“Walk the Talk” Konsep 3R melalui Program Conscious Living P&G Indonesia

Jakarta, 10 Desember 2020 – Permasalahan sampah plastik masih terus menjadi perhatian dan menjadi masalah yang belum terselesaikan.

Melansir data dari ourworldindata.org bahwa hanya 6 persen atau sekitar 500 juta ton sampah plastik yang diproses untuk daur ulang, sehingga diperlukan peran serta dan komitmen semua pihak guna menjaga kelestarian dan keberlanjutan ekosistem di bumi.

Salah satu kiat P&G Indonesia untuk meningkatkan kesadaran para stakeholders adalah melalui program Conscious Living, program berkelanjutan yang mengkolaborasikan upaya bersama dari tiga pilar P&G di Indonesia:

  1. Inovasi produk dan merek terdepan P&G yang melangsungkan prinsip responsible consumption. Beberapa yang telah dilaksanakan di Indonesia seperti pengurangan plastik pada kemasan sachet serta penggunaan recycle sampah plastik dari laut untuk kemasan sampo (akan mulai diperkenalkan di tahun 2021).
  2. Upaya keberlanjutan menyeluruh (End-to-end Sustainability Efforts) yang dilakukan di pabrik P&G di Karawang melalui seperti: efisiensi penggunaan air, listrik dan energi dalam kegiatan sehari-hari di pabrik, hingga konsisten dalam menerapkan zero waste to landfill.

  3. Mengintegrasikan kegiatan keberlanjutan di bidang sosial dan lingkungan, melalui penerapan konsep 3 R (reduce, reuse, recycle) di lingkungan tempat karyawan tinggal.

 

Ketiga upaya di atas ditargetkan untuk berlangsung selama 2 tahun ke depan, dan senantiasa berkembang seiring dengan kebutuhan saat ini. Di awal peluncurannya, Conscious Living akan difokuskan kepada poin #3, yaitu penerapan konsep 3R guna meningkatkan kesadaran karyawan.

Head of Corporate Communications P&G Indonesia Dinda Kusumawardani mengungkapkan “Bekerja dari rumah bukan berarti kita berhenti berbuat baik, terutama berbuat baik kepada lingkungan sekitar. P&G Indonesia Conscious Living merupakan wujud nyata perusahaan dalam menjalankan tanggung jawab berkelanjutan yang memberikan dampak berarti bagi bumi sekaligus komunitas di sekeliling kami. Karyawan P&G merupakan sasaran paling tepat untuk membangun sadar lingkungan bersama, sembari Perusahaan terus berinovasi menghadirkan produk yang makin ramah lingkungan.”

Dukungan Conscious Living yang diberikan P&G untuk karyawannya berupa training / workshop mengenai pentingnya konsep dan penerapan 3R, pelayanan logistik pemilahan dan pengangkutan sampah anorganik dari rumah karyawan. Program ini merupakan kerjasama P&G Indonesia dengan mitra eco-living kami, Waste4Change.

 

Untuk di fase awal, sebanyak 50 karyawan P&G berkesempatan untuk “walk the talk” konsep 3R, serta berbuat baik dengan membantu proses pengolahan sampah anorganik menjadi sesuatu yang bermanfaat. Fase pertama Conscious Living ini akan dilaksanakan hingga Juni 2021, dan memiliki target pengumpulan sampah sebanyak 2.8 juta ton atau setara dengan 56 Kilogram sampah anorganik. Adapun yang termasuk dari sampah anorganik terbagi menjadi dua kategori yakni sampah kertas (karton, kertas, kardus) dan sampah non kertas (kaleng, beling, plastik dan besi).

Pemilahan sampah akan langsung dilakukan dari rumah karyawan masing-masing yang saat ini lokasinya berada di area Jakarta, Depok, Bogor, Bekasi dan Tangerang. Setelah itu akan dilakukan proses pengangkutan sampah sebanyak 2x seminggu, untuk dibawa ke Material Recovery Facility milik Waste4Change. Hal ini untuk memastikan kembali bahwa sampah yang telah diangkut dan dipisahkan masih dapat diolah dan disalurkan kepada Recycling Partners untuk di daur ulang (recycle).

 

Produk hasil daur ulang selanjutnya dapat digunakan oleh para pelaku usaha maupun industri sebagai keperluan bahan baku produk. Sedangkan, untuk residu sampah yang tidak bisa di daur ulang, produknya akan disalurkan ke industri semen. Melalui upaya program ini, kuantiti sampah yang disalurkan ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) akan berkurang.

Dinda menambahkan, “Kami akan memonitor dan mengevaluasi kegiatan ini secara berkala untuk kedepannya bisa memperluas skala layanan ke pemangku kepentingan lainnya. Conscious Living diharapkan dapat menjadi salah satu sumber kekuatan untuk menciptakan lingkungan yang tumbuh seimbang dan berkesinambungan: force for good, force for growth.

Lazada Baby Store, BNI Syariah, Hotel Santika Premiere ICE-BSD, P&G Indonesia, Inspirational Video, Motivational Video