Mendukung Pembelajaran Inovatif, Intan Pariwara Merilis Smart Book

Jakarta, 31 Januari 2024 – Implementasi Kurikulum Merdeka mendorong reformasi pendidikan di Indonesia dengan mengubah paradigma pembelajaran. Sekarang, pembelajaran bukan hanya tentang mentransfer pengetahuan dari guru ke peserta didik, tetapi juga tentang mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, dan pemecahan masalah. Dalam mendukung tujuan ini, perangkat ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum menjadi sangat penting, dan salah satu perangkat tersebut adalah buku teks pelajaran.

Saat ini, buku teks pelajaran masih menjadi kebutuhan utama bagi guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran. Buku teks pelajaran menjadi wahana untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan, dan karakter peserta didik. Oleh karena itu, penting untuk memenuhi kriteria buku teks pelajaran yang baik. Pertanyaannya adalah, apa kriteria buku teks pelajaran yang sesuai?

Untuk menjawab tantangan tersebut, Intan Pariwara Group meluncurkan Smart Book, yang merupakan buku pelajaran modern pertama di Indonesia. Smart Book mengintegrasikan Kurikulum Merdeka dengan konten inovatif yang tidak hanya mendukung penguasaan materi, tetapi juga membentuk pelajar berwawasan global, memiliki Keterampilan Abad 21, dan memahami prinsip Sustainable Development Goals (SDGs). Setiap materi dan aktivitas dalam Smart Book dirancang untuk mencakup muatan-muatan tersebut secara menyenangkan. Selain itu, buku ini mengajak peserta didik untuk mengembangkan sikap sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Baca juga  GAMON FUN FEST VOL.2: Meriahkan Awal Tahun dengan Musik Spektakuler di Banyuwangi

Herbet Ang, CEO Intan Pariwara Group, menjelaskan, “Peluncuran Smart Book adalah lanjutan dari komitmen Intan Pariwara dalam mendukung dan menyiapkan generasi muda Indonesia Emas 2045. Kami berusaha menyediakan fasilitas dan infrastruktur pendidikan terbaik untuk menghadapi tantangan dunia pendidikan yang semakin kompleks. Smart Book menggabungkan kurikulum dengan konsep pembelajaran yang menyenangkan, dengan penyajian materi yang mudah dipahami dan dukungan konten multimedia seperti video, audio, hingga permainan interaktif. Buku ini juga terkoneksi dengan platform pembelajaran modern ‘Jelajah Ilmu’. Kami berharap inisiatif ini dapat memperluas cakrawala dan menetapkan standar baru bagi buku pelajaran di Indonesia.”

Peluncuran Smart Book diselenggarakan bersamaan dengan Seminar Nasional Pendidikan yang bertajuk ‘Pembelajaran Bermakna untuk Mendukung Penguasaan Keterampilan Abad Ke-21’. Seminar ini menyoroti implementasi Kurikulum Merdeka dan pembelajaran bermakna menuju Generasi Emas Indonesia 2045.

Baca juga  BCA Produksi 35.000 Seragam Batik Guna Dukung UMKM Lokal

Seminar Nasional dihadiri oleh para pakar pendidikan, antara lain Dr. Yogi Anggraena, M.Si. (Koordinator Pengembangan Kurikulum, Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, BSKAP, Kemdikbudristek RI), Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., M.A. (Education Expert), Purwosusilo (Plt. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta), dan Herbet Ang (CEO Intan Pariwara Group).

Inovasi dalam pengembangan perangkat ajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka mendapat sambutan positif dari Dr. Yogi Anggraena, M.Si. Ia menyambut baik inisiatif Intan Pariwara melalui peluncuran Smart Book dan menganggapnya sebagai inspirasi bagi pihak lain untuk turut berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan Indonesia yang berkualitas dan berwawasan global.

Langkah transformatif dalam dunia pendidikan yang dilakukan oleh Intan Pariwara merupakan bagian dari komitmen mereka sebagai mitra dalam sektor pendidikan Indonesia. Berbagai inovasi dan kolaborasi lainnya telah disiapkan untuk memastikan pendidikan tanah air menuju arah yang sesuai, yaitu mencetak sumber daya manusia terbaik Indonesia.

Penulis: Luthfan Wira Alfiqri