Ralali.com Raih Pendanaan Seri B Senilai $7 Juta dari SBI Group, AddVentures by SCG, dan Digital Garage; Ekspansi Platform Bisnis untuk Perkembangan Industri Digital

Jakarta, 20 September, 2018 – PT Raksasa Laju Lintang (Ralali.com), B2B marketplace # 1 di Indonesia mengumumkan telah memperoleh 7 juta USD atau setara dengan 104 miliar rupiah dari investor multi-global, termasuk SBI Group, perusahaan jasa keuangan global terkemuka, AddVentures, venture capital anak perusahaan SCG (Siam Cement Group), grup industrial di ASEAN, dan Digital Garage, inkubator digital global. Ketiganya berpartisipasi dalam investasi di putaran ini. Pendanaan ini akan digunakan untuk menjalankan misi Ralali.com, yakni melayani 30 juta UKM di Indonesia dan ekspansi ke pasar global dengan menyediakan solusi segmen bisnis yang lebih luas.

“Berawal dari MRO dan office supplies, saat ini kami telah ekspansi ke segmen bisnis lainnya, seperti pasokan makanan, bahan bangunan, dan perlengkapan otomotif,” kata Joseph Aditya, CEO Ralali.com.

Model bisnis Ralali.com adalah platform B2B marketplace yang menjadi wadah bagi produsen untuk menjual langsung kepada pemilik toko dan pedagang. Ralali.com telah menghubungkan setidaknya 150.000 pengecer, grosir, dan transformer dengan pemasok yang tepat untuk kebutuhan bisnisnya. Dengan lebih dari 10.000 pemasok yang tersebar di 20 kota, angka transaksi tahunan Ralali.com di tahun 2018 ini telah tumbuh 5 kali dari tahun sebelumnya, dengan rata-rata angka per transaksi sekitar $ 2.000 atau 3 juta rupiah.

Baca juga  BSSN dan Huawei Tekankan Indeks KAMI Sebagai Evaluasi Kesiapan Penerapan Keamanan Informasi bagi Industri Guna, Wujudkan Making Indonesia 4.0

Ralali.com berupaya untuk meningkatkan visibilitas rantai pasokan dari pabrikan papan atas ke pasar potensial mereka. Selama empat tahun terakhir, Ralali.com telah  mendalami ceruk bisnis di bidang ini dan dapat memahami segmen pasar Indonesia dengan baik. Model segmentasi vertikal menyediakan jalur langsung untuk membantu pemasok dalam menjual dan bertransaksi online, yang mengarah langsung ke pelanggannya. Data ini kemudian menguntungkan Ralali.com dalam membangun platform pinjaman keuangan untuk mendukung kredit modal usaha bagi para Sahabat Ralali (red: buyer Ralali.com) lewat platform ini.Pendanaan ini dipimpin oleh pakar bisnis global: SBI Group, Digital Garage, dan AddVentures, cabang VC perusahaan SCG (Siam Cement Group), yang fokus pada industri, B2B, dan bisnis perusahaan dan investasi global.

Baca juga  Menu Special Hotel Santika BSD City Serpong Chicken Dekil hingga Cake Ice Cendol

“Kami percaya platform B2B marketplace akan memiliki pertumbuhan yang menjanjikan dan kami dapat mendukung di bidang fintech, contohnya seperti mengenalkan platform pinjaman keuangan untuk model bisnis ini,” kata Tomoyuki Nii, Executive Officer SBI Investment.

 

Selain SBI Group, SCG sebagai salah satu investor juga turut ambil bagian untuk ekspansi secara digital ke potensi pasar baru melalui platform Ralali.com. SCG sendiri juga akan mengambil bagian dalam model vertikal Ralali.com, sebagai penyedia kebutuhan bisnis papan atas. Ralali.com dan SCG akan terus berkolaborasi dalam pengembangan ekosistem rantai pasokan digital Global / Cross-ASEAN. Ralali.com juga berencana untuk memperluas jangkauan dengan kolaborasi SCG (Siam Cement Group) ke pasar Thailand. SCG adalah salah satu pemimpin pasar dalam bahan bangunan dan perlengkapan industri di Thailand dan Ralali.com akan memanfaatkan jaringan bisnis SCG untuk memulai ekspansi ini. Kolaborasi ini diharapkan akan terjadi sekitar Q1 2019 diawali dengan kategori bahan bangunan dan MRO. Joseph Aditya menambahkan, “Pasar B2B yang berkembang saat ini masih terfragmentasi dalam hal rantai pasokan, kami berusaha memberi kesempatan bagi bisnis untuk memiliki penawaran produk dan layanan yang lebih baik dalam satu platform yang terintegrasi. Sejalan dengan hal ini, kami menargetkan $ 1B (setara Rp1,4 Triliun) penjualan kotor (gross sales) pada tahun 2020. ”