Pelatihan dan Sertifikasi Jabatan Kerja Komisioning IPA Tingkatkan Kompetensi ASN BPPSPAM

Bekasi (07/8) – Dalam rangka meningkatkan kapasitas para petugas Komisioning Instalasi Pengolahan Air (IPA) agar mampu menilai keandalan kinerja IPA yang baru dibangun sesuai dengan perencanaan, serta menilai fleksibilitas kinerja IPA yang baru dibangun dan memberikan rekomendasi maupun perbaikan-perbaikan apabila terdapat ketidaksesuaian untuk operasi dan pemeliharaan berdasarkan perencanaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (BPSDM PUPR) mengadakan Pelatihan dan Sertifikasi Jabatan Kerja Komisioning IPA.

 

Sambutan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Jalan, Perumahan, Permukiman, dan Pengembangan Infrastruktur Wilayah yang dibacakan oleh Kepala Balai Diklat BPSDM PUPR Wilayah III Jakarta, Yunaldi Idrus, pada pembukaan pelatihan yang diselenggarakan di Balai Teknik Air Minum Bekasi, Rabu (07/08) menyebutkan sertifikasi keahlian dibutuhkan sebagai bukti, bahwa Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) berkompeten dalam bidang komisioning IPA.

Komisioning Instalasi Pengolahan Air (IPA) sendiri merupakan pengujian operasional suatu pekerjaan secara nyata maupun secara simulasi untuk memastikan bahwa pekerjaan tersebut telah dilaksanakan dan memenuhi standar dan peraturan yang berlaku.

 

Komisioning IPA dilakukan dengan menilai kinerja setiap unit proses dan operasi pada IPA, dan membandingkan dengan parameter process dan operasi yang mengacu pada SOP dalam dokumen perencanaan.

Pelatihan dan Sertifikasi Jabatan Kerja Komisioning IPA diselenggarakan selama 10 hari (7-15 Agustus) dengan durasi pelatihan selama enam hari, dan dilanjutkan dengan pelaksanaan ujian sertifikasi selama dua hari oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Air Minum Indonesia (LSP AMI).

 

Pelatihan tersebut telah dilaksanakan sejak 2018 lalu yang terdiri dari tiga angkatan pelatihan dan sertifikasi, dengan total target peserta sebanyak 48 orang yang berasal dari Direktorat Pengembangan SPAM, dan kembali berlanjut pada Tahun 2019 ini dengan target peserta sebanyak 20 orang.

BPSDM PUPR RI, UPH, Datascrip, Hotel Santika Premiere Bintaro, Aviary Hotel Bintaro, Investree, Inspirational Video, Motivational Video