langkah langkah membuat artikel, cara iklan di google, cara beriklan di youtube