Jakarta, 14 September 2023 – GrabAds, platform periklanan yang berasal dari Grab, superapp terkemuka di Asia Tenggara, baru-baru ini mempublikasikan laporan terbaru mereka, SEA Travel Insights 2023. Laporan ini mengungkapkan bahwa minat masyarakat untuk bepergian tetap tinggi. Hasil survei menunjukkan bahwa 72% pengguna Grab di Asia Tenggara berencana untuk melakukan perjalanan ke luar negeri setidaknya sekali dalam 12 bulan mendatang. Di Indonesia, 56% pengguna berkeinginan untuk bepergian ke luar negeri, dengan 81% di antaranya merencanakan setidaknya dua perjalanan dalam setahun.
Laporan ini juga menyoroti tiga destinasi luar negeri yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, yaitu Arab Saudi, Jepang, dan Korea Selatan. Selain itu, Singapura, Thailand, dan Malaysia juga merupakan tiga negara di Asia Tenggara yang paling menarik minat perjalanan.
Laporan ini menyediakan sejumlah informasi tentang preferensi perjalanan, kebiasaan, dan perilaku konsumen dalam wilayah Asia Tenggara. Informasi ini berguna bagi pelaku bisnis untuk meningkatkan strategi iklan dan promosi.
- Perjalanan Bersama Keluarga Menjadi Prioritas: Pada tahun 2023, orang-orang lebih memilih untuk bepergian bersama keluarga. Sekitar 86% pengguna di Asia Tenggara merencanakan setidaknya satu perjalanan bersama keluarga atau kelompok. Di Indonesia, 71% lebih suka bepergian bersama keluarga, 42% bersama pasangan, dan 25% berencana bepergian bersama teman.
- Perjalanan Bisnis Kembali Bergairah: Perjalanan bisnis menjadi bagian penting dalam survei ini. Sekitar 40% orang di Asia Tenggara yang berencana melakukan perjalanan bisnis merencanakan rata-rata 4 perjalanan bisnis dalam 12 bulan mendatang. Prioritas mereka saat memesan kamar adalah dekat dengan transportasi umum dan restoran (57%) serta lingkungan yang aman (46%).
- Perencanaan Perjalanan yang Matang: Setelah dua tahun terpengaruh oleh pandemi, para traveler cenderung merencanakan perjalanan mereka dengan matang. Laporan ini menunjukkan bahwa 64% responden di Asia Tenggara mulai merencanakan agenda perjalanan setidaknya satu bulan sebelum perjalanan jarak jauh (6 hingga 16 jam). Sekitar 52% orang Indonesia mengatakan bahwa anggaran mereka sudah ditetapkan beberapa minggu sebelum berangkat ke luar negeri.
- Program Loyalitas Menarik Perhatian: Menurut laporan intelijen pelanggan 2023, 9 dari 10 konsumen Asia Tenggara lebih suka berbelanja jika brand menawarkan program loyalitas. Namun, 78% penduduk Asia Tenggara belum terdaftar dalam program loyalitas hotel mana pun. Ini adalah kesempatan besar untuk mengedukasi calon traveler tentang program loyalitas hotel dan manfaatnya.
GrabAds menggunakan pendekatan hyperlocal untuk menarik perhatian pelancong di Asia Tenggara. Data GrabAds menunjukkan lonjakan minat bepergian internasional sebesar 84% dibandingkan tahun sebelumnya. Platform seperti GrabAds membantu pelaku bisnis perjalanan tetap relevan dengan menghubungkan brand dengan data internal Grab yang luas.
Melinda Savitri, Country Marketing Head Grab Indonesia, menyatakan, “Dengan data hyperlocal yang kami peroleh dari jutaan konsumen Grab, termasuk data pelancong di Asia Tenggara, brand dan pengiklan dapat membangun hubungan yang mendalam dengan konsumen, mulai dari tahap pertimbangan hingga akhir perjalanan.”
Peluang terbuka bagi brand untuk memanfaatkan komunikasi sepanjang tahun dengan konsumen atau mengadopsi strategi promosi wisata terbaru yang dapat memikat perhatian calon traveler.