StickEarn Indonesia Meraih USD 5,5 Juta dalam Pendanaan Seri A yang Dipimpin oleh East Ventures dan SMDV

Jakarta, 15 Oktober 2019 ​—​ StickEarn, sebuah startup teknologi periklanan ​offline-ke-​online terdepan di Indonesia, hari ini mengumumkan penutupan putaran pendanaan Seri A senilai USD 5,5 Juta.

Investasi ini dipimpin oleh East Ventures dan SMDV, bersama dengan Grab, OVO, dan Agaeti Ventures. StickEarn memanfaatkan pendanaan ini untuk mengeksplorasi peluang baru dengan menghadirkan layanan baru serta meningkatkan kemampuan data dan analisis untuk menjadi startup teknologi periklanan terbaik di Indonesia.

 

Didirikan pada tahun 2017, StickEarn memiliki visi untuk merevolusi industri periklanan dengan menghadirkan platform iklan luar ruang (OOH) terukur pertama di Indonesia. StickEarn telah berkembang dan mengembangkan beberapa layanan iklan luar ruang: iklan pada kendaraan, iklan luar ruangan, iklan dalam ruangan, dan ritel cerdas (​smart retail). Dalam dua setengah tahun, StickEarn telah bekerja dengan lebih dari 300 klien dan brand, dan mengalami peningkatan pendapatan hingga 300%.

Sampai saat ini, StickEarn telah beroperasi di 31 kota di Indonesia. StickEarn menawarkan beragam pilihan platform beriklan luar ruangan terukur seperti StickMob (mobil), StickMotor (sepeda motor), StickBus (bus), StickAngkot (angkutan perkotaan), StickPlane (pesawat), dan StickMart (ritel di dalam mobil). Diluncurkan pada 2018, StickMart merupakan sebuah platform ritel, distribusi produk dan sampel di dalam mobil yang telah dipatenkan. StickMart telah tersedia di enam negara dan telah membantu banyak ​brand terhubung dengan konsumen mereka di tengah kepadatan lalu lintas. Beberapa waktu lalu, StickEarn juga meluncurkan produk terbarunya, StickTron, truk LED iklan 3 sisi, yang bergerak di rute tertentu di dalam kota.

 

“Kami sangat bangga dan berterima kasih atas dukungan para investor. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan platform iklan yang membawa dampak besar, mudah diakses, dan cerdas, untuk klien kami. Melalui putaran pendanaan ini, kami berupaya untuk merekrut talenta terbaik di industri guna meningkatkan layanan kami dalam memenuhi kebutuhan klien, mengembangkan produk-produk terbaru, serta memperkuat kemitraan antara agensi dan StickEarn lebih,” kata Archie Carlson, co-founder StickEarn.

Garry Limanata, salah satu co-founder StickEarn, menjelaskan “Kami akan terus mengembangkan berbagai layanan beriklan yang dapat mendukung kampanye 360 derajat di multi-platform dan terintegrasi. Hal ini agar memungkinkan klien StickEarn dapat merasakan pengalaman beriklan yang lebih menyeluruh dan mengintegrasikan strategi pemasaran offline ke online. Kami juga akan menyediakan lebih banyak laporan kampanye berbasis data, serta pembaharuan teknologi, sehingga dapat membantu klien membuat keputusan yang lebih baik.”

Willson Cuaca, Managing Partner East Ventures mengatakan, “Sebagai pendukung pertama StickEarn, East Ventures melihat bagaimana para pengagas StickEarn telah membuktikan kemampuan mereka untuk mengembangkan model bisnis baru ini, baik secara horizontal maupun vertikal. Hanya dalam dua setengah tahun, solusi mereka terus memberikan dampak positif baik bagi pengiklan dan ​brand. Investasi ini adalah bukti kepercayaan kami bahwa StickEarn akan dapat memenuhi visinya dalam merevolusi industri periklanan luar ruang (OOH) di Indonesia.”

 

Jason Thompson, CEO OVO, mengatakan “Indonesia diberkahi dengan komunitas entrepreneur yang bergairah, sehingga mampu merangsang pertumbuhan ekonomi menengah dan inklusi finansial. Komitmen StickEarn untuk mendorong pemasaran digital yang inovatif dan iklan luar ruangan yang berdampak tinggi telah membantu proyek OVO menjadi pemimpin pasar. ”

Zalora, Hotel Santika Premiere ICE-BSD City, BPSDM PUPR, StickEarn, Aston Simatupang Hotel, Signify, Huawei, Inspirational Video, Motivational Video