Sapi Belgian Blue Lahir Lagi

55

Cipelang – Berita menggembirakan datang lagi bagi Kementerian Pertanian (Kementan). Sapi Belgian Blue yang dikembangkan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Balai Emberio Ternak (BET), Cipelang, Bogor lahir lagi.

Mentan Amran mengatakan pengembangan sapi Belgian Blue di BET Cipelang ini merupakan wujud pengembangan teknologi dalam rangka introduksi jenis sapi baru di Indonesia. Keberadaan Belgian Blue yang digunakan untuk disilangkan dengan sapi lokal yang nantinya akan meningkatkan perototan sapi lokal.

“Berita kelahiran ini semakin memperkuat modal untuk mencapai swasembada daging Indonesia. Ini sangat luar biasa,” demikian kata Amran di Jakarta, Senin (11/12/2017).

Menurutnya, beberapa keuntungan yang diperoleh dari terjadinya mutasi ini adalah, perototan yang luar biasa. Kelebihannya, jumlah karkas juga meningkat dan kandungan lemak pada daging yang rendah.

Karena itu, tingginya minat peternak terhadap sapi BB ini menginspirasi asosiasi Belgian Blue di Belgia untuk menyebarkan Belgian Blue ke seluruh dunia, baik dalam bentuk semen beku maupun embrio.

“Semen beku Belgian Blue biasanya digunakan untuk kawin silang dengan sapi perah, hampir 65 persen,” jelas Amran.

Terdapat 3 pola warna pada sapi BB ini, diantaranya adalah hitam (pie-black/pie-noire), semua putih dan roan (pie-blue).

Melihat perkembangan Belgian Blue ini Mentan Amran menyatakan kebanggaannya. “Saya bangga dan bahagia hari ini melihat keberadaan Bèlgian Blue,” ujar Mentan.

Amran tegaskan Belgian Blue sebagai sapi masa depan Indonesia sehingga perlu didukung terus.

“Selamat atas kelahiran sapi Belgian Blue. Semoga tambah banyak Gatotkaca- Gatotkaca Belgian Blue Indonesia. BET Cipelang memang oyeeee,” pungkasnya.