MAPA Catatkan Rekor Pertumbuhan Baru Untuk Tahun 2019

Jakarta, 16 April, 2020 – PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), anak perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan sebagai perusahaan ritel terkemuka di Asia Tenggara untuk produk sports & leisure, hari ini mengumumkan pencapaian rekor terbaru pertumbuhan dan laba bersih untuk tahun 2019.

Pendapatan bersih meningkat 19,2% menjadi Rp7,4 triliun, sementara laba bersih meningkat 96% menjadi Rp693 miliar dengan margin laba bersih mencapai 9,3%. Laba usaha (+12,4%) dan EBITDA (+13,5%), tumbuh dengan laju dua digit, meskipun menunjukkan akselerasi investasi di luar anggaran untuk ekspansi gerai (dalam negeri dan luar negeri), dan belanja digital. Perusahaan melanjutkan strategi pertumbuhan 3 tahun dengan memasuki pasar negara berkembang yang mengoperasikan 5 gerai di Vietnam, serta mempersiapkan pendirian MAP Active di Filipina. Selain itu juga terdapat peningkatan atas lebih dari 100% pada platform digital termasuk PlanetSports.asia, Kidz Station dan platform monobrand  melalui penjualan online mencapai 4% dari keseluruhan penjualan.

Baca juga  Untuk Ketiga Kalinya, UPH Mengukuhkan Guru Besar Bidang Ilmu Teknik Sipil

 

Strategi penjualan dan pemasaran perusahaan mendorong pertumbuhan SSSG (Same Store Sales Growth) yang mencapai 10% berkontribusi pada kenaikan pendapatan sebesar 20,7% secara keseluruhan di kuartal ke-empat 2019. Sementara SSSG untuk tahun 2019 sesuai dengan estimasi tercatat 8,5%. Namun, tingginya permintaan pada kuartal ke-empat mengakibatkan hambatan ketersediaan produk-produk fast-selling, yang menyebabkan sedikit menurunnya margin kotor menjadi 44,7% untuk tahun 2019. Sebagai konsekwensinya, perusahaan mencapai level inventory days paling efisien, yakni 148 hari dengan hanya 17% dari total produk berusia lebih dari 6 bulan.

Kuatnya pertumbuhan penjualan, merupakan bukti pencapaian strategi MAPA yang baru, “Branded Commerce”. Perusahaan bermitra erat dengan sejumlah merek strategis berjangka panjang untuk mendorong “over performance” pada penjualan dan persepsi aspirasional di kalangan konsumen.

Baca juga  Memotret Semakin Seru dan Menyenangkan dengan Canon EOS M100

 

VP Investor Relations dan Corporate Secretary MAPA, Ratih D. Gianda mengatakan, “2019 juga merupakan tahun dengan pencapaian kinerja yang kuat bagi MAP Active. Perusahaan mencatat pertumbuhan topline dan bottomline sesuai target. Menatap ke depan, Perusahaan tetap berhati-hati akan potensi dampak pandemi global Covid-19. MAPA telah mengalami dampak negatif yang signifikan sejak Februari, dan melihat perkembangan situasi dari hari ke hari, kami belum dapat memprediksi dampak terhadap penjualan saat ini. Kami akan memberikan informasi lebih rinci pada kesempatan Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan mendatang.”

“Dengan ketahanan perusahaan, dan potensi jangka panjang pasar sports & health di Asia Tenggara, kami optimis dapat melewati masa krisis ini dengan lebih kuat dan memiliki posisi yang lebih baik untuk menangkap peluang di masa depan,” ungkap Ratih menambahkan.

Baca juga  MENTORS - Motivational Video For Success In Life

MSI Notebook, BPSDM PUPR, BNI Syariah, AMD Prosesor, Zendmoney, MAP Group, Inspirational Video, Motivational Video