Selama Lebaran, 72% Penduduk Indonesia Mengandalkan Layanan Pesan Antar Online[1]

JAKARTA, 24 Februari 2024 – GrabAds, platform periklanan dari Grab, superapp asal Asia Tenggara, baru saja merilis laporan terkait Lebaran yang membahas tren peningkatan pola belanja konsumen di Indonesia selama Ramadan. Laporan ini mengungkapkan bahwa 84% responden memiliki rencana untuk meningkatkan pengeluaran selama Ramadan, khususnya untuk kebutuhan makanan, fashion, dan kesehatan.

Laporan Lebaran dari Grab memberikan informasi berharga tentang rencana belanja konsumen Indonesia selama bulan Ramadan, memberikan wawasan penting bagi bisnis dan pelaku usaha kecil untuk mencapai konsumen secara efektif selama perayaan ini.

“Jelang Ramadan, kami melihat adanya peningkatan dalam pola belanja dan konsumsi. Ini menciptakan peluang bagi pelaku bisnis untuk mencapai audiens yang sesuai secara daring. Dengan merancang kampanye strategis di awal Ramadan, pelaku bisnis dapat memanfaatkan peluang ini dengan interaksi menarik dan personal. Pendekatan ini tidak hanya menarik perhatian konsumen tetapi juga membangun hubungan yang berkelanjutan baik dengan pelanggan lama maupun baru,” ujar Melinda Savitri, Country Marketing Head, Grab Indonesia & OVO.

Beberapa temuan utama dari laporan ini yang perlu diperhatikan oleh brand meliputi:

Baca juga  Dihadapan Tim Asesor BAN PT, Menpora Jelaskan Pentingnya Peran Alumni untuk Berkembangnya UINSA Surabaya

1. **Manfaatkan Peningkatan Aktivitas Digital selama Ramadan:**
Sebanyak 84% masyarakat Indonesia bersiap untuk meningkatkan aktivitas digital mereka selama Ramadan, di mana 72% dari mereka berencana menggunakan layanan Grab untuk pesan-antar makanan dan transaksi pembayaran. Trend ini menyoroti pentingnya strategi omnichannel, dengan 61% responden menyukai kombinasi belanja online dan offline pada periode yang sama. Selain itu, 68% responden menyatakan kesiapan untuk mencoba merek baru, menciptakan peluang besar bagi pelaku bisnis untuk memperkenalkan produk dan menarik pelanggan setia selama bulan Ramadan.

2. **Hadirkan Sajian Makanan hingga Parsel untuk Acara Keluarga:**
Laporan ini menunjukkan bahwa 82% responden berencana berbuka puasa bersama keluarga selama Ramadan, dengan 86% di antaranya bersedia berbelanja barang berkualitas untuk keluarga di rumah. Pemilik usaha dapat memenuhi kebutuhan acara keluarga dengan menyediakan menu berbagi dan menawarkan opsi tambahan seperti minuman dan makanan penutup. Peningkatan 19% dalam pengiriman parsel menjelang Lebaran juga menciptakan peluang bagi brand untuk menawarkan opsi parsel atau kotak hadiah yang memudahkan konsumen mengirimkan hadiah kepada orang-orang tersayang selama bulan penuh sukacita.

Baca juga  Menko Polhukam: Pemilu Bagian Proses Kesinambungan Bangsa

3. **Maksimalkan Peningkatan Penggunaan Pesan-Antar Transportasi Online di Awal Ramadan:**
Survei menunjukkan bahwa 79% pengguna Grab, termasuk yang memiliki kendaraan sendiri, lebih memilih Grab untuk kenyamanan pada momen spesial, menghasilkan peningkatan jumlah penumpang mingguan sebesar 19% dibandingkan periode sebelum Ramadan. Trend ini semakin meningkat menjelang Lebaran, terutama dengan tradisi mudik yang membuat rute perjalanan menjadi lebih sibuk. Dengan memahami pola perilaku ini, brand memiliki kesempatan untuk menarik perhatian pengguna lebih awal, misalnya dengan memasang iklan di dalam atau “membungkus” mobil selama 1 hingga 3 bulan menjelang Ramadan, meningkatkan kesadaran brand bahkan sebelum Hari Raya.

GrabAds memberdayakan brand dan pelaku usaha untuk menjalankan promosi dengan dampak besar melalui ekosistem superapp Grab. Mereka menawarkan layanan iklan yang dapat dikelola mandiri oleh brand melalui instrumen pembuat iklan. Mitra usaha dapat memilih banner iklan dan kata kunci untuk iklan pencarian mereka, serta melacak performa iklan secara real-time.

Grab melihat peluang besar bagi brand untuk memanfaatkan lonjakan permintaan selama Ramadan melalui aplikasinya. Grab memahami kebiasaan konsumen yang mempersiapkan kebutuhan mereka selama Ramadan dan telah mempersiapkan diri untuk menyambut Hari Raya Idulfitri. Hal ini tercermin dalam lonjakan pesanan yang signifikan selama Hari Raya Idulfitri di GrabFood dan GrabMart. Di GrabFood, terdapat peningkatan pesanan bertahap selama Ramadan yang mencapai puncaknya pada Malam Takbiran. Sementara di GrabMart, terdapat peningkatan pesanan tertinggi pada pukul 03:00 waktu sahur selama Ramadan dibandingkan dengan periode sebelumnya. Pemahaman ini memungkinkan Grab untuk mengoptimalkan layanan GrabFood dan GrabMart untuk memenuhi kebutuhan pengguna selama Ramadan.

Baca juga  Pemotongan Hewan Kurban di Kementerian Perindustrian

“Kami berkomitmen untuk membantu mitra usaha kami, terutama UMKM, dalam merencanakan promosi Ramadan mereka secara efektif. Oleh karena itu, kami mendorong mereka untuk memanfaatkan informasi yang dapat kami bagikan melalui laporan ini agar dapat membangun loyalitas brand, meningkatkan penjualan, dan membangun citra brand yang positif dan melekat bagi konsumen,” tambah Melinda.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri