UKDW Yogyakarta & YIFoS Indonesia Gelar Diseminasi Penelitian, Launching Buku, Art Exhibition, dan Creative Workshop

Yogyakarta, 30 Januari 2023 – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta bekerja sama dengan Youth Interfaith Forum on Sexuality (YIFoS) Indonesia menggelar kegiatan bertajuk “YOUR Pilgrimage” pada hari Senin, 30 Januari 2022. YOUR Pilgrimage adalah kegiatan diseminasi penelitian serta launching buku yang dibarengi dengan Art Exhibition dan Creative Workshop.

Dalam sambutannya, Pdt. Handi Hadiwitanto, Ph.D selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Kapasitas SDM dan Jejaring (WR 4) UKDW menyampaikan bahwa UKDW sebagai perguruan tinggi menjunjung tinggi inklusivitas dan keberagaman sehingga berupaya untuk melawan sikap diskriminatif dan memberi ruang aman untuk kepelbagaian yang ada termasuk pada pergumulan kelompok rentan. Sebagai perguruan tinggi UKDW mengupayakan sikap di atas melalui pendekatan budaya dan akademis yang kritis – dialogis.

Baca juga  Yuk, sambut Era Musik Pop Tahun 2000 bareng Armada dan Bagindas di POPPIES TWENTYS SUROBOYO!

Vania Sharleen Setyono, M.Si.Teol. selaku Dosen MKH dan juga pendamping Kelompok Studi Gender UKDW diminta oleh YIFoS Indonesia untuk menjadi koordinator penelitian terkait lembaga dan sikap keagamaan di tengah kelompok LGBTQ+. “Meskipun dana hibah datang dari YIFoS, namun ini adalah penelitian kolaboratif dengan tujuan untuk mendapatkan data empiris yang memadai dan dapat dijadikan acuan pembuatan strategi advokasi YIFoS Indonesia kedepannya,” kata Vania.

Penelitian yang berjudul “The Rainbow Pilgrimage: Penelitian Orang Muda Ragam SOGIESC Ruang-Ruang Keimanan di Indonesia” menunjukkan bahwa banyak orang muda ragam SOGIESC (Sex Orientation, Gender Identity and Expression, and Sex Characteristic) yang sedang berjuang melakukan peziarahan iman mengalami naik turun dalam kehidupannya sebagai manusia. “Ruang-ruang yang seharusnya menjadi tempat teraman untuk mereka bersandar dan mendialogkan pengalaman kehidupannya dengan iman mereka malah menjadi ruang penghakiman serta tidak memberi ruang bagi mereka, bahkan kekerasan terjadi di ruang-ruang keimanan,” terang Vania.

Baca juga  Meriahkan Surabaya: UMKM Festival Indonesia #5 Hadir dengan Semangat Kreativitas Lokal

Vania menambahkan kegiatan ini mencoba mengakomodir dan melibatkan berbagai elemen yang ada di UKDW yaitu Kelompok Studi Gender (KSG), Prodi Studi Humanitas (PSH), dan Mata Kuliah Humaniora (MKH). “Kegiatan dan hasil penelitian yang dirancang youth-friendly diharapkan bisa mengundang siswa SMA yang potensial untuk menjadi calon mahasiswa baru Prodi Studi Humanitas tahun 2023. Penelitian ini juga menjadi salah satu upaya MKH untuk mengajak mahasiswa berkontribusi dalam memahami masalah kemanusiaan seperti ketidakadilan yang didapatkan orang muda ragam SOGIESC di ruang-ruang keimanan,” tuturnya.

Harapannya dengan kegiatan diseminasi penelitian yang dikombinasikan dengan kesenian ini dapat memberikan warna baru, baik bagi LSM/NGO isu gender dan seksualitas dalam melakukan advokasi berbasis penelitian kemanusiaan, bagi sivitas akademika internal UKDW maupun eksternal, dalam melakukan kegiatan partisipatoris dan kolaboratif dengan masyarakat akar rumput dan juga lembaga-lembaga keagamaan.

Baca juga  SDM Kompeten Digital Sokong Industri Otomotif Berdaya Saing Global

Proyek kolaboratif YOUR Pilgrimage antara MKH, KSG, PSH, dan YiFoS merupakan bentuk konkret masing-masing pihak untuk mau bersama-sama mengambil peran dalam menyuarakan isu kemanusiaan sejalan dengan misi dari masing-masing pihak.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri