Pelatihan PKN Tingkat II Angkatan XX Tingkatkan Kualitas Manusia Indonesia

12

Bandung (29/08) – Dalam rangka mewujudkan salah satu misi Nawacita II pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo, yakni peningkatan kualitas manusia Indonesia, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XX Tahun 2019 dengan mengacu pada kurikulum baru. Pelatihan yang dilaksanakan sejak 17 Juli lalu itu bertempat di Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah IV Bandung.

 

Sebagai penguji peserta PKN II dari seluruh unit organisasi Kementerian PUPR dalam Seminar Proyek Perubahan tersebut, adalah Kepala BPSDM PUPR, Lolly Martina Martief, beserta para Pejabat Tinggi Pratama Kementerian PUPR, dan Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Proyek perubahan merupakan produk individual peserta PKN Tk. II yang disusun sesuai dengan tugas dan fungsi peserta. Proyek Perubahan fokus pada inovasi dan/atau pemecahan masalah. Selanjutnya peserta PKN II akan melakukan laboratorium kepemimpinan dan akan melakukan seminar proyek perubahan ke dua pada awal November tahun ini.

Lolly, dalam sambutan pembukaan seminar, menjelaskan bila dibandingkan dengan pola lama, penekanan kurikulum baru lebih kepada adaptive leadership, yakni bagaimana seorang pemimpin bisa beradaptasi secara cepat dengan beban-beban yang ada. Dalam konsep adaptif leadership ini diharapkan pejabat memiliki kompetensi bagaimana mampu memobilisasi sumber daya dan mampu beradaptasi dengan nilai-nilai perubahan.

 

Target Pelatihan Kepemimpinan Nasional II kali ini, adalah kepemimpinan yang strategis, dimana para pemimpin memiliki potensi untuk memetakan mana hal-hal yang sifatnya strategis yang harus ditangani dan dipecahkan dengan baik.

Pada tahap pertama seminar yang diselenggarakan pada Rabu (28/08) tersebut diikuti sebanyak 58 peserta.

BNI Syariah, BPSDM PUPR RI, Lenovo, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Muslim LifeFest, Kemensos RI, Kemenkeu RI, Kemen PPPA, Kemenko Polhukam, Inspirational Video, Motivational Video