Jakarta,31 Oktober 2017 – Pertumbuhan populasi pengguna internet yang pesat, dan diprediksi akan mencapai 215 juta orang pada tahun 2020 telah menghadirkan peluang yang besar bagi pengusaha di Indonesia. Termasuk sektor UMKM untuk mengembangkan usahanya dan menambah kontribusi pada perekonomian nasional. Namun baru 9% UMKM yang telah serius memanfaatkan teknologi digital untuk mengembangkan bisnisnya.
Berbagai program pemerintah telah diinisiasi untuk mendorong lebih banyak UMKM memanfaatkan teknologi digital, salah satunya rencana Kominfo untuk memfasilitasi 6 juta UMKM agar go digital pada tahun 2020. Program UMKM Go Digital ini diharapkan dapat menjadi salah satu akselerator pertumbuhan ekonomi nasional dan pengembangan kapasitas perdagangan nasional.
Sebagai bagian dari Ekosistem Ekonomi Digital yang tengah berkembang pesat di tanah air, Lazada menyadari perannya dalam mengedukasi penggunaan teknologi bagi kemajuan UMKM. Sejalan dengan program pemerintah, melalui program #UpGradeUKM, Lazada telah memberikan pelatihan kepada lebih dari 2.000 pelaku usaha di 11 kota di Indonesia selama 2017 ini. Selain program tersebut, Lazada juga menghadirkan berbagai fasilitas dan teknologi pendukung bagi para seller-nya, mulai dari rencana penambahan sejumlah warehouse baru di pelosok negeri, fasilitasi promosi, hingga inovasi sistem terbaru Lazada yang mampu melayani 90 juta pesanan setiap harinya.
“Perkembangan inovasi di era digital ini memberikan banyak kemudahan dan menghadirkan berbagai kesempatan bagi masyarakat Indonesia yang belum pernah ada sebelumnya. Bertumbuhnya usahawan baru yang didukung dengan teknologi yang mumpuni diharapkan dapat meningkatkan daya saing ekosistem industri digital Indonesia dan berkontribusi pada perekonomian nasional. Lazada sebagai salah satu e-commerce besar di tanah air diharapkan mampu menjadi motor perkembangan bisnis-bisnis baru di seluruh Indonesia”, menurut Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
Hal senada diungkapkan oleh Florian Holm, Co-CEO Lazada Indonesia, ”Merupakan komitmen kami untuk menjadi platform e-commerce berbasis teknologi terbaik yang mampu memfasilitasi pertumbuhan seller sekaligus membantu mereka menghadirkan pengalaman berbelanja online yang terbaik bagi para konsumennya. Terobosan terbaru di bidang teknologi bagi para seller dan beragam kemudahan pelayanan berkualitas bagi para konsumen menjadi salah satu bentuk kontribusi kami bagi pertumbuhan ekosistem perekonomian digital di Indonesia”.
Sejalan dengan pembukaan Online Revolution Month pada 11 November, Lazada memberikan kesempatan bagi para seller juga brand untuk memanjakan konsumen dengan menghadirkan serangkaian produk unggulan mulai dari perlengkapan elektronik, kesehatan dan kecantikan, hingga produk-produk fashion terkini dengan diskon spesial dari berbagai bank, terutama bagi para pengguna kartu kredit berlogo visa, yang dapat digabung dengan cicilan. Perayaan Online Revolution tahun ini akan dimeriahkan lebih dari 40.000 seller Lazada, yang terdiri dari UKM dan brand lokal juga internasional yang akan memberikan penawaran yang spesial bagi para konsumen situs belanja Lazada.co.id, antara lain Samsung, L’Oréal, Phillips, Asus, Unilever, Sharp, Danone, P&G, Lenovo, Xiaomi, dan masih banyak lagi.
“Kami sangat bersemangat menyambut datangnya Bulan Online Revolution tahun ini. Ini merupakan momen baik bagi para seller juga brand untuk berpartisipasi dan memanfaatkan lonjakan order yang terjadi setiap tahunnya. Tahun ini kami memiliki berbagai diskon, deals, exclusive launching, flash sales, dan bundle.” Ungkap Achmad Alkatiri, Chief Marketing Officer, Lazada Indonesia. “Kami juga antusias menyambut bergabungnya Ramayana sebagai salah satu brand lokal favorit konsumen Indonesia yang turut hadir dan akan memeriahkan Online Revolution Lazada.” Tambah Achmad.
Sepanjang hari pada tanggal 11.11 nanti, Lazada berharap dapat mencatat rekor penjualan baru, melampaui angka tahun sebelumnya. Lazada selalu berupaya mengembangkan inisiatif baru sebagai bentuk komitmen Lazada untuk terus meningkatkan pengalaman berbelanja online yang aman, mudah dan menarik bagi para konsumennya.
Tentang Lazada
Lazada merupakan destinasi belanja dan berjualan online nomor satu di Asia Tenggara – yang hadir di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Melalui platform marketplace yang didukung oleh berbagai macam layanan pemasaran yang unik, layanan data, dan layanan jasa lain yang disesuaikan, Lazada telah membantu lebih dari 80.000 penjual lokal dan internasional, serta 2.500 brand untuk melayani 560 juta konsumen di kawasan Asia Tenggara. Lazada menghadirkan pengalaman pelanggan terbaik melalui jaringan mitra logistik yang luas dan juga melalui jasa pengiriman first dan last mile milik Lazada.
Lazada Indonesia sendiri telah meraih penghargaan Platinum Award sebagai e-Commerce terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori Business to Customer (B2C) dari idEA pada tahun 2016. Lazada juga memperoleh penghargaan Wow Brand sebagai Brand terbaik untuk e-commerce dari Marketeers pada awal tahun 2017. Pada tahun yang sama, Lazada Indonesia juga didaulat oleh Line sebagai official account dengan kampanye terbaik.
Tentang Online Revolution Lazada
Online Revolution (Revolusi Online) Lazada merupakan ajang belanja online terbesar di Asia Tenggara. Dimulai sejak 12 Desember 2012 (12.12) Lazada memperkenalkan kepada konsumen pada kenyamanan dan nilai lebih dari belanja online, yang memicu munculnya ‘kehebohan berbelanja online’ yang kini menjadi acara tahunan yang sangat dinanti. Dari tahun ketahun semakin banyak konsumen dari berbagai kota dan pelosok negeri memanfaatkan ajang berbelanja terbesar ini untuk mendapatkan berbagai penawaran terbaik dari merek internasional dan lokal yang tidak tersedia sebelumnya.
Tahun ini, Online Revolution (Revolusi Online) akan berlangsung pada 11.11 (11 November) dan 12.12 (12 Desember), khusus Indonesia bertepatan dengan Harbolnas. Dengan tema ‘Diskon Mengguncang Semesta’, pembeli di enam negara dapat menikmati beragam penawaran menarik atas jutaan produk dari seluruh dunia – mulai dari kosmetik, pakaian jadi dan aksesoris fashion, hingga TV dan barang elektronik lainnya, barang kebutuhan rumah tangga hingga makanan hewan.