Selenggarakan Investment Forum, KBRI Dorong Investasi Indonesia di Laos

Vientiane, 25 September 2018: “Seminar dan Penjajakan Bisnis antara pengusaha Indonesia dan Laos diharapkan akan mampu meningkatkan hubungan people to people contact antara Indonesia dan Laos serta berupaya untuk mendorong agar pengusaha Indonesia untuk berani berinvestasi di luar negeri khususnya di Laos.” Hal ini disampaikan oleh Duta Besar RI untuk Laos Bapak Pratito Soeharyo dalam rangka pembukaan Investment Forum antara perusahaan Indonesia dan Laos di KBRI Vientiane, 21 September 2018.

Kegiatan ini mendapat respons yang baik dari kalangan pengusaha Laos yang terlihat dengan hadirnya lebih dari 40 perusahaan asal Indonesia dan Laos dengan harapan akan terbukanya peluang kerja sama bisnis antara pengusaha dari kedua negara. KBRI Vientiane senantiasa memfasilitasi kegiatan untuk menunjang diplomasi ekonomi antara kedua negara.

Dalam pertemuan ini disampaikan beberapa presentasi, diantaranya dari Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia, yang membahas mengenai iklim investasi di Indonesia serta upaya peningkatan peringkat Indonesia dalam Ease of Doing Business, PT. Gresik Cipta Sejahtera dan PT. Enviro Total Solusi yang menyampaikan profil perusahannya masing masing yang bergerak di bidang kimia dan lingkungan.

Sebagai pasar non-tradisional, potensi Laos sebagai land linked country berpotensi membuka akses pasar dari negara-negara tetangga yang memiliki perbatasan dengan Laos seperti Provinsi Yunnan (RRT), Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Kamboja dimana total jumlah penduduk dari negara negara tesebut mencapai sekitar 240 juta jiwa.

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama jual beli Kalium Klorida (KCL) antara Lao Kaiyuan Mining Sole Co., Ltd., yang diwakili oleh You Mouyun dengan PT. Gresik Cipta Sejahtera yang diwakili oleh Agung Setiya Budhi. Perjanjian ini disaksikan oleh Duta Besar RI Vientiane Bapak Pratito Soeharyo. Diperkirakan kontrak kerja sama ini bernilai USD 5,2 Juta pertahun atau setara dengan 18.000 Ton KCL/tahun.

Investment Forum merupakan salah satu dari Rangkaian dari kegiatan Trade, Tourism, and Investment 2018. Trade Fair telah berlangsung dari tanggal 21- 23 September 2018 di Vientiane Center Mall, Investment Forum tanggal 21 September 2018 di KBRI Vientiane, dan Sales Mission 7 Destinasi Prioritas Lainnya, tanggal 22 September 2018 di Hotel Crowne Plaza.​