UPH Mendukung Transformasi Pendidikan Tinggi Indonesia sebagai Tuan Rumah RAKORDA LLDikti 2024

Sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia, Universitas Pelita Harapan (UPH) telah dipilih sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Daerah Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (RAKORDA LLDikti) Wilayah III Tahun 2024. Acara yang mengangkat tema “Transformasi Pendidikan Tinggi menuju Rekognisi Global dalam Implementasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023” ini diselenggarakan di Grand Chapel UPH Kampus Lippo Village, Tangerang, pada 1 Februari 2023. RAKORDA menjadi forum bagi para pemangku kepentingan untuk berbagi informasi mengenai tantangan dalam pendidikan tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional.

Pemilihan tema RAKORDA tahun ini dipengaruhi oleh upaya transformasi pendidikan tinggi melalui kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang merupakan program unggulan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Acara tahunan ini melibatkan seluruh pemangku kepentingan pendidikan tinggi di wilayah LLDikti Wilayah III, termasuk Kemendikbudristek dan pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) dan perguruan tinggi negeri (PTN).

Baca juga  Bali Getar-Goyang di Pesta Bergoyang 2024: Festival Musik Paling Ditunggu di Pulau Dewata!

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Purwosusilo, M.Pd., menyoroti upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam meningkatkan peringkat ibu kota sebagai kota global. Namun, berdasarkan Global City Index 2023, DKI Jakarta masih perlu bertransformasi lebih lanjut. Purwosusilo menekankan bahwa transformasi harus melibatkan peningkatan aksesibilitas, kelayakan hidup, perbaikan lingkungan, budaya, pengembangan teknologi, inovasi, toleransi, internasionalisme, dan pemeliharaan kualitas sumber daya manusia.

Rektor UPH, Dr. (Hon) Jonathan L. Parapak, M.Eng.Sc., menegaskan pentingnya sinergi perguruan tinggi dengan Kemendikbudristek, khususnya LLDikti Wilayah III, untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Dia berharap RAKORDA menjadi kesempatan untuk menyongsong kemajuan Indonesia melalui pendidikan.

Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin, S.Si, M.Sc., mengindikasikan bahwa RAKORDA tahun ini mencerminkan komitmen untuk mengarahkan pendidikan tinggi menuju standar global, sesuai dengan regulasi Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Prof. Toni menyoroti capaian mutu pendidikan tinggi di wilayah tersebut, termasuk akreditasi internasional, perubahan bentuk perguruan tinggi, dan peringkat Unggul yang telah diraih oleh beberapa perguruan tinggi.

Baca juga  Peringatan Tahunan ke-6 Deklarasi Perdamaian dan Penghentian Perang 14 Maret 2022

Acara ini juga melibatkan narasumber dari Kemendikbudristek, BAN-PT, dan LPSK yang membahas kebijakan kampus merdeka, transformasi pendanaan pendidikan tinggi, program peningkatan Diploma Tiga ke Sarjana Terapan, perubahan kebijakan penjaminan mutu eksternal, praktik baik meraih akreditasi institusi dengan peringkat Unggul, serta tantangan dan solusi pendidikan tinggi di lingkungan LLDikti Wilayah III.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri