Indonesia, 3 Mei 2021 – Kampanye tahunan Ramadan in Style di Tokopedia, yang menawarkan beragam produk fesyen muslim buatan pegiat usaha lokal, kembali disambut antusiasme tinggi oleh masyarakat.
“Set mukena, baju koko, sarung dan hijab instan menjadi yang paling diburu masyarakat pada kampanye di tahun ke-2 ini,” ungkap Head of Category Development (Fashion) Tokopedia, Falah Fakhriyah.
Tokopedia juga membagikan cerita Monel Official dan Gonegani sebagai dua pegiat usaha fesyen muslim lokal yang turut berkolaborasi dalam kampanye ini.
Irma-Monel Official, Usung Busana Muslim Trendy dan Penuh Warna
Maraknya penjualan busana muslim dan hijab pada 2011, menginspirasi Irma Mariam bersama empat sahabatnya untuk memulai usaha Monel. Irma menawarkan beragam produk fesyen muslim, mulai dari hijab, scarf hingga berbagai gaun muslim lainnya dengan nuansa colorful.
Setelah toko offline Monel terpaksa tutup sementara karena PSBB, Irma beradaptasi dengan buka toko online Tokopedia pada Juli 2020. “Kami juga rajin ikut berbagai kampanye di Tokopedia. Salah satunya Ramadan in Style, yang mendorong peningkatan transaksi toko lebih dari 7x lipat selama dua minggu pertama Ramadan dibanding periode yang sama pada bulan sebelumnya,” jelas Irma.
Selain mendorong penjualan, Tokopedia juga telah membantu Monel meraup omzet ratusan juta. Melalui Monel, Irma bersama empat sahabatnya pun turut memberdayakan sejumlah penjahit lokal dari Bandung dan Garut.
Gani, Anak Rantau Raup Ratusan Juta Omzet lewat Gonegani
Laki-laki asal Jambi, Khairul Gani, mencari cara agar dapat hidup mandiri selama kuliah di Malang. Ia melihat peluang usaha di industri fesyen yang digemarinya. “Saya terjun ke industri ini dengan berjualan baju siap pakai. Dengan modal hanya Rp1 juta untuk produksi, saya kemudian membuat baju rancangan sendiri dengan nama Gonegani pada 2016,” ceritanya.
Ternyata usaha Gani pun melesat. Ia konsisten berkolaborasi dengan sejumlah influencer dan memanfaatkan Tokopedia untuk menjangkau pasar lebih luas. “Nama Gonegani bahkan sampai Aceh dan Papua. Omzet saya juga meningkat menjadi ratusan juta per bulan,” jelas Gani.
Gani pun berbagi kiat sukses dalam menjalankan usaha terutama di kala pandemi. “Selalu utamakan kualitas dan jangan lupa menghadirkan produk yang relevan dengan kebutuhan konsumen. Hargai setiap proses karena hasil tak akan pernah mengkhianati usaha,” pesannya.
Kategori Fashion Muslim di Tokopedia Terus Diminati selama Ramadan
Set busana muslim keluarga dan baju koko menjadi beberapa produk di kategori Fashion Muslim Tokopedia dengan peningkatan transaksi paling tinggi selama minggu pertama Ramadan 2021.
“Transaksi baju koko, misalnya, meningkat hampir 5x lipat, sedangkan transaksi set busana muslim keluarga meningkat lebih dari 5,5x lipat,” tutup Falah.
Ramadan in Style akan berlangsung hingga 8 Mei 2021. Masyarakat bisa menikmati deretan nilai tambah termasuk rilisan kolaborasi eksklusif dari berbagai brand fesyen muslim, flash sale mulai dari Rp25.000 setiap hari dan diskon hingga 90%.
Falah Fakhriyah, Majukan Industri Fesyen Lokal lewat Tokopedia
Ketertarikan Falah Fakhriyah pada industri fesyen lokal, membawanya pada kesempatan untuk menjadi Head of Category Development (Fashion) Tokopedia.
Sejak bergabung dengan Tokopedia pada 2019, Ia bertanggung jawab menghadirkan beragam inovasi dan inisiatif demi mempermudah pembeli dan penjual khususnya di kategori Fashion.
Falah membantu pegiat usaha di industri fesyen lokal beradaptasi di tengah pandemi lewat Tokopedia, salah satunya dengan meng-online-kan bazar fesyen yang sebelumnya dilakukan offline.
“Contohnya, Jakarta Sneakers Day (JSD), JakCloth, Semasa, Market & Museum, LocalFest, dan masih banyak lagi,” ungkap Falah.
Falah menambahkan, “Kolaborasi dengan pegiat usaha lokal di industri fesyen dilakukan sebagai wujud komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan sekaligus membantu UMKM lokal mempertahankan bisnis di tengah pandemi.”
Beragam program yang dihadirkan Falah dan timnya turut berkontribusi pada peningkatan jumlah penjual di Tokopedia. Saat ini, ada lebih dari 10 juta penjual di Tokopedia, artinya melonjak lebih dari 2,8 juta dari 7,2 juta penjual sejak Januari 2020 lalu.
Falah bersama sekitar 50 Nakama (karyawan Tokopedia) yang dipimpinnya di Tim Fashion aktif menghadirkan inovasi yang dapat mendukung para pegiat usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal, untuk terus mengembangkan bisnisnya di tengah pandemi.
Salah satunya Fitur Rilisan Spesial yang dapat membantu penjual meluncurkan produk baru secara eksklusif dan Fitur Tambah Sekaligus (bulk upload) yang dapat mempermudah penjual untuk menambah produk dalam jumlah banyak secara bersamaan dengan mudah dan cepat.
Selain itu, Fitur Diskon Toko dan Fitur Voucher Toko turut dihadirkan untuk memudahkan penjual dalam memperluas pasar karena bisa meningkatkan minat belanja masyarakat melalui berbagai penawaran seperti diskon dan voucher.
Ke depannya, Tokopedia melalui Falah berharap terus bisa mengakselerasi adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pegiat usaha di Indonesia, termasuk di industri fesyen, serta memberikan berbagai kemudahan dan nilai tambah untuk masyarakat Indonesia.