Startup Indonesia Didorong Merambah Australia

0 34
Sydney, 27 November 2018: Peserta program pelatihan singkat Australian Awards Start-Up Ecosystem berkunjung ke Konsulat Jenderal RI di Sydney (21/11). Berjumlah 29 orang, rombongan yang terdiri dari 26 anak muda Indonesia pemilik bisnis digital dan perwakilan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Australia-Indonesia Association South Australia dan Flinders University, terlibat dalam bincang santai dengan Konsul Jenderal RI Sydney Heru Subolo dan Konsul Ekonomi Silvia Malau.

 

Rombongan pebisnis muda bidang digital dari Indonesia tersebut terpilih dari sekian banyak calon peserta untuk mengikuti program di 3 kota di Australia, yakni Adelaide, Melbourne dan Sydney. Selama 2 minggu, dari tanggal 10 sampai dengan 24 November 2018, para peserta berkesempatan mengunjungi berbagai fasilitas start-up dan digital di Australia, bertemu dengan para pelaku sektor digital dan menghadiri berbagai acara bertema digital dan start-up.

 

Dalam suasana hangat, para peserta berbagai pengalaman dan ide kepada Konjen Heru. Belajar mengenai ekosistem digital di Australia diakui oleh para peserta menjadi modal bagi mereka untuk mengembangkan bisnis digital mereka sendiri dan juga membangun ekosistem digital di Indonesia.
“Saya senang sekali bisa bertemu dengan generasi muda Indonesia dengan beragam karya kreatif bisnis digitalnya, mulai dari platform tanda tangan elektronik sampai kepada jasa pengiriman barang via aplikasi mobile,” kata Konjen Heru kepada para peserta.

 

Dari pertemuan tersebut, terungkap pula beberapa rencana para peserta untuk menggarap pasar Australia dalam waktu dekat.
“KJRI apresiasi program Pemerintah Australia dorong kerja sama bilateral di sektor digital dan pastinya siap dukung upaya para peserta realisasikan business plan di Australia,” ujar Konjen Heru menutup pertemuan tersebut.