Roadshow Diplomasi Ekonomi Indonesia Digelar di Pakistan

0 37

Karachi, Pakistan: Roadshow Diplomasi Ekonomi di Pakistan diselenggarakan di Pakistan, tepatnya di kota Karachi, yang merupakan pusat ekonomi Pakistan. Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Kementerian Luar Negeri RI, Kementerian Pariwisata, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), serta KJRI Karachi. Turut berpartisipasi beberapa perusahaan Indonesia, yakni PT Adaro Power, PT Global Feed, Indonesia Eximbank serta beberapa Travel Agent/Tour Operator (TA/TO). (25-27/11)

 

Kegiatan roadshow terdiri dari serangkaian kegiatan, mulai dari one on one meeting antara pengusaha Indonesia dengan pengusaha Pakistan, policy updates serta market sounding terkait bisnis kepariwisataan dan kerjasama investasi Indonesia. Selain itu, Delri juga melakukan pertemuan dengan Karachi Chamber of Commerce and Industry (KCCI) dan Korangi Association of Trade and Industry (KATI), serta pertemuan dengan travel agents dan tour operator Pakistan.

Forum Policy Update dihadiri sebanyak 50 pelaku usaha di Provinsi Sindh yang digelar pada tanggal 26 November 2018. Wakil-wakil dari KJRI Karachi, BKPM dan Kemenpar menyampaikan paparannya. Dalam kesempatan interaksi, pengusaha Pakistan menyampaikan sejumlah usulan untuk mendukung peningkatan hubungan kerjasama antara lain, bebas visa bagi WN Pakistan yang ingin mengunjungi Indonesia, penerbangan langsung Pakistan-Indonesia khususnya ke Karachi sebagai pusat bisnis Pakistan, peningkatan awareness Indonesia di Pakistan dan sebaliknya, serta meningkatkan investasi Indonesia di Pakistan sebagai salah satu jalan untuk mengurangi ekses dari defisit perdagangan yang dialami Pakistan dengan Indonesia.

Dalam kunjungan ke KCCI dan KATI, dibahas secara komprehensif mengenai prospek peningkatan hubungan ekonomi, serta nilai investasi dan perdagangan di samping kendala-kendala yang dihadapi oleh para pengusaha kedua negara. Secara umum telah disepakati perlunya pertemuan lanjutan antara organisasi pengusaha kedua negara.

Pelaksanaan kegiatan roadshow mendapat antusiasme yang besar dari dunia usaha dari kedua negara. Pelaku usaha dari Indonesia menilai Pakistan memiliki potensi yang sangat besar dan perlu segera digarap. Hal tersebut turut disampaikan oleh Duta Besar Raudin Anwar, selaku Ketua Delegasi. Beliau mengharapkan bahwa kedepannya diharapkan kegiatan roadshow ini dapat dilakukan secara berkesinambungan, terjadwal serta terintegrasi dengan program promosi TTI yang dilaksanakan oleh Perwakilan. Dengan demikian, diharapkan dapat memperkuat sinergi dan komplimentaritas promosi TTI di Pusat dan Perwakilan. Di samping itu perlu partisipasi yang lebih tinggi dari stakeholders Indonesia sehingga program yang ada dapat sekaligus menanggapi permasalahan TTI yang dihadapi pengusaha setempat (debottlenecking).