Jakarta, 31 Agustus 2023 – DBS Bank Ltd (Bank DBS) menghadirkan inovasi terbaru, ‘DBS BetterWorld’, sebuah permainan petualangan yang menggambarkan potensi metaverse sebagai kekuatan untuk kebaikan. Petualangan virtual DBS BetterWorld kali ini menyoroti permasalahan global terkait sampah makanan dan upaya yang dilakukan oleh Business for Impact Chapter dari DBS Foundation untuk mengatasinya.
Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sekitar sepertiga dari produksi makanan dunia, sekitar 1,3 miliar ton, terbuang setiap tahunnya. Untuk mengatasi masalah ini, Bank DBS telah meluncurkan inisiatif “Towards Zero Food Waste” atau #MakanTanpaSisa di Indonesia pada tahun 2020. Inisiatif ini mengajak karyawan, nasabah, komunitas, dan masyarakat secara bersama-sama untuk membentuk masa depan yang lebih berkelanjutan. Hingga akhir tahun 2022, inisiatif ini telah berhasil menyelamatkan lebih dari 2.000 ton makanan yang dapat digunakan dengan mengurangi sampah makanan, mendaur ulang makanan, dan mendistribusikan makanan yang masih layak konsumsi. Hingga Juli 2023, Indonesia sendiri telah berhasil mengurangi sampah makanan sebesar 276 ton.
Karen Ngui, Head of Group Strategic Marketing and Communications Bank DBS dan anggota Dewan DBS Foundation, menyatakan, “Bank DBS percaya akan potensi metaverse untuk tujuan kebaikan. Metaverse bisa menjadi platform interaktif yang meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG), serta secara kreatif menyoroti inovator-inovator yang berusaha mengatasi masalah tersebut. Melalui DBS BetterWorld, kami ingin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah makanan dan ketahanan pangan, isu-isu yang telah lama menjadi fokus Bank DBS dan DBS Foundation. Dengan teknologi metaverse yang semakin matang, kami berharap dapat memberikan mekanisme bagi komunitas dan bisnis untuk mengubah inisiatif virtual menjadi dampak nyata.”
Dalam pengalaman ini, pemain diajak untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan terinspirasi dari lima kategori Businesses for Impact yang didukung oleh DBS Foundation1. Mereka dapat memahami pendekatan unik setiap bisnis dalam mengurangi sampah makanan, termasuk Brewerkz, Breer, Green Price, Edible Garden City, dan Rooftop Republic.
Bank DBS selalu sadar akan tanggung jawabnya sebagai bank yang bertujuan positif (purpose-driven bank) dan memberdayakan komunitas serta masyarakat dalam menciptakan perubahan positif. Sejak tahun 2014, DBS Foundation telah mendukung lebih dari 800 bisnis untuk menciptakan dampak di Asia, dengan 100 di antaranya meraih dana hibah sejumlah SGD 13 juta melalui program Grant Award yang diadakan setiap tahun. Program Business for Impact dari DBS Foundation terus memacu pertumbuhan bisnis yang inovatif dan berorientasi pada tujuan, termasuk UKM, yang bertujuan mengatasi masalah-masalah yang mendesak di masyarakat dan planet kita.
Pada tahun 2022, melalui Community Impact Chapter, DBS Foundation membantu masyarakat kurang beruntung dengan meningkatkan keterampilan digital dan finansial, serta membantu mereka menjadi lebih tahan pangan. DBS Foundation mengalokasikan dana sebesar SGD 5,6 juta untuk 10 program utama di seluruh pasar utama DBS, termasuk Indonesia.
Pada Agustus 2023, Bank DBS mengumumkan rencana untuk menyumbangkan SGD 1 juta selama 10 tahun ke depan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka yang kurang beruntung dan menciptakan masyarakat yang inklusif. Mulai tahun 2024, Bank DBS akan mengucurkan SGD 100 juta setiap tahun di Singapura dan pasar utama lainnya, sebagai tambahan dari inisiatif positif yang dilakukan oleh DBS Foundation. Selain itu, 36.000 karyawan DBS akan menyumbangkan 1,5 juta jam sukarela dalam sepuluh tahun mendatang.
Anda dapat mengakses DBS BetterWorld saat Alpha Season 42 The Sandbox diluncurkan.
Tonton trailer permainan ini di: https://youtu.be/SMhNZLYdEWE.