Lion Air Group dan SWABAJA Bekerjasama Tambahkan 2 Lokasi “RT-PCR Rp 380.000” dan “RDT-ANTIGEN Rp 35.000”

S U R A B A Y A – 15 September 2021. Lion Air (kode penerbangan JT), Wings Air (kode penerbangan IW),  Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group mengumumkan penambahan 2 (dua) lokasi di  Surabaya untuk layanan Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) bertarif Rp 380.000 dan Rp 35.000 untuk Rapid Diagnostic Test Antigen (RDT-ANTIGEN), sebagai uji kesehatan Corona Virus  Disease 2019 (Covid-19)

Penyediaan uji kesehatan RT-PCR dan RDT-ANTIGEN merupakan kerjasama SWABAJA (PT Satu Laboratika  Utama). Lokasi (outlet services) pengambilan sampel mulai melayani Rabu (15/ 09), tersedia di: 

Read More

1) SWABAJA Rumah Sakit RSIA Lombok Dua Dua Lontar

Jalan Raya Lontar No.109, Lontar, Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216 Telp. 0813 5718 5462 

Waktu pelayanan: 

Setiap hari pukul 08.00 – 13.00 WIB 

Libur nasional (buka) tetap melayani pukul 08.00 – 13.00 WIB 

2) SWABAJA Citra Gading Medika

Jalan Brigjend Katamso No.408, Ngeni, Kepuhkiriman, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, Jawa  Timur 61256 

Telp. 0813 5718 5472 

Waktu pelayanan: 

Setiap hari pukul 08.00 – 21.00 WIB 

Libur nasional (buka) tetap melayani pukul 08.00 – 21.00 WIB 

Pengujian sampel dilakukan terpusat di laboratorium C.740 Laboratorium RS Surabaya Medical Service, yang  terafiliasi Kementerian Kesehatan. Hasil pengujian sampel RT-PCR akan keluar rata-rata 12-24 jam. (lihat  pada daftar lampiran – terpisah dari siaran berita ini)

Harapan terbesar pelaksanaan uji kesehatan ini akan mendorong percepatan pemulihan ekonomi melalui  transportasi udara, mendorong tren permintaan angkutan udara (penerbangan).

Persyaratan RDT-ANTIGEN dan RT-PCR Lion Air Group bersama fasilitas kesehatan, sebagai berikut: 1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket pada penerbangan Lion Air Group (Lion Air, Wings  Air dan Batik Air), 

Pembelian tiket (issued ticket) dan informasi perjalanan udara diperoleh melalui: Kantor Pusat dan  Kantor Cabang Penjualan Tiket (Ticketing Town Office) Lion Air Group di seluruh kota di Indonesia;  www.lionair.co.id ; www.batikair.com ; Aplikasi (mobile apps) Lion Air dan Batik Air (pembelian tiket  Wings Air juga bisa melalui website dan aplikasi tersebut); Call center 021-6379 8000 dan 0804-177- 8899; mitra agen perjalanan (tour travel) dan online travel agent (OTA)

  1. Voucher bisa dibeli bersamaan pada saat pembelian tiket (issued ticket), 
  2. Bagi calon penumpang yang sudah memiliki tiket pesawat Lion Air Group dan belum melaksanakan  RDT-ANTIGENatau RT-PCR, maka dapat melakukan pembelian voucher RDT-ANTIGENhingga 3 jam  sebelum keberangkatan dan RT-PCR hingga 30 jam sebelum keberangkatan dengan  menunjukkan kode pemesanan (booking code) melalui sales channel seperti call center, kantor  penjualan Lion Air Group, www.lionair.co.id , www.batikair.com , agen perjalanan (tour and travel)  dan lainnya. 
  3. Bagi calon penumpang yang belum memiliki voucher, dapat melakukan uji kesehatan di jejaring  fasilitas kesehatan dengan menunjukkan tiket valid dan identitas resmi. Pembayaran bisa  dilakukan secara langsung kepada pihak fasilitas kesehatan.
  4. Proses pengambilan sampel RT-PCR harap dilakukan maksimal 1×24 jam sebelum  keberangkatan. Apabila pengambilan sampel mendekati jadwal keberangkatan (kurang dari 24 jam  sebelum keberangkatan), maka voucher tidak berlaku. 
  5. Apabila hasil uji dinyatakan positif (+) Covid-19, maka calon penumpang mengajukan proses  perubahan jadwal keberangkatan (reschedule) atau pengembalian dana tiket (refund) tanpa  dikenakan biaya. 

Fasilitas RDT-ANTIGEN dan RT-PCR akan memberikan nilai lebih serta sebagai solusi bagi calon penumpang berlokasi strategis di berbagai kota di Indonesia. Lion Air Group tengah mengembangkan dan  mempersiapkan jejaring uji kesehatan di Padang, Palangkaraya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Palembang,  Pekanbaru serta kota-kota lainnya. 

Terbang Sehat dan Aman

Pemberlakuan voucher terbaru uji kesehatan telah disesuaikan dengan permintaan dan dinamika pasar yang  berkembang. Lion Air Group optimis, ketersediaan layanan uji kesehatan mampu memberikan nilai lebih dan  kemudahan setiap calon penumpang agar bisa merencanakan perjalanan udara sehat, aman dan  menyenangkan.

Sebelum keberangkatan: calon penumpang diharapkan mengunduh (download) dan registrasi (pengisian)  aplikasi PeduliLindungi melalui ponsel pintar (smartphone) masing-masing dari Google Play Store atau Apple  Store atau dapat diakses https://pedulilindungi.id/ . Aplikasi ini akan menyimpan dan menunjukkan  (terintegrasi) data digital (elektronik) dari setiap calon penumpang berupa: 

  1. Hasil tes pemeriksaan RT-PCR Covid-19 
  2. Kartu/ sertfifkat vaksinasi nasional.  

Layanan uji kesehatan diharapkan dapat membantu dan menawarkan kemudahan kepada setiap calon  penumpang Lion Air Group dalam mempersiapkan kelengkapan dokumen sebagai syarat perjalanan udara  melalui keberangkatan dari Bandar Udara Internasional Juanda (SUB) dan bandar udara lain. 

Tersedianya jadwal penerbangan Lion Air Group akan memberikan kesempatan bagi calon penumpang dan  penumpang dari Juanda bisa melanjutkan perjalanan udara ke Banyuwangi, Jember, Denpasar, Lombok,  Sumbawa, Bima, Labuan Bajo, Ende, Waingapu, Tambolaka, Kupang, Alor, Semarang, Solo, Yogyakarta  Adisutjipto, Bandung, Jakarta (Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang dan Bandar Udara  Internasional Halim Perdanakusuma), Tanjung Karang, Palembang, Bengkulu, Pekanbaru, Batam, Tanjung  Pinang, Padang, Medan Kualanamu, Banda Aceh, Palangkaraya, Sampit, Pangkalan Bun, Samarinda, Berau,

Balikpapan, Banjarmasin, Kotabaru, Tarakan, Makassar, Mamuju, Palu, Kendari, Wangi-Wangi, Morowali,  Gorontalo, Luwuk, Manado, Ternate, Sorong, Manokwari, Jayapura, Timika, Ambon, Merauke dan kota  tujuan lain. 

Uji kesehatan Covid-19 didukung tenaga medis profesional, kinerja serta tingkat kecepatan penanganan  akurat, tepat waktu (real time), praktis, mudah, hemat waktu, efektif dan dikerjakan berdasarkan protokol  kesehatan ketat. 

Lion Air Group dan faskes kerjasama mendukung program pemerintah dalam pengendalian penyebaran virus  korona (Covid-19) serta bagian usaha memastikan keamanan dan setiap calon penumpang dalam bepergian  menggunakan pesawat udara telah memenuhi ketentuan yang ditetapkan.  

Sistem Sirkulasi Udara Terjaga Baik

Seluruh armada dilengkapi High Efficiency Particulate Air (HEPA) filter atau penyaringan partikel yang kuat.  HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis  virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga  lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat. 

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air Group secara berkala dengan metode  Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic  (BAT) dan di berbagai basis bandar udara (base station) dimana pesawat Lion Air Group berada.  

Lion Air Group tetap menerapkan semua ketentuan penerbangan yang berlaku selama masa waspada  pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini sesuai rekomendasi aturan dari regulator serta  komitmen Lion Air Group dalam beroperasi yang tetap mengedepankan faktor keselamatan, keamanan dan  kenyamanan penerbangan (safety first) serta dijalankan sebagaimana pedoman protokol kesehatan.

Related posts

Leave a Reply